Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
80
Lapor Hansip
23-02-2020 08:22

Indonesia Naik Kelas Menjadi Negara Maju!


Baru-baru ini, Amerika Serikat lewat Kantor Perwakilan Perdagangan (Office of The Trade Representative) resmi mengeluarkan Indonesia dari status negara berkembang untuk kemudian naik kelas menjadi negara maju. Keputusan tersebut diambil oleh pemerintahan Donald Trump guna mengurangi negara-negara yang selama ini mendapatkan perlakuan istimewa karena status berkembangnya. Terutama, perlakuan istimewa dari sisi perdagangan di pasar global.

Indonesia Naik Kelas Menjadi Negara Maju!
Foto: harianaceh.co.id

Tidak hanya Indonesia, beberapa negara lain yang sebelumnya menyandang status negara berkembang juga telah dicoret statusnya. Sehingga, kini negara-negara tersebut berubah status menjadi negara maju seperti Brazil, Argentina, Afrika Selatan, dan lain sebagainya. Keputusan itu diambil karena beberapa negara tersebut, terutama negara-negara yang tergabung dalam perkumpulan G20, dianggap memiliki perekonomian yang cukup diperhitungkan di mata global saat ini.

Namun status negara maju tampaknya tidak selalu menguntungkan. Pasalnya, sebagai negara berkembang, Indonesia mendapatkan beberapa hak istimewa seperti mendapatkan pajak ekspor barang yang lebih rendah dari pada negara-negara maju yang hendak memasukan produk-produk negara mereka ke pasar Amerika Serikat. Dengan naik kelasnya Indonesia menjadi negara maju, maka bea masuk barang-barang dari Indonesia ke pasar global akan naik signifikan sehingga dapat mengurangi daya ekspor Indonesia kedepannya. Oleh karena itu, keputusan Amerika Serikat tersebut akan menjadi tantangan tersendiri untuk Indonesia. Terlebih, fasilitas-fasilitas istimewa yang dahulu didapatkan Indonesia sebagai negara berkembang akan dihentikan dan Indonesia harus bisa berdiri di atas kaki sendiri.

Akan tetapi, dalam pertimbangannya, keputusan Pemerintah Amerika Serikat untuk mengeluarkan Indonesia dari status negara berkembang menjadi negara maju tidak dibarengi dengan indikator-indikator negara berkembang lainnya. Indikator-indikator tersebut diantaranya seperti angka kematian bayi, angka buta huruf orang dewasa, dan harapan hidup saat lahir. Keputusan itu murni karena Pemerintah Amerika Serikat hanya memandang dari sisi perekonomian Indonesia untuk mencoretnya dari daftar negara berkembang. 

Untuk itu, mari kita nantikan gebrakan Indonesia dengan status barunya yang kini menyandang sebagai negara maju dari sisi perekonomiannya. Semoga, ketakutan-ketakutan yang ada akibat pengurangan fasilitas istimewa yang dahulu di dapatkan saat masih menyandang sebagai negara berkembang dapat diatasi dengan kebijakan-kebijakan yang tepat. Dan juga, diharapkan Indonesia dapat menjadi semakin kuat perekonomiannya walau tanpa hak istimewa.



Sumber Berita:
https://kaltim.idntimes.com/news/ind...l-kaltim/full
https://money.kompas.com/read/2020/0...-wto?page=all
https://money.kompas.com/read/2020/0...maju?page=all
Pemikiran TS

Sumber Gambar:
Google Images
profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 5 lainnya memberi reputasi
6
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Indonesia Naik Kelas Menjadi Negara Maju!
26-02-2020 07:35
sementara sampah masih beterbaran dimana2, korupsi makin menggila, kebodohan akan politik masih dipertahankan, dan prestasi bangsa hanya segelintir di antara tumpukan pembuat konten sampah nan menjijikan
0 0
0
profile picture
aktivis kaskus
26-02-2020 07:43
Itulah yg harus kita benahi bersama emoticon-Frown emoticon-Berduka (S)
1
profile picture
kaskuser
26-02-2020 16:10
Iye gan, masalah koruptor aja belum beres beres sampe sekarang. Gue masih pesismis sih sama situasi sekarang
1
profile picture
aktivis kaskus
26-02-2020 17:25
Iya nih gan, memang banyak banget masalah yg harus dibenahi. Sekarang kita sebagai bangsa juga masih belum terbuka masalah birokrasi, masih belum merata infrastruktur, dan masih belum bisa concern sama kesehatan mentalemoticon-Frown
1
profile picture
kaskuser
27-02-2020 10:24
Pembangunan belum merata, kota kota besar makin kuat desa kecil melaratemoticon-Frown
1
profile picture
aktivis kaskus
27-02-2020 10:41
nah itu juga gan, sedih kalau liat jalanan menuju desa belum di beton sampe roda kendaraan aja terjebak di lumpuremoticon-Frown
1
profile picture
kaskus holic
27-02-2020 11:11
apalagi di timur gan, mobil mobil fortuner yang disini jadi gaya kalau disana malah jadi kendaraan antar daerah sampe nyemplung nyemplung lumpur gitu
0
profile picture
kaskuser
27-02-2020 11:43
Banyak anak masih susah akses untuk sekolah juga
1
profile picture
aktivis kaskus
27-02-2020 22:52
nah itu juga miris sih
1
profile picture
aktivis kaskus
27-02-2020 22:53
masih banyak jembatan gantung pake tali tambang sebijiemoticon-Frown
1
profile picture
kaskus holic
28-02-2020 01:40
sedih emoticon-Frown
1
profile picture
kaskus holic
28-02-2020 01:41
ngeri, takut jatuh ke sungai dan hanyut kaya kasus yang lagi rame sekarang tuh
1
profile picture
kaskuser
28-02-2020 16:01
ngeri amat ngeliat ke bawah nya tuh emoticon-Takut (S)
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia