News
Batal
KATEGORI
link has been copied
151
Lapor Hansip
13-03-2020 08:35

Shalat Jumat di Empat Masjid di Singapura Ditutup, Dewan Agama Keluarkan Seruan

Shalat Jumat di Empat Masjid di Singapura Ditutup, Dewan Agama Keluarkan Seruan

SURYAKEPRI.COM – Dewan Agama Islam Singapura (MUIS) menyatakan pihaknya telah menerima informasi dari Kementerian Kesehatan (Depkes) bahwa ada orang Singapura yang pulang dari Malaysia telah dinyatakan positif corona.

Sebagai langkah antisipasi, sejumlah masjid di negara tersebut bakal ditutup terkait kepulangan sekitar 90 warga Singapura dari Kuala Lumpur, Malaysia.

Warga Singapura itu memang ke Malaysia hadir pada acara Jamaah Tabligh di Kuala Lumpur dari 27 Februari hingga 1 Maret.
Dengan adanya kontak langsung dengan warga lainnya sepulang ke negaranya, mengakibatkan sejumlah orang dinyatakan positif corona.

Siaran pers MUIS yang diterima di Kuala Lumpur, Kamis (12/3) menyebutkan MUIS bekerja sama dengan Depkes untuk membantu upaya penelusuran kontak yang sedang berlangsung.

Depkes akan menghubungi peserta yang diidentifikasi untuk memberi tahu mereka tentang tindak lanjut yang diperlukan.

Selain itu MUIS memahami bahwa orang-orang ini adalah jamaah reguler di berbagai masjid lokal dan kerap berkunjung ke masjid-masjid sekitar sejak mereka kembali dari Kuala Lumpur.

Baca: Dampak Kemarau, Polsek Tanjungpinang Timur Kembali Bagikan Air Bersih ke Warga yang Membutuhkan

“Jadi untuk mencegah meluasnya kasus Corona yang cukup besar di masjid-masjid kami, MUIS akan mengambil langkah-langkah pencegahan,” katanya.

Di antara langkah pencegahan tersebut dari mulai Kamis pukul 13.00 pihaknya telah telah menutup empat masjid yakni Masjid Muttaqin, Masjid Kassim, Masjid Hajjah Fatimah, dan Masjid Jamae Chulia.

Berdasarkan cek MUIS, mereka menyatakan mulai Jumat, (13/3) semua masjid akan ditutup setidaknya untuk lima hari ke depan untuk disinfeksi.

Masjid akan membatalkan semua kegiatan masjid, ceramah, kelas agama dan sesi taman kanak-kanak berbasis masjid untuk dua minggu ke depan mulai 13 Maret hingga 27 Maret 2020.

Komite Fatwa telah mengeluarkan sebuah keputusan tentang diizinkannya menutup masjid dan menunda shalat Jumat di mana ada kebutuhan demi kepentingan kesehatan dan keselamatan masyarakat.

Posisi ini mirip dengan yang diadopsi oleh banyak badan fatwa internasional sehubungan dengan Corona.

Baca: Intip! Kecanggihan Redmi Note 9 Pro Max, Lima Kamera Menempel Jadi Satu

Dengan persetujuan mufti dan Komite Fatwa, shalat Jumat di semua masjid pada 13 Maret 2020 akan ditangguhkan.

Umat Muslim harus melakukan shalat dzuhur reguler mereka sebagai pengganti shalat berjamaah. Pesan hari Jumat akan disebarluaskan secara online sebagai ganti khotbah.

Ini untuk memastikan bahwa komunitas Muslim terus menerima bimbingan dan pengingat agama bahkan jika masjid ditutup dan shalat Jumat ditunda.

MUIS ingin menekankan bahwa ini adalah tindakan sementara untuk secara proaktif meminimalkan kemungkinan penyebaran corona di masjid-masjid. MUIS terus memantau situasi dan akan memperbarui komunitas yang sesuai.

Pihaknya mencari dukungan dan pemahaman komunitas Muslim untuk tindakan pencegahan seperti itu untuk menjaga kesehatan masyarakat dan kesejahteraan semua komunitas di Singapura.

Ini adalah bagian dari tanggung jawab sosial dan keagamaan. MUIS menyarankan masyarakat untuk mempertahankan praktik terbaik dalam kebersihan dan perilaku yang bertanggung jawab secara sosial selama periode ini, dan menghindari jabat tangan fisik.

“Kita harus terus tetap tangguh secara rohani dan saling mendukung, terutama mereka yang rentan dalam komunitas kita,” katanya.(*)

Editor: purwoko |Sumber : Republika

yang berjamaah membawa bencana



heran mengapa pemerintah dan dan pemprov2 tidak berani melarang sholat berjamaah atapun jumatan

padahal dinegara2 eropa, iran dan sekarang siangapore sudah mulai hal ini


sudah jelas ibadah yg berjamaah adalah sumber penyebaran penyakit


bukan hanya karpet masjid yg menjadi wadah penyebaran penyakit,

keran2 air ditempat wudhu yg lembab dan disentuh banyak orang asing, juga sumber penyebaran penyakit berbahaya emoticon-Takut


yg dilakukan pemerintah dan DMI saat ini hanyalah yg bersifat "proyek2" yg menghasilkan komisi (uang) bagi pengagasnya semata emoticon-thumbsup


seperti "proyek2" diisinfektan dan hand sanitizer emoticon-fuck
Diubah oleh meteror
profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 32 lainnya memberi reputasi
21
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Shalat Jumat di Empat Masjid di Singapura Ditutup, Dewan Agama Keluarkan Seruan
13-03-2020 08:39
udah ada bro, coba baca ini


https://m.kaskus.co.id/thread/5e67814610d2950e801b87ec/mui-imbau-masyarakat-yang-terjangkit-corona-tidak-ke-masjid/?ref=postlist-10&med=more_like_this
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ossal dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
profile picture
newbie
13-03-2020 09:00
hahaha, memangnya siapa yg sudah tahu terjangkit corona ?
saran MUI adalah pembodohan, bukan pencegahan

pencegahan bukan berarti sudah sakit baru menghindari emoticon-fuck
10
profile picture
kaskus maniac
13-03-2020 09:04
klo yg sudah positif tempatnya cm boleh di kamar isolasi bree.
1
profile picture
kaskus addict
13-03-2020 16:12
@meteror IMO pelarangan umat untuk beribadah di tempat ibadahnya, bakal ruwet kalau dimari bre.yg islam g boleh jumatan ke masjid, yg kristen gak boleh ke gereja, dll.
Menurut ane paling penting sekarang itu tes masal covid19 sih. Minimal di jabodetabek dulu.
Pemerintah jgn make alesan "mencegah kepanikan masal lg".
Musti nyontoh kroya yang tiap hari ngetes hampir 20 ribu orang.
0
profile picture
kaskus geek
13-03-2020 16:32
emoticon-2 Jempol

ini memang yang seharusnya dilakukan

jadi yang terindikasi, bisa dipantau, kalo bisa sih "dikarantina" di wilayah masing (ya pemerintah/via pemda yang nyediain tempat "karantina"nya).

jangan ditutupi, yang terjadi malah merugikan kepentingan publik

emoticon-cystg
0
profile picture
kaskus addict
13-03-2020 16:38
Tapi rakyat kroya bahkan nggak sampe seperempatnya rakyat indonesia, yang bahkan tersebar di lebih dari 17.000 pulau.

@meteror @biglingz
0
profile picture
kaskus addict
13-03-2020 19:09
@meteror @th3d4rk
Hubunnganye jumlah penduduk apaan gan? Subsidi pake lah buat tes. 700 ribu bikin orang males.
Jangan sampai tau2 udah meledak aja.
Orang biasa mana tau dia kena corona. Batuk2 tau2 ya dia kena flu.
Pemerintah harus proaktif lah..
Ada perusahaan yang nganjurin karyawannya punya surat bwbas korona malah dikritik ama kemenkes.
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Berita dan Politik
waspadai-kebangkitan-orba
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia