News
Batal
KATEGORI
link has been copied
279
Lapor Hansip
19-02-2020 12:44

Siap-Siap! Sri Mulyani Bakal Tarik Cukai dari Motor-Mobil

Siap-Siap! Sri Mulyani Bakal Tarik Cukai dari Motor-Mobil

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengajukan pengenaan beberapa produk kena cukai ke Komisi XI DPR, Rabu (19/2). Salah satu barang yang akan kena cukai adalah kendaraan bermotor khususnya kendaraan yang masih mengeluarkan emisi CO2.

Ketentuan yang akan diatur adalah, dikecualikan pada kendaraan:

- Kendaraan yang tak menggunakan BBM seperti kendaraan listrik
- Kendaraan umum, kendaraan pemerintah, kendaraan keperluan khusus seperti ambulan dan damkar
- Kendaraan untuk kebutuhan ekspor

Ketentuan pengenaan cukai akan dikenakan kepada pabrikan di dalam negeri dan kepada para importir. Namun, karakter pengenaan cukai pada umumnya, beban cukai itu akan diteruskan kepada konsumen yang membelinya.


Berdasarkana bahan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang diterima CNBC Indonesia, belum ada besaran tarif yang diusulkan. Besaran tarif dapat berubah tergantung tujuan dari kebijakan pemerintah.

Pihak kemenkeu hanya menyatakan "Tarif cukai advalorum dan atau spesifik multi tarif berdasarkan emisi CO2 yang dihasilkan dan aspek keseimbangan dan keadilan"

Bagaimana cara pembayaran? berdasarkan dokumen tersebut diusulkan pembayaran berlaku secara berkala, dibayarkan setiap bulan.

"Tarif cukai kendaraan bermotor dapat ditetapkan dengan memperhatikan emisi CO2 yang dihasilkan yang dikombinasikan dengan parameter yang menggambarkan tingkat kemewahan untuk keseimbangan dan keadilan," jelas dokumen tersebut


sumur

https://www.cnbcindonesia.com/news/2...ri-motor-mobil
profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 18 lainnya memberi reputasi
17
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Siap-Siap! Sri Mulyani Bakal Tarik Cukai dari Motor-Mobil
21-02-2020 23:08
Quote:Original Posted By Jiuhere
@carlito256gmail Iya gan, memang gabisa 1 1 perubahannya, negara kita ini negara terlanjur, mau perubahan serempak dan masif ga bisa, mau ban kendaraan pribadi roda 2, udah terlanjur mesra sama pabrikan jepang dan eropa, mau fokus transportasi umum kek MRT sama trans, udah terlanjur bangga dan hore2 dengan perusahaan e-transport berbasis startup macam gojek/grab. susah. mreka ga mungkin asal terima, apalagi punya power.


Gojek ini potensiny sebenerny besar sih
Bisa jadi pengganti MRT
Asal harganya masuk aja

Nah oertanyaannya.harga skrg aja investor subaidi
Bsk kalo ga d subsidi kaga tau deh brp
0 0
0
profile picture
kaskuser
22-02-2020 09:11
nah makanya, skrg harga subsidi karna program pemerintah yang unicorn itu, mreka dapet guyuran dana rutin dari investor luar. ya tinggal bayangin aja nanti satu per satu tumbang, sisa 1 atau maksimum 2 perusahaan ojol di indo, promo/voucher mungkin masi ada, tapi ga sebesar penawaran skarang, dan harga tanpa subisidi, mungkin kalau diperkirakan bisa melebihi harga naek trans/angkutan umum/MRT/KRL.

Memang sih potensinya besar, cuma kita belum ngerasain saat nanti udah terjadi monopoli aja. Ibarat PUBG, nunggu chicken dinner.
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia