News
Batal
KATEGORI
link has been copied
311
Lapor Hansip
26-02-2020 03:40

Rugi Rp 30 M Sehari, Pengusaha: Banjir Kali Ini Paling Parah

 Rugi Rp 30 M Sehari, Pengusaha: Banjir Kali Ini Paling Parah

Quote:
Jakarta, CNBC Indonesia - Pengusaha yang terhabung dalam asosiasi pengusaha truk mengklaim mengalami kerugian lebih dari RP 30 miliar dalam sehari ini. Hal ini terjadi karena banyak truk yang tidak bisa beroperasi mengangkut barang-barang ekspor-impor akibat banjir yang kembali melanda Jakarta pada hari ini, Selasa (25/2/2020).

"Kejadian dua hari ini (Minggu dan Selasa) cukup memprihatinkan. [Banjir] dua hari terakhir ini yang paling parah," kata Wakil Ketua Umum Bidang Logistik Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Kyatmaja Lookman melalui serangkaian pesan kepada CNBC Indonesia, Selasa (25/2).

"Dari sisi kerugian karena tidak operasi, sekitar RP 30 miliar untuk 20.000 truk yang beroperasi di Tanjung Priok. Belum memperhitungkan daerah lain terdampak banjir seperti tol, dan lainnya," tambahnya.

Lookman mengatakan kerugian itu juga belum memperhitungkan biaya perbaikan untuk kendaraan yang terendam banjir. Ia menjelaskan bahwa untuk memperbaiki kendaraan yang terendam banjir, biaya perawatan bisa mencapai Rp 30 juta per kendaraan.

"(Ada biaya) kerusakan kendaraan juga karena banyak yang tangki solarnya kerendam air, kelistrikan, aki, dan lainnya," jelasnya. "Kalau kena mesin bisa RP 20 juta sampai dengan Rp 30 juta per kendaraan," tambahnya.

Ia berharap pemerintah memberi perhatian pada dunia usaha yang terkena banjir dan masyarakat umum. Ia juga menyarankan pemerintah daerah untuk meningkatkan lagi manajemen dalam menanggulangi masalah banjir yang sudah terjadi berulang kali di Jakarta dalam waktu dua bulan terakhir.

"Cuaca semakin ekstrem tentunya butuh penanganan yang lebih baik dan usaha yang lebih keras. Jika tidak ya otomatis hal ini akan terjadi terus. Sudah berkali-kali kejadiannya sejak Januari ya, 4 sampai 6 kali banjir," ungkapnya.

Banjir memang telah melanda beberapa titik di Jakarta hari ini, dan sudah terjadi beberapa kali dalam dua bulan terakhir. Namun demikian, banjir hari ini bisa dibilang yang terparah. Sebab, di beberapa wilayah yang sebelumnya tidak mengalami banjir pada Januari lalu, kini dilanda banjir akibat curah hujan yang sangat tinggi.

Ketinggian air di beberapa wilayah yang terdampak pun beragam, mulai dari semata kaki hingga mencapai dada orang dewasa, sebagaimana dilaporkan Polda Metro Jaya.

"14:14 #Banjir 30-40 Cm di Jl.Letjen Suprapto Cempaka Mas Cempaka Putih, saat ini belum bisa dilintasi kendaraan," jelasnya melalui akun twitter @TMCPoldaMetro.

Di Jakarta dan sekitarnya, setidaknya telah kejadian banjir antara lain pada 1 Januari, 8 Februari, 23 Februari, dan 25 Februari 2020.

(hoi/hoi)

https://www.cnbcindonesia.com/news/2...i-paling-parah

Parah banget pak banjir sekarang. Benar benar deh parah sekali. Ini kerugian loh pak. Tolonglah ini gubernur dan pemprovnya. Pengusaha sudah ditekan oleh pajak, ya seharusnya penanganan banjir dan lain sebagainya dijalankan dong. Lalu uang pajak untuk jakarta itu untuk apa?

Males lah para pengusaha ini tiba tiba dikirim surat cinta disuruh klarifikasi omset turun. Pas klarifikasi jawabannya karena banjir. Nanti pegawai pajak tanya, bapak ini yayasan atau perusahaan? Kok perusahaan rugi? Masa hanya karena banjir doang omset sampai turun banyak? Males lah para pengusaha diginiin.

Udah capek capek bayar pajak, lapor segala tiap tahun. Hasilnya lokasi usaha tetap banjir. Omset turun. Penerimaan pajak rendah. Tetep aja pengusaha disalahkan. Heran saya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 73 lainnya memberi reputasi
72
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
profile picture
kaskuser
26-02-2020 06:58
ya wajar lah kalau berita jakarta lebih masif, ibukota gitu loh, pusat negara
coba misal di negara lain, ada banjir di sydney sama banjir di kota pinggiran, mana yang lebih heboh
7
profile picture
kaskus maniac
26-02-2020 07:27
Karyawan kalo ada kebijakan merugikan demo kalo ada kebijakan menguntungkan demo juga nga?

1. Daerah lain apbdnya nga sebesar jakarta, tapi daerah lain mempunyai wilayah yg jauh lebih besar dari dki
2. daerah lain nga sevital jakarta, karena jkt itu pusat perekonomian dan pusat pemerintahan
3. Daerah lain nga sekhusus jakarta dmn walikotanya bisa diatur sama gub, walikota yg nga sejalan sama perintah gub bisa dipecat dan diganti sama gub
4
profile picture
kaskuser
26-02-2020 07:38
@mitra01 banjir dijakarta kann gak cuma sekali ini doang.. tiap tahun gan.. langganan.. gak peduli siapa pemimpinnya.. yang dulu gubernur sampe jd presiden mau beresin banjir pun sampe 2 periode belum beres2.. kalo mau beres, Sinergikan masyarakat ma pemerintah sama2 menanggulangi banjir. Dan sama2 sadar diri kalo hujan deres/lama ya pasti ada kemungkinan banjir. Berbenah bareng gak cuma ngandalin pasukan oranye.. kuning.. ijo apa warna apapun..
5
profile picture
kaskus maniac
26-02-2020 07:57
@bethique
jd ente bilang banjir skrg sama ama dengan tahun2 kemarin?
ya udah fix brarti ente ga tingga di jakarta, cm baca berita doang.

1
profile picture
kaskus addict
26-02-2020 08:03
@mitra01 @bethique ya intinya ngapain dulu milih anies jancokkk!!!!!!! bikin susah orang banyak jancok!!!! modal agama doank!!!! munafik cok
1
profile picture
kaskus addict
26-02-2020 08:05
@mitra01 sory gua salah quote... sangking emosinyaemoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
1
profile picture
kaskuser
26-02-2020 08:21
@mitra01 [mention]reaper_k1d[/mention] ni apa urusan ane milih anis? Inget cuy.. demokrasi.. yang milih anis rakyat elu.. susah seneng ya itu gubernur elu.. sama kayak presiden ane gak seneng pun tetep gak ngrubah presidennya mister J..
Banjir disana dini banyak tempat. Tapi gak seheboh dijkrt. Korban juga didaerah ada. Tapi gak seruwet di jkt. Salahkan sana.. salahkan sini.. ruwet sendiri. Harusnya sekarang lagi pada saling membantu gimana caranya.. bukan cari pembenaran sendiri2..
1
profile picture
kaskus maniac
26-02-2020 08:23
@bethique yap betul dl yg namanya banjir itu siklus tahunan, tapi tahun ini entah mengapa jadi siklus 2 mingguan

Yah karena pada dasar nya solusi yg ditawarkan presiden nga mau diambil sama gub skrg, setiap kali diajak ketemuan dengan menteri terkait nga pernah mau hadir malah maunya ditantang debat berbuka sama gub, kembali ke poin ke 3, presiden nga punya hak untuk mecat gub yg nga sejalan, lalu kalo uda nga sejalan gmn mau beresin masalah banjir?
1
profile picture
kaskuser
26-02-2020 08:28
@mitra01 kalo ente bicara siklus.. kalo ente ngbrol data, perlu ente ketahui ada yang namanya data outlier.. data pencilan.. beda sendiri.. apapun itu dan itu wajar. Kira2 pengertiannya gini. Sekelas nilainya 5 dan 6 dan agan nilainya 9 sendiri.
Itu masalah nilai gan.. kalo banjir faktornya banyak. Masyarakat ma pemerintah sama2 nanggung salah.
2
profile picture
kaskus addict
26-02-2020 08:31
@mitra01 @bethique mau bantu gimana caranya... klo gubernurnya gak ada aksi pencegahan.... adanya aksi setelah banjir terjadi. ya telat lah.

banjir itu kuncinya di pencegahan.. klo udah terjadi kek gini apapun usaha lu ya percuma... coba pas selama musim kemarau kemarin anggaran difulkan untuk pembuatan gorong gorong kayak di surabaya, terus kali kali yang menyempit dilebarin, rumah rumah kumuh di pinnggir kali digusur buat penormalan kali gua jamin hasilnya beda... (padahal anies udah tau klo jakarta pasti banjir tapi g ada aksi prepare sama sekali)

pleae yah.. please... bagi yang dukung anies.. buka mata hati kalian... jgn cuma karena masalah agama terus pilih harus seiman.. please jakarta bukan tempat mainan, bukan tempat coba coba.. menyangkut hajat hidup orang banyak... please open mind kalian yang smart.... masa dengan semua kejadian ini kalian semua tetap denial dan tetap bersikukuh sih... sumpah gua khawatir bgt dengan jakarta saat ini
3
profile picture
kaskuser
26-02-2020 08:36
@mitra01 [mention]reaper_k1d[/mention] lah elu yang jadi bagian netijen yang benar dengan segala cuitannya bingung mau bantuin gimana.. apalagi dia yang dikatain gabener?
Wkwkwkw..
Udahlah tetep semangat ya tong. Moga banjir kali ini jadi banjir terakhir buat jakarta..
1
profile picture
kaskus maniac
26-02-2020 08:39
@bethique kalo ada salah harusnya ada solusi terkait, kalo cuma bilang oke masyarakat juga ada salahnya kenapa buang sampah sembarangan, lah pemda bikin aturan buang sampah sembarangan didenda dunk, ingat yg bikin negara singapur, jepang bersih itu peraturannya, bukan manusianya, orang indonesia kalo tinggal di luar negeri pun berubah jadi manusia yg taat aturan, karena aturan dinegeri lain itu jelas, diindo bangun rumah di bantaran sungai giliran digusur teriak2, gub skrg mana ada mau negakin hukum, gusur warga ya tersandera janji politik

Kalo pemerintahan skrg juga ada salahnya lalu kenapa agan komplain ketika ada masyarakat yg tidak senang dengan kinerja pemerintah? Ingat loh masyarakat yg komplain belum tentu adalah masyarakat yg ikut dalam lingkaran kesalahan penyebab banjir, tapi pemerintah yg dikomplain sudah pasti termasuk lingkaran kesalahan penyebab banjir
4
profile picture
kaskus addict
26-02-2020 08:40
@mitra01 @bethique ya selama pemilihnya gak mua buka mata hati kayak elu ya gak bakal selesai permasalahan tong
1
profile picture
kaskus maniac
26-02-2020 08:46
[mention]reaper_k1d[/mention]

Salah quote ko ampe berkali2 binggung deh gw emoticon-Mad
2
profile picture
kaskuser
26-02-2020 08:46
@mitra01
[mention]reaper_k1d[/mention]
Ane bingung napa dikira ane pemilih anis.

Btw. Agan salah kalo berpikir aturannya yang diperketat. Ane ngliat malah karena manusianya gan yang emang mau diatur. Manusianya yang mau sadar ma peraturan. Apa ada aturan pemerintah yang memerintahkan harus sopan ma orang yang lebih tua dijepang? Tapi kesopanan dijunjung tinggi. Ada aturan buang sampah, merokok dll.. manusianya mau menegakkan peraturan makanya peraturan jalan.
1
profile picture
kaskus maniac
26-02-2020 08:51
@bethique
Peraturan itu ada peraturan uu, ada peraturan adat, kalo sopan santun adalah peraturan adat yg dilestarikan secara turun temurun seperti org indonesia yg ramah ( bandingkan dengan negara lain ) jadi nga nyambung kalo sopan santun mau dibandingkan dengan buang sampah, coba agan buang sampah sembarang dinegera2 seperti singapur, buang ludah aza langsung diciduk polisi

Kalo manusia bisa ngatur dirinya sendiri dari jaman batu, nga perlu yg namanya agama, nga perlu adanya pemerintahan
1
profile picture
kaskus holic
26-02-2020 10:07
@mitra01 dia kebiasaan, tiap malem minggu juga salah jemput pacar sampe berkali kali emoticon-Mad
1
profile picture
kaskus holic
26-02-2020 11:38
@mitra01 @bethique betul pemerintah harus sinergi tolong itu anies dikasih tau diajak sinergi normalisasi sm kemen pupr harusnya senang bukan malah ngajak debat
1
profile picture
kaskus maniac
26-02-2020 11:46
[mention]reaper_k1d[/mention] gan di kaskus udah banyak yg bilang klo anies menghindari kebijakan gusur kayak gubernur sebelumnya... Makanya dia bisa dpt suara banyak yah karena penduduk tepian kali tersebut ngasih suara...

Lagian anies juga bukan tipikal yg berani konfrontasi langsung... Coba liat video rekaman himbauan pak anies pas banjir kemaren... Perhatikan mimik dan intonasi dia saat menyampaikan himbauannya...
2
profile picture
aktivis kaskus
26-02-2020 12:04
@mitra01 @bethique

Mikir ente salah bos.....yg dulu2 aja udah usaha mati2an masih banjir....lah yg skrg si wan abud ga ngapa2in...ya kelelep lah jakarta ... yg biasa banjir tahunan jafi banjir mingguan.
1
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia