News
Batal
KATEGORI
link has been copied
237
Lapor Hansip
27-02-2020 20:42

Pantas Jakarta 'Tenggelam', Dua Proyek Antibanjirnya Mandek

Pantas Jakarta 'Tenggelam', Dua Proyek Antibanjirnya Mandek Jakarta - 

Banjir nampaknya sudah menjadi langganan di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya jika musim turun hujan. Pemerintah tentu tak tinggal diam, sejumlah proyek infrastruktur untuk penangkal banjir telah direncanakan. 

Beberapa proyek penangkal banjir pun sebenarnya sudah berjalan. Hanya saja, pengerjaan terpaksa berhenti di tengah jalan lantaran terkendala pembebasan lahan. 

Adapun proyek pertama adalah normalisasi Sungai Ciliwung. Normalisasi dilakukan dari Jakarta Outer Ring Road (JORR) sampai Manggarai.

Baca juga: 200 Kepala Keluarga di Bidara Cina Bakal Kena Gusur Sodetan Ciliwung

Direktur Sungai dan Pantai Ditjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR Jarot Widyoko mengatakan, proyek normalisasi Ciliwung sudah vakum alias berhenti sementara sejak tahun 2018. Terkendalannya pembebasan lahan yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menjadi masalah utama.

Dari total 33,5 kilometer (km) bantaran sungai yang harus dinormalisasi, baru 16 km saja yang selesai.

"Ciliwung belum ada lagi pembebasan lahan karena belum ada pemberitahuan. Sekarang ya berhenti (pengerjaannya) karena tidak ada lahan (kosong) yang dikerjakan. Dari dulu 33,5 km baru 16 km (yang dinormalisasi), itu saja," kata Jarot kepada detikcom, Kamis (27/2/2020).

Proyek kedua adalah Sodetan Ciliwung yang bisa mengalirkan sebagian air dari Sungai Ciliwung ke Banjir Kanal Timur (BKT). Lagi-lagi proyek ini juga mandek akibat terkendala lahan.

Adapun proyek mandek di daerah Bidara Cina, Jakarta Timur. Ada sekitar 8.054 meter persegi lahan yang harus dibebaskan di Bidara Cina agar bisa melanjutkan proyek Sodetan Ciliwung.

Baca juga: Ingin Sodetan Ciliwung Segera Selesai, PUPR: Bisa Alirkan 60 M Kubik Banjir

Jarot menjelaskan jalur Sodetan Ciliwung memiliki panjang 1,27 km, namun hingga kini baru 600 m saja yang selesai.

"Kan ada 1.270 meter ini baru 600 meter sudah selesai, nah sisanya belum karena yang di Bidara Cina belum bebas (lahannya)," ungkapnya.

https://m.detik.com/finance/infrastr...ospopular_list

Banjir adalah berkahemoticon-Cape deeehh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 48 lainnya memberi reputasi
41
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Pantas Jakarta 'Tenggelam', Dua Proyek Antibanjirnya Mandek
27-02-2020 21:15
Krn tidak menggusur mau jd jualan dia pilpres nanti
Semoga yg ikut nikmatin banjir pada sadardan menyadarkan pendukung lainnya

Tp gw pesimis,mengingat temen kantor gw aja pada belain anis, lucunya semua ga ada yg bela dengan data bhw anies udah bikin abc tp curah hujan yg extreme yg bikin banjir tapi cm berargumen noh jabar ada banjir, banten ada banjir knp kok cm nyorotin anies?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
infomistik dan 48 lainnya memberi reputasi
48 1
47
profile picture
newbie
27-02-2020 22:06
Temen2 situ rumah nya kelelep banjir ga?
0
profile picture
kaskus geek
27-02-2020 22:36
Ada 2 tp masuknya area bekasi
Kantor gw di bandung
90% dukung 02 pilpres kmrn dan dukung anies juga
Ada yg bilang: anies diserang krn bukan pdip, banjir jkt itu krn kiriman
Pas gw bilang: anies sendiri bilang yg 25 ini banjir dr hujan dia mingkem

Jokowi kmrn menang krn suara minoritas hampir seluruhnya milih dia
Liat tren moderat makin geser krn "hijrah" 2024 bakal berat
8
profile picture
kaskuser
27-02-2020 23:00
@firewallshop
Coba dikaji dong kenapa moderat trendnya bisa geser ke hijrah.?!

Mungkin mereka sudah muak dengan generalisasi dari minoritas yg kerap menjelek jelekan agama mereka main pukul rata.. emoticon-Gila

Masalah keyakinan tidak bisa diejek bray..atau kalian akan dapatkan rasa antipati yg berlebih..

Harap direnungkan
emoticon-Ngacir
-3
profile picture
kaskuser
28-02-2020 02:27
Sebenernya kagak ada ngaruhnya.
Yg ngaruh tuh, si moderat ngelihat adanya efek exceptional utk kadrun radikal.
Secara de facto, pelaku demo dgn narasi rasis bebas berkeliaran, aksi kekerasan akan "kebal hukum" jika dibalut jubah agama, mudahnya malak warga lain dgn alasan agamis. Si moderat merasa tertarik dgn efek being radicalist.
Selain itu, Jokowi impoten menghadapi aksi rasis dan kekerasan yg bersembunyi di balik jubah agamis.
1
profile picture
kaskus geek
28-02-2020 05:41
Generalisasi gmn nih maksudnya?
0
profile picture
kaskuser
28-02-2020 07:46
@firewallshop
Generalisir bahwa semua muslim radikal..
Padahal fakta dilapangan lebih banyak muslim dan non muslim yg saling berdampingan, daripada yg berselisih emoticon-Smilie
1
profile picture
kaskus geek
28-02-2020 08:12
jd mnrt elo hijrah = radikal?

0
profile picture
kaskuser
28-02-2020 08:13
@firewallshop
Kesimpulan darimana hijrah=radikal.?!
1
profile picture
kaskus geek
28-02-2020 08:14
ini maksudnya gmn?

0
profile picture
kaskuser
28-02-2020 08:21
@firewallshop
Pertama anda buat statement bahwa ada trend atau tendensi bahwa kaum moderat sekarang mengarah ke "hijrah"..
Nah IMO..
Itu ada hubungannya dengan rasa kesal, jengah dan muaknya kaum yg tadinya moderat, toleran dan cenderung apatis dalam beragama..menjadi mengarah ke arah yg lebih fundamental dalam beragama..diakibatkan oleh bullyan tentang agama dan keyakinannya yg selama ini terjadi di media..
Kira kira begitu
0
profile picture
kaskus geek
28-02-2020 08:24
kerdil bgt dong kl alasan hijrah adalah krn minoritas berpandangan a b c
sodara gw ada 2yg hijrah, alasannya krn mrk yakin kl beragama secara kaffah maka hidup akan jd lbh baik, makmur dunia akhirat dll
trus bedanya apa yg hijrah dgn yg ga hijrah:
1. yg hijrah menganggap yg blm hijrah itu islam munafik
2. ga mau ketemu non muhrim padahal sepupu sekalipun
3. ga ngijinin anaknya nonton tv, pake baju, sprei dll yg ada gambar mahluk hidup
4. menganggap pancasila itu taghut (suaminya resign dr kantor pajak)
5. menganggap non muslim itu seburuk2 mahluk
6. krn no 4 dan 5 jd anti jokowi dan ahok

fakta bhw lebih banyak muslim dan non muslim hidup berdampingan itu benar sekali, tp dimata yg hijrah muslim seperti itu muslim munafik krn ada almaidah 51 dan ayat yg bilang non muslim itu seburuk2 mahluk dan mrk percayai secara literal

pertanyaannya, yg pandangannya benar dan dalilnya kuat yg hidup berdampingan atau yg hijrah nih?
9
profile picture
kaskuser
28-02-2020 08:29
@firewallshop
Ini opini saya..
Dalil dasarnya tujuan agama itu apa.?
Agama itu dilihat dari tujuannya..
Tujuan agama islam itu jelas agar umat bisa berguna bagi lingkungan sekitar..
Jadi jika ada sikap yg bertentangan dengan tujuan agama..ya jelas sikap itu keliru..
As simple as that..
1
profile picture
kaskus geek
28-02-2020 08:33
nah ini semua kan pandangan anda
kl memang ada dalilnya monggo dipajang disini, di medsos, di youtube, kuntuk menyanggah pandangan yg radikal
jd ideologi di counter dengan ideologi
narasi bahwa yg moderat, apatis sama agama adalah muslim munafik dibalas dengan dalil yg menyatakan yg benar adalah "Tujuan agama islam itu jelas agar umat bisa berguna bagi lingkungan sekitar..
Jadi jika ada sikap yg bertentangan dengan tujuan agama..ya jelas sikap itu keliru.."

1
profile picture
kaskuser
28-02-2020 08:37
@firewallshop
Dalil dasar dan utamanya adalah tujuan islam itu sendiri untuk menjadi rahmatan lil alamin..
As simple as that..
Jadi jika ada penafsiran yg tidak sejalan dengan tujuan agama.. tentunya salah tafsir.. emoticon-Smilie
0
profile picture
28-02-2020 15:20
setuju banget gan, temen kantor ane juga nyebar di wag di bilang lagi dizolimin. pengen gw tampol rasanya.
0
profile picture
newbie
28-02-2020 17:11
Mungkin mereka kesurupan (ideologi), bree.
0
profile picture
kaskus holic
28-02-2020 18:48
@Air.Gate gan lu ngasih bata ke gue karena postingan gue ada kata kata yg nyindir lu ya wkwk,
0
profile picture
kaskus maniac
28-02-2020 20:29
Krn hanya wan jembud yang udh ga bisa kerja, plus banyak bacot. Ahli lepas tangan dan hobi menyalahkan.


0
profile picture
kaskus maniac
29-02-2020 05:27
@Xhukameqhi berarti fenomena islam saat ini sedang tidak rahmatan lil alamin simple as that... emoticon-Recommended Seller
1
profile picture
kaskus addict
29-02-2020 08:49
Lu kerja dimana emangnya? Kesian amat 1 kantor isinya kadrun rabies
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia