Automotive
Batal
KATEGORI
link has been copied
80
Lapor Hansip
19-02-2020 12:27

Motor Balap GP Kawasaki Jadul, Mesinnya Aneh Banget Punya Konfigurasi V Kebalik

Motor Balap GP Kawasaki Jadul, Mesinnya Aneh Banget Punya Konfigurasi V Kebalik

Kawasaki gak pernah ikut MotoGP? Untuk saat ini memang pabrikan asal Jepang tersebut masih absen di dunia balap MotoGP, namun sebelumnya mereka pernah ikut kejuaraan grand prix di era 90an.

Jaman dulu teknologi motor balap memang masih berkembang dan bisa dibilang aneh-aneh. Contohnya seperti motor milik Kawasaki bernama GP250X-09 Racer ini. Dari namanya kita sudah tahu bahwa motor balap berikut mengusung kubikasi mesin 250cc, tapi biar begitu tenaga yang dapat dihasilkan dari mesin 2 tak tersebut sangat buas loh.

Awalnya Kawasaki merasa pada tahun 1988 silam perlu merombak motor mereka bernama Kawasaki KR-1 untuk dijadikan motor balap kelas sport fairing 250cc. Pembangunan motor balap ini konon dibilang sebagai proyek rahasia, sehingga mereka namakan proyek tersebut dengan kode X-09.

Motor Balap GP Kawasaki Jadul, Mesinnya Aneh Banget Punya Konfigurasi V KebalikMotor Balap GP Kawasaki Jadul, Mesinnya Aneh Banget Punya Konfigurasi V KebalikMotor Balap GP Kawasaki Jadul, Mesinnya Aneh Banget Punya Konfigurasi V Kebalik

Awalnya Kawasaki ingin menggunakan mesin berkonfigurasi twin parallel, namun keputusan tersebut dirubah karena di era motor balap ini dibuat trend mesin V-Twin sedang naik daun.

Namun sepertinya Kawasaki gak ingin tampil biasa, sehingga mereka membuat mesin konfigurasi V-Twin yang nyeleneh dengan membalik posisi mesin menjadi berbentuk A Twin.

Dua buah silinder yang bersebrangan ini posisinya dibalik, kepala mesin berada di bawah dengan konstruksi karburator yang ditempatkan di atas crankcase.
Model port intake dibuat langsung terbuka dan airbox terletak diantara frame menghasilkan resistensi asupan yang sangat rendah.

Motor Balap GP Kawasaki Jadul, Mesinnya Aneh Banget Punya Konfigurasi V KebalikMotor Balap GP Kawasaki Jadul, Mesinnya Aneh Banget Punya Konfigurasi V KebalikMotor Balap GP Kawasaki Jadul, Mesinnya Aneh Banget Punya Konfigurasi V Kebalik

Karena dijaman itu teknologi di motor masih sangat minim, maka area speedometer terdapat jarum tachometer dan layar digital kecil. Uniknya motor ini hanya menggunakan baterai yang ukurannya sangat kecil.

Kaliper rem pakai merk Nissin, kemudian shock depan model upside down lansiran Ohlins sedangkan master remnya pakai Brembo.

Tidak hanya shock depan saja yang pakai Ohlins, tapi shockbreaker belakang terlihat tabung bertuliskan Ohlins. Swingarm belakangnya keren juga ya, mirip seperti model banana tapi lebih tebal dan wana alumuniumnya kelihatan.

Motor ini pernah menorehkan prestasi terbaiknya oleh Trevor Crookes, yang finish ke-4 di lap 10 musim 1992.

Motor Balap GP Kawasaki Jadul, Mesinnya Aneh Banget Punya Konfigurasi V KebalikMotor Balap GP Kawasaki Jadul, Mesinnya Aneh Banget Punya Konfigurasi V KebalikMotor Balap GP Kawasaki Jadul, Mesinnya Aneh Banget Punya Konfigurasi V Kebalik

Gimana, unik banget ya mesin motor ini.

Referensi : pertamax7.com(14/2/2020).

profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 28 lainnya memberi reputasi
27
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Motor Balap GP Kawasaki Jadul, Mesinnya Aneh Banget Punya Konfigurasi V Kebalik
23-02-2020 00:34
keren bgt motor nyaemoticon-Belomatabeloemoticon-Matabelo
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia