Automotive
Batal
KATEGORI
link has been copied
26
Lapor Hansip
21-02-2020 13:35

Kenalan Sama Qooder, Motor Matik Empat Roda Pertama di Indonesia


Motor yang memiliki roda dua itu udah biasa GanSis. Bahkan motor dengan roda tiga bisa dibilang bukan lagi hal yang terlalu baru. Piaggio menjadi salah satu pabrikan yang pernah mengeluarkan motor roda tiga.

Mungkin yang gak biasa di mata kita adalah motor dengan jumlah roda ada empat. Aneh gak sih motor memiliki roda empat? (udah kayak mobil). Kalau hanya sekedar dibayangin sih bakalan telihat aneh GanSis. Tapi kalau udah liat langsung dan motor roda empat itu beneran ada, mungkin orang yang awalnya berpikir “aneh” akan berubah pikiran.

 Kenalan Sama Qooder, Motor Matik Empat Roda Pertama di Indonesia

Belum lama ini sebuah merek asal Swiss, Qooder, meluncurkan sebuah motor dengan roda empat . Motor ini udah dipasarkan di Indonesia oleh PT Gforce Republic (GR). Motor dipasarkan dengan harga Rp 375 juta.

Emang motornya kayak gimana Gan?

Qooder merupakan akronim dari “Quad Scooter” yang berarti motor skuter dengan empat roda. Karena memiliki roda empat, tampilan motor ini dibuat agak lebar untuk mengakomodasi sepasang roda di depan dan belakang. Jarak antar roda adalah sekitar 550 mm.

Lampu utama motor ini terdiri dari dua bagian, yakni kiri dan kanan. Lampu ini udah dipasangkan projector untuk lampu dekat. Sedangkan untuk lampu jauh, pabrikan masih menggunakan lampu halogen biasa. Untuk lampu sein, Qooder dipasangkan sein yang udah LED.

Jika memlihat dari samping, motor ini terlihat lebih sporty karena sudut tajam dan garis body yang tegas. Kesan sporty juga tergambar dari ukuran velg yang digunakan, yakni ukuran 14 inci.

Desain gambot menjadi identitas dari motor ini. Sekilas mungkin terlihat mirip dengan salah satu skuternya Honda, ATV. Motor ini memiliki ukuran yang cukup besar, panjang 2.200 mm, lebar 840 mm, dan tinggi 1.360 mm. Sementara tinggi joknya sekitar 780 mmdan wheelbase – nya 1.580 mm. Meskipun joknya tinggi, tapi pengendara gak usah takut, karena motor ini punya empat roda yang gak meharuskan kita untuk napak di jalan.

Panel instrumen yang digunakan di motor ini terbilang premium GanSis. Di sini terdapat beberapa informasi, seperti odometer, Trip A, Trip B, check engine, indikator service, jam, suhu sekitar, suhu mesin, dan informasi bahan bakar. Menariknya, disini juga terdapat tachometer yang biasanya cuman ada di motor sport.

Untuk urusan suspensi, Qooder dibekali dengan fitur HTS (Hydraulic Tilting System) yang udah dipatenkan oleh Qooder. Suspensinya menggunakan sistem udara dan oli.

 Kenalan Sama Qooder, Motor Matik Empat Roda Pertama di Indonesia

Keempat suspensi dari motor ini bekerja sendiri – sendiri. Yang artinya, tiap – tiap suspensi akan mengayun sesuai dengan hentakan atau karakter jalan.

Dari sisi dapur pacu, Qooder menggunakan mesin berkapasitas 399cc, SOHC, 1-silinder, 4-tak, berpendingin cairan dan berpengabut injeksi. Motor ini sanggup menghasilkan tenaga maksimal 32,5 daya kuda (dk) pada 7.000 rpm dan torsi puncak 38,5 Nm pada 5.000 rpm. Output tersebut disalurkan pada penggerak CVT.

Qooder dibekali cakram di masing-masing rodanya. Artinya motor ini punya 4 cakram berdiameter 240 mm dengan piringan bergerigi mirip cakram bermodel wave.

Mekanisme pengeremannya ada tiga cara. Pertama handle rem sebelah kanan berguna untuk pengereman depan. Handle sebelah kiri bersifat combi brake yang akan menghentikan laju semua roda secara bersamaan.

Nah terakhir, rem kaki pada bagian dek sebelah kanan. Sistem kerja sama seperti handle rem sebelah kiri. Nah kedua pengereman ini juga berfungsi sebagai penyeimbang agar motor tak terjungkal. Jadi ketika berhenti sementara, tak perlu menggunakan tuas HTS.


 

 


profile-picture
profile-picture
profile-picture
lina.wh dan 3 lainnya memberi reputasi
4
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Kenalan Sama Qooder, Motor Matik Empat Roda Pertama di Indonesia
22-02-2020 23:00
Hahaha kira-kira bisa lewat jalan tol ngga yaa
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia