Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
97
Lapor Hansip
02-03-2020 01:05

Mumi Ini Punya Paspor, Lho!

Agan / Sista yang udah pernah main keluar negeri, pasti punya dong yang namanya paspor. Tapi percaya ga, ada lho mumi yang punya paspor resmi. Penasaran?

***


Ramses II sering disebut sebagai firaun terbesar di Mesir kuno. Telah memerintah selama lebih dari 60 tahun dan mencapai banyak hal selama hidupnya. Prestasinya tidak bisa diimbangi oleh firaun terdahulu maupun setelahnya. Bahkan setelah kematian, Ramses II tetap unik. 3000 tahun setelah Ramses II meninggal, ia menjadi satu-satunya mumi dengan paspor yang dikeluarkan oleh pemerintah modern.

Mumi Ini Punya Paspor, Lho!
Ilustrasi paspor mumi. Sayangnya gambar aslinya ga ada gan emoticon-Frown

Seperti halnya firaun Kerajaan Baru yang lain, Ramses II dimakamkan di Lembah Para Raja, di tepi barat Sungai Nil, di seberang Thebes. Awalnya, firaun dimakamkan di makam yang sekarang disebut sebagai KV7. Namun, beberapa waktu kemudian, mumi Firaun dipindahkan oleh para pendeta Mesir ke tempat penyimpanan mumi Deir el-Bahri, sampai akhirnya ditemukan pada tahun 1881.

Mumi Ramses II ditempatkan di Museum Mesir di Kairo pada tahun 1885. Pada tahun 1974, ahli Mesir yang bekerja untuk museum menyadari bahwa mumi firaun mulai rusak dengan kecepatan yang mengkhawatirkan, dan memutuskan untuk mengirimnya ke Prancis untuk diperiksa. Tampaknya, di bawah hukum Mesir, bahkan orang mati diharuskan memiliki dokumen yang sah sebelum mereka diizinkan meninggalkan negara itu. Dengan adanya dokumen-dokumen tersebut, juga akan memberi firaun perlindungan hukum yang diperlukan untuk memastikan kepulangannya ke Mesir. Mungkin dikhawatirkan bahwa sekalinya masuk ke Prancis, mumi firaun tidak akan diizinkan meninggalkan Prancis.

Pada akhirnya, Ramses II mendapatkan paspor dari pemerintah Mesir, menjadikannya mumi pertama (dan mungkin satu-satunya) yang menerimanya. Selain memiliki foto wajah Ramses II, paspor tersebut juga terkenal karena mencantumkan "pekerjaan" firaun Mesir kuno sebagai 'King (deceased) / Raja (almarhum)'. Mumi Ramses II meninggalkan Mesir pada tahun 1976, dan sesampainya di Prancis, mumi tersebut diterima di Bandara Paris-Le Bourget dengan sambutan militer lengkap yang biasa diadakan untuk menyambut kedatangan seorang raja.


Mumi Ini Punya Paspor, Lho!
Foto ketika mumi baru sampai di Paris

Mumi tersebut kemudian dipindahkan ke Museum Etnologi Paris, tempat ia diperiksa. Para peneliti menemukan bahwa kerusakan mumi disebabkan oleh infeksi jamur, dan diberi perawatan yang tepat untuk menghindari kerusakan total.

Mumi Ini Punya Paspor, Lho!
Foto saat pemeriksaan mumi di Paris, 1976


Selama pemeriksaan, analisis ilmiah menunjukkan luka pertempuran, patah tulang lama, radang sendi, dan sirkulasi yang buruk. Artritis Ramses II diyakini telah membuatnya berjalan dengan punggung bungkuk selama beberapa dekade terakhir dalam hidupnya.


Mumi Ini Punya Paspor, Lho!
Nih dia penumpangnya gan.. Mumi Ramses II

Setelah diradiasi untuk menghilangkan jamur dan serangga, mumi tersebut akhirnya dikembalikan dari Paris ke Mesir pada Mei 1977.


Sumber gambar dan artikel: https://www.vintag.es/2018/10/ramess...-passport.html
profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 16 lainnya memberi reputasi
15
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Mumi Ini Punya Paspor, Lho!
02-03-2020 09:52
Fir'aun memang diawetkan untuk pelajaran kepada manusia jangan sombong dan takabur . malah sampai mengaku Tuhan.
profile-picture
profile-picture
patra.yosh dan carljohnson1996 memberi reputasi
2 0
2
profile picture
kaskus freak
02-03-2020 11:58
Hah?
Firaun diawetkan untuk pelajaran manusia?
Firaun yang mana?
Karena ada begitu banyak Firaun, dan mereka semua diawetkan. Karena itu bagian dari tradisi dan kepercayaan mereka. mereka. Bahwa mereka perlu tubuh untuk di dunia berikut.

Atau lu mau klaim Ramses II itu mati di laut merah?
Terus diawetkan? emoticon-Smilie
3
profile picture
kaskuser
03-03-2020 05:32
@shinhikarugenji firaun yang dipercayai alkitab/al Quran mati di laut merah pas ngejar nabi musa dugaannya ada beberapa. Salah satunya ya Ramses II ini.
3
profile picture
kaskus maniac
03-03-2020 07:59
trus gimana caranya ngangkat jenasah firaun yg tenggelam?
0
profile picture
kaskus addict
03-03-2020 08:21
Kebanyakan dengerin kotbah agama lu bray.
Ini bicara sains bukan dongeng ribuan tahun lalu.
0
profile picture
kaskus addict
03-03-2020 09:55
nah looo.. kemakan khotbah ustadz youtube yaaa
0
profile picture
kaskus addict
03-03-2020 11:41
pengen ngakak.,... takut dosa..


pengetahuan agama,, klo g dibarengi ama pengetahuan lain,,,
bisa ngawur juga efeknya...
1
profile picture
kaskuser
03-03-2020 17:14
@7unos
Ini sejarah gan. Dongeng ketika tidur atau ribuan tahun yang lalu. Yang masih hidup jamannya firaun sapa? Palingan cuma modal sumber2 artefak, prasasti, cerita2 dongeng yang entah bener atau gak. Sains... sejak kapan fakultas sains ada jurusan sejarah..
0
profile picture
kaskuser
03-03-2020 17:17
@th3d4rk
Kapan insyaf bray?
Jangan2 lo nganggep diri elo tercipta karena "teori kebetulan" aatau "teori kesemrawutan" .. wkwkwkwkwk..
0
profile picture
kaskus addict
03-03-2020 22:26
Ngapain lu mention gw. Caper?

@bethique
0
profile picture
kaskus addict
04-03-2020 14:42
@bethique
Poin gw si ini sejarah dan diteliti secara sains. Itu aja si, masalah yg filosofis dan kaitan ke agama gw singkirkan.
Kalau lu berpendapat lain seperti ada kaitan peringatan Tuhan kepada manusia utk bla bla bla, monggo.. no problem..Itu pendapat lu dan ini pendapat gw, demokrasi 😁.
1
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia