Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
170
Lapor Hansip
07-03-2020 22:31

Sering Dianggap Mirip, Inilah Perbedaan Kobra Dan King Cobra

Sering Dianggap Mirip, Inilah Perbedaan Kobra Dan King Cobra
Ular merupakan kelompok reptilia yang tidak memiliki kaki. Populasinya pun tersebar luas di dunia. Saat musim pancaroba datang, tak jarang ular masuk ke dalam pemukiman warga. Beberapa diantaranya adalah jenis ular Kobra, atau dikenal juga dengan nama ular sendok.

Ular Kobra merupakan salah satu dari banyaknya jenis ular yang memiliki bisa. Nama Kobra berasal dari bahasa portugis 'Cobra De Capello', yang berarti 'ular bertudung'. Saat merasa terancam, tudung di bagian belakang kepalanya akan mengembang sebagai bentuk pertahanan diri.

Perlu diketahui, ada juga ular yang mirip dengan jenis ular Kobra. Ular itu adalah King Cobra. Meskipun memiliki kesamaan nama, namun sejatinya, Cobra dan King Kobra berasal dari keluarga genus yang berbeda.

Genus Kobra Dan King Cobra
Jika ditelisik dari genetiknya, Ular Kobra berasal dari genus Naja dan tersebar di berbagai belahan dunia. Ada Banded Water Cobra (Naja annulata), Congo Water Cobra (Naja christyi), Cape Cobra (Naja nivea), Caspian Cobra (Naja oxiana), Forest Cobra (Naja melanoleuca),  Monocled Cobra (Naja kaouthia), Kobra China (Naja atra), Kobra Filipina (Naja philippinensis), Kobra India (Naja naja), Kobra Mesir (Naja haje), dan untuk jenis kobra yang banyak tersebar di Indonesia, yaitu Kobra Jawa, dengan nama ilmiah Naja sputatrix.

Sedangkan untuk King Cobra tak memiliki sub-genus, hanya ada genus Ophiophagus Hannah. Kata Ophiophagus berasal dari dua kata latin,'ophio' yang berarti ular, dan 'phagus' yang berati pemakan. Kata-kata tersebut merujuk dari prilaku King Cobra yang merupakan hewan kanibal. Hal itulah yang membuat King Cobra berada di atas puncak dalam rantai makanan.

Bisa ular Kobra dan King Cobra
Baik ular Kobra ataupun King Cobra, sama-sama memiliki bisa yang berbahaya, dan juga mematikan. Hanya saja, kadar venom pada ular Kobra, sedikit lebih rendah ketimbang King Cobra.

Pada ular Kobra, ada beberapa jenis yang bisa menyembur, contohnya seperti Kobra Jawa. Jenis Kobra ini dapat menyemburkan bisanya sejauh 1 meter, dan memiliki tingkat akurasi yang cukup tepat. Jika terkena mata, bisa mengakibatkan kebutaan parsial, ataupun permanen.

Namun untuk jenis King Cobra, tak memiliki kemampuan menyemburkan bisa melaui taringnya. Tapi King Cobra dikategorikan sebagai ular terbesar yang memiliki bisa.

Venom kedua jenis ular ini sangatlah berbahaya. Jika tak ditangani dengan benar, toksinnya bisa mematikan manusia dalam waktu 10 sampai dengan 15 menit saja.

Bentuk dan ukuran tubuh ular Kobra dan King Cobra
Ukuran tubuh ular kobra, umumnya lebih pendek dan kecil jika dibandingkan dengan King Cobra. Pada Cobra dewasa, bisa memiliki panjang 1,7 sampai 2,5 meter. Berbeda dengan King Cobra, ular ini panjangnya bisa mencapai 5,5 sampai dengan 6 meter. Beratnya bisa mencapai 20 kg dan bisa bertahan hidup hingga 20 tahun.

Mungkin kita sering melihat seorang pawang asal India beratraksi menggunakan suling untuk berinteraksi bersama ular Kobra. Pada dasarnya, ular Kobra tersebut tidaklah menari mengikuti alunan irama, melainkan melihat gerakan pada seruling sang pawang yang bergerak. Sama seperti ular lainnya, jenis ular Kobra dan King Cobra tak memiliki lubang telinga. Ular mendeteksi keberadaan mangsanya dengan menggunakan mata dan organ jacobson.

Ular Kobra dan King Kobra tergolong hewan ovipar. Habitat dari ular Kobra berada di perbatasan hutan, hingga di persawahan. Sedangkan ular King Cobra, sering di temukan di daerah hutan, rawa bakau, dan daerah pertanian. Karena banyaknya lahan yang telah beralih fungsi, kini kedua jenis ular tersebut justru sering di jumpai di daerah pemukiman warga.





profile-picture
profile-picture
profile-picture
infinitesoul dan 59 lainnya memberi reputasi
60
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Sering Dianggap Mirip, Inilah Perbedaan Kobra Dan King Cobra
09-03-2020 00:37
Talk about cobra. Udah pernah didatangin ular ini pas masih kelas 5 SD an mungkin. Di kursi halaman depan rumah. Dia naik di tempat tangan kursi itu. Jarak ane sama dia mungkin 1 ato 2 jengkal. Temen ane untung ga panik. Dia santai ngmng, "itu ular beneran apa mainan? Ane liat sebentar trnyata ular beneran.

Reaksi ane abis ngeliat diam sekitar 1 ato 2 detik diem mematung langsung lompat menjauh. Ga tau dah itu hoki atau ga ane selamat.

Cuma kl ktemu ular gtu. Usahakan jangan kagetin dia dan menjauh. Kalo ngeliat temen lu dideketin ular juga jangan heboh. ntar tmn lo dicaplok. Sebenernya udah beberapa kali ketemu ular di hutan juga. Tapi itu yg paling serem. Apalagi pas diri dia. Ucet, lehernya ngembang cuy.
0 0
0
profile picture
KASKUS Plus
09-03-2020 07:29
Sebenernya kondisi mematung apa kgk gk ada bedanya sih ular merasakan rasa dan aura panas melalui corong di bawah mulut (bibir ?) Jadi kalo kondisinya ular tsb tdk mengigit pas lu diem kemungkinan besar pertama bukan cobra kedua cobra ato jenis ular lainnya gak pernah dtngn tmpt yang sring banyak orgnya ketiga mereka prefer di tempat lembab ular kebanyakan hidup di dekat wc ato wastafel
0
profile picture
09-03-2020 17:24
@ashari94 Kayanya lebih akurat agan sih secara science tp ane agak ragu krna berdasarkan pengalaman. Itu real sih. Ga ada ane tambah ato kurangi. Mungkin dia ga dalam mode menyerang pada saat itu krna saya kalem. Mematung 1 ato 2 detik ga lama coba aja praktekin. Terus pas lompat juga ane cepet kaya ninja. wkwkw...

Terkait bukan jenis cobra ato bukan mungkin aja. Krna ane ingetnya cuma leher ular itu ngembang pas berdiri. Mungkin ada jenis ular lain yg lehernya bisa ngembang kurang paham.

Kalo ular ga pernah datengin orang yang sering banyak orgnya ya itu pertama dia dtg di halaman, kedua ane juga pernah didatengin ular di kamar. Kamar ane ini beda dr rumah utama. jd kl buka kamar itu langsung menuju taman. Nah kalo itu kasusnya anak ular. Jd kl ga pernah dtgin manusia kaya nya itu instinct nya begitu. Tp ada aja kasusnya contohnya kasus ane.
Mungkin itu peliharaan org yg lepas, krna di lingkungan ane pd saat itu binatang yg mampir aneh2. Dr monyet lah, trenggiling, sampai burung2 yg keren2 warnanya. biasanya nenek ane yg kasih buah kl burung.

Asal ketemu ular misalnya di semak2 ato hutan ane tau ular itu ga mengganggu. Krna ane prnh ktmu beberapa kali. Biasanya ular pergi menjauh. Dr ular yg gede (ular sawah?) sampai ular yg kulitnya cerah udah pernah ktmu. Biasanya ane diem(tp takut jg lah dipatok) wkwkw. Tp biasanya ularnya menjauh. Kl yg paling deket yah kasus pertama td. serem bgt man. haha
0
profile picture
KASKUS Plus
09-03-2020 17:30
Tp gan kita yg sring ktemu ular ajah kadang bingung bedain antara cobra ato koros ato king cobra dgn king koros pd dasarnya pengalaman ente itu kyk 100:1 kejadian. Dan lagi point yang mau gua kasih adalah jangan pernah mendekati ular apapun itu jenisnya mau tipe pembelit ato tipe hewan berbisa karena jujur ajah setiap jenis ular punya cara sendiri utk dikatakan berbahaya
0
profile picture
09-03-2020 17:48
@ashari94 Iya setuju gan. Karena kan pas ketemu ular biasanya hal yang tak terduga. Ane takut gan sama ular ga mungkinlah pengen mendekat. Point ane sharing kl berdekatan sama ular utk berusaha bereaksi tdk panik. Semakin panik semakin bahaya.
Ane cuma penasaran sampai sekarang. Andai nih org digigit ular di tangan. kl ane yg awam, ane ikat tgnnya biar ga menjalar dan bawa ke klinik. Nah klo digigitnya di perut gmn tuh. Kan deket sama jantung. Misalkan digigit pas bobo. Aku udah pernah nanya ini sama pembina penjelajah alam di jakarta. Tp jawabannya ga memuaskan. wkwkw
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia