News
Batal
KATEGORI
link has been copied
187
Lapor Hansip
27-02-2020 18:06

Jokowi Bilang Ibu Kota Baru Tak Banjir dan Macet, Hadirin Tertawa


Jokowi Bilang Ibu Kota Baru Tak Banjir dan Macet, Hadirin Tertawa

Jokowi Bilang Ibu Kota Baru Tak Banjir dan Macet, Hadirin Tertawa

Jokowi Bilang Ibu Kota Baru Tak Banjir dan Macet, Hadirin Tertawa


JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo memamerkan video desain ibu kota baru RI saat menyampaikan pidato kunci dalam acara Indonesia Digital Economy Summit yang digelar Microsoft di Jakarta, Kamis (27/2/2020).

Sambil memamerkan video, Jokowi menyatakan bahwa ibu kota baru RI di Penajam Paser Utara-Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, akan bebas dari macet dan banjir.

"Ibu kota yang hijau. Tidak banjir dan tidak macet," kata Jokowi.

Mendengar pernyataan Jokowi itu, sebagian peserta yang merupakan para pelaku ekonomi digital kompak tertawa. Kebetulan, dua hari sebelumnya ibu kota DKI Jakarta dilanda banjir di sejumlah titik.

Menurut Jokowi, ia berani menjamin ibu kota baru bebas dari banjir dan macet karena pembangunannya akan dimulai dengan tata ruang yang baik.

"Green city, smart city, compact city. Banyak pedestrian, banyak orang berjalan kaki, bersepeda. Mobil harus elektrik. Dan pada lompatan berikut, autonomous (kendaraan tanpa awak)," ucap Jokowi.

Jokowi menyebutkan, akan ada banyak peluang untuk mendorong ekonomi digital negara di ibu kota baru nanti.

Jokowi Bilang Ibu Kota Baru Tak Banjir dan Macet, Hadirin Tertawa

Oleh karena itu, ia mengajak para pelaku ekonomi digital untuk ikut berpartisipasi.

"Karena dengan ibu kota baru semangatnya tak hanya pindah gedung. Kita ingin pindah cara kerja. Kita ingin instal sistem baru yang cepat dan efisien. Pindah budaya kerja," kata Jokowi.

"Kita ingin bangun basis ekonomi baru berbasis iptek dan inovasi, dan pindah dari analog ke sepenuhnya digital," ucap dia.
sumber

☆☆☆☆☆

Membangun mimpi.
Bangsa ini memang harus punya plan yang jelas, baik dalam bidang ekonomi maupun pertahanan.
Sangat menyedihkan ketika peralihan kekuasaan dari Orde Lama ke Orde Baru, hampir seluruh alutsista di grounded, padahal alutsista kita adalah salah satu yang terkuat di Asia kala itu. Sementara saat pembaruan alutsista masa Orde Baru, banyak makelar alutsista yang bermain, sehingga semua harga yang harus Indonesia bayar, berkali-kali lipat dari harga sebenarnya.

Ibukota baru bukan hanya harus smart city, tapi juga harus smart defense. Jangan sampai nanti rudal China bisa tegak lurus menghajar ibukota baru. Bisa-bisa Tengku Zul bertepuk tangan bahwa logika briliannya terbukti. Maksudnya terbukti bahlul.

Ibukota baru Indonesia haruslah menjadi Green City. Harus mempunyai konsep yang menjaga kelangsungan alam, meskipun sangat mustahil jika alam tak terganggu. Tapi sebenarnya kita bisa meminimalisir kerusakan yang akan terjadi.

Masalah banjir, kebakaran hutan, gempa bumi, serta kemacetan harus bisa dihindari. Meskipun ibukota baru bukan pusat bisnis, tetapi pastinya banyak kebijakan ekonomi lahir di ibukota baru.

Untuk masalah program berkesinambungan serta nama-nama program, sebaikanya dibuatkan UU tersendiri antara pemerintah dan DPR yang dikuatkan oleh MK. Mustahil sih sebenarnya. Ini cuma lucu-lucuan saja. Tapi jika melihat seseorang yang sangat bernafsu menjadi presiden setelah Jokowi selesai di periode kedua ini, bisa jadi apa yang sudah dijalankan oleh pemerintahan Jokowi, akan diacak-acak oleh dirinya. Dengan alasan keberpihakan maka kendaraan berbahan bakar bensin atau solar bisa dilegalkan disana. Atau PKL yang tiba-tiba menjamur disepanjang jalan menuju Istana Negara. Atau semua atap gedung dibuang agar langit terlihat dan bisa untuk selfie. Dan bisa saja semua program yang sudah bagus akan diobrak-abrik dengan nama yang diganti dan anggaran yang dimarkup.

Kalau benar tahun ini adalah tahun akhir Jakarta menyandang nama DKI, ya kami sebagai masyarakat Jakarta yang lahir di era 60an akan ikhlas. Toh beban Jakarta sebagai pusat pemerintahan dan pusat bisnis sudah terlalu besar. Tak mungkin lagi Jakarta bertahan dari keadaan yang makin porak poranda 2 tahun belakangan ini.

Satu yang terakhir.
Jangan pernah boleh Ormas apapun juga mempunyai legalitas disana. Baik yang mendukung pemerintah maupun yang anti pemerintah. Baik yang membawa-bawa nama suku maupun yang berbau-bau agama. Terlalu banyak mudharat yang dihasilkan dari keberadaan ormas-ormas seperti itu.

Semoga mimpi bangsa Indonesia menjadi negara yang maju bisa tercapai. Dan kemajuan bangsa ini juga harus bisa mensejahterakan seluruh rakyat Indonesia. Itu yang utama.

Selamat bermimpi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 58 lainnya memberi reputasi
53
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Jokowi Bilang Ibu Kota Baru Tak Banjir dan Macet, Hadirin Tertawa
27-02-2020 18:19
13 SUNGAI KEWENANGAN PUSAT. AKAN GAMPANG DITANGANI KALAU JADI PRESIDEN.

TERUS SETELAH JADI PRESIDEN KENAPA TAMBAH PARAH BANJIRNYA PAKDE? SALAHKAN SAYA BERTANYA
profile-picture
profile-picture
profile-picture
karibo46 dan 15 lainnya memberi reputasi
9 7
2
profile picture
kaskus maniac
27-02-2020 18:25
nyang bebasin lahannya kan wewenang pemperov...!!!

yang terhenti taon 2018...!!!
.
.
bijimana mau kerja tuh pemerintah pusat...????
10
profile picture
kaskuser
27-02-2020 19:46
@ajacid

Era Jokowi presiden dan ahok gubernurpun nggak mampu tuh bebasin lahan bidara cina dan sekitarnya.. emoticon-Ngakak

Awalnya begini ceritanya, Jadi Presiden Joko Widodo (Jokowi) ketika itu berharap proyek Sodetan Ciliwung bisa difungsikan pada Oktober 2015. Namun lahan itu masih dihuni warga Bidara Cina dan belum dibebaskan. Warga tidak terima dengan langkah Pemprov DKI yang melakukan penertiban tanpa sosialisasi terlebih dulu.

Urusan kian panjang ketika warga Bidara Cina melayangkan gugatan dengan Nomor 59/G/2016/PTUN-JKT terhadap SK Gubernur Nomor 2779/2015 tentang Perubahan SK Gubernur DKI Jakarta Nomor 81/2014 tentang Penetapan Lokasi Pembangunan Inlet Sodetan Kali Ciliwung menuju Kanal Banjir Timur (KBT) di Peradilan Tata Usaha Negara (PTUN).

Dalam SK Gubernur Nomor 2779/2015 disebutkan lahan yang akan dibebaskan untuk inlet sodet Sungai Ciliwung menuju KBT seluas 10.357 meter persegi. Akan tetapi, dalam SK semula yang diterbitkan pada 16 Januari 2014 tertulis luas lahan yang akan dibebaskan hanya 6.095,94 meter persegi.

Padahal niat Pemprov DKI membebaskan lahan yang diduduki warga itu untuk dibangun jalur masuk air (inlet) Sodetan Ciliwung. Pembangunan tersebut merupakan proyek Kementerian Pekerjaan Umum melalui Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung-Cisadane (BBWSCC).

Majelis hakim PTUN pun mengabulkan gugatan warga untuk seluruhnya yang dibacakan pada 25 April 2016. Sebagai konsekuensinya, SK Gubernur DKI Nomor 2779/2015 harus dibatalkan.


https://m.detik.com/finance/infrastruktur/d-4917049/perkara-ini-yang-ganjal-proyek-sodetan-ciliwung
emoticon-Ngacir
1
profile picture
kaskus maniac
27-02-2020 19:50

yang KASASI nya dicabut oleh anis yaa...^^^
2
profile picture
kaskus maniac
27-02-2020 22:06
@ajacid @Xhukameqhi pembebasan sodetan ciliwung di bidara cina pemda dki kalah di ptun warga bidara cina nunjuk pak yusril sebagai pengacaranya sehingga pembangunan sisi inletnya berhenti, semoga tahun ini masalah pembebasan lahan selesai
1
profile picture
kaskuser
27-02-2020 22:07
@ajacid @lumberjack2000
Amin..
Semoga bisa saling sinergi antara daerah dan pusat..
Kesampingkan gengsi dan ego
2
profile picture
kaskus maniac
27-02-2020 22:12
ngapa bawa2 sodetan sih...??

naturalisasi / normalisasi itu objeknya SUNGAI....!!!

13 sungai....dipeeLEBAR diperDALAM...!!!
.
.
sodetan itu biar sungai yg lewat bidara cina bisa dibelokan ke BANJIR KANAL...!!!
.
.
please yah om2...JANGAN SUKA OOT...!!!
.
..
sodetan itu sudah di KASASI...kasasi masih proses lalu diBATALkan anis...!!!
4
profile picture
kaskus addict
28-02-2020 07:36
@ajacid @Xhukameqhi Sungai diperdalam tapi laut masih diatas Sungai ya tetap banjir tong.Elo kira Jakarta kontur tanah mirip surabaya tong, jakarta itu mirip semarang, kena hujan laut pasang dah pasti banjir, mau sedalam monas sungainya yang masuk malah air laut.
Goblok dipelihara
emoticon-Leh Uga
2
profile picture
kaskuser
28-02-2020 07:43
@ajacid @eltosicu3

Tidak hanya diperdalam..
Tetapi juga diperlebar untuk mencegah dampak "bottle neck" effect..
Tentunya mesti dibarengi dengan memperbanyak waduk dan tanggul di pesisir jika memang faktanya permukaaan air laut sudah jauh lebih tinggi dari permukaaan tanah..
Dimana ada usaha..disitu ada jalan..
Tinggal saling koordinasi bahu membahu..
Bukannya malah saling menyalahkan..
Salam lorong hitam.. emoticon-Ngacir
3
profile picture
kaskus addict
28-02-2020 07:49
@ajacid @Xhukameqhi @ajacid

Gak menyalahkan kalo gak ada tanggul laut, cem mana air laut kagak masuk. Bangun dam di muara2 sungai, pompa air diperbanyak.
Uang 400t drpd bikin surga pejabat mending bikin tanggul laut non komersial.
Istana dan lain lain pindah ke pulau reklamasi.
Baru hemat dan tepat sasaran

emoticon-Traveller
1
profile picture
kaskus maniac
28-02-2020 10:01
tanggul laut kan sudah ada kepres nya...yg sekarang coba di batalkan PERGUB...^^^^
1
profile picture
kaskus addict
28-02-2020 10:17
@ajacid tanggul laut yg mana tong, itu Pulau Reklamasi goblok, yg bangun konglomerat hasilnya bikin tambah banjir, aliran air jadi lambat di teluk.
Kalo niat bikin tanggul ya di muara sungai goblok, murni apbn bukan b2b

1
profile picture
kaskus maniac
28-02-2020 10:18
itukan sepaket...hadehhh...!!!
1
profile picture
kaskus addict
28-02-2020 10:46
@ajacid kenapa dibikin sepaket, coba abe tanya bisa jawab kagak ente.
1
profile picture
kaskus maniac
28-02-2020 10:50

at least lu guggel lah...nanya mulu...^^^

dah salah mulu dari tdi...^^^
.
.
.
.
hemat...
0
profile picture
kaskus addict
28-02-2020 11:47
@ajacid

emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga

Kalah.. ngeles ke gugel wkwkwkwk

emoticon-Big Grin
1
profile picture
kaskus maniac
28-02-2020 12:24
bahwhahhahaha....!!!

lucu2 ya penghuni kaskus...^^^
.
.
.
sudah di kasih clue...ternyata ga bisa membaca...^^^

1
profile picture
kaskus addict
28-02-2020 12:55
@ajacid gwahaha udah dibaca dari dulu goblok, makanya ane tanya ngapain dipaket. Elo liat amsterdam apa tanggulnya dipaket ama reklamasi
1
profile picture
kaskus maniac
28-02-2020 14:54
inet jgn di pake donlot bokepan...!!!

kalo gak paham...ya belajar...!!!
.
.
.semakin lucu kamyuhhh...^^^


https://id.wikipedia.org/wiki/Reklamasi_daratan

https://www.boombastis.com/reklamasi-pantai/68764
1
profile picture
kaskuser
28-02-2020 15:25
@ajacid @eltosicu3 lo pada orang jakarta asli bukan, ane jakarta asli, 28 tahun ane di PRIOK langganan banjir, mau ahok juga banjir tp mendingan, kaga sampe kelelep dan surutnya cuma itungan jam, gw inget bgt tiap hari itu excavator ngeruk sampah + sedimen tanah di waduk sunter, plut, kali item, sampe waduk pluit.

klo si ANIS EMANG KAGA KERJA APA-APA, Di AJAK KERJA SAMA AJA SUSAH SETENGAH MATI..

yg butuh di bantu itu kan pemprov DKI yak, ini sombongnye bukan maen, PUPR ngajak kerja sama malah diajak debat..

hadeeehh susah dah
3
profile picture
kaskus addict
28-02-2020 16:14
@ajacid @eltosicu3 [mention]ap_kt_or2[/mention]

pertanyaan nya bukan warga jakarta atau bukan

Yang jadi pertanyaan nya adalah ente kemarin ikutan milih seimin gak

Ikutan demo berjilid gak

emoticon-Leh Uga
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia