News
Batal
KATEGORI
link has been copied
279
Lapor Hansip
19-02-2020 12:44

Siap-Siap! Sri Mulyani Bakal Tarik Cukai dari Motor-Mobil

Siap-Siap! Sri Mulyani Bakal Tarik Cukai dari Motor-Mobil

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengajukan pengenaan beberapa produk kena cukai ke Komisi XI DPR, Rabu (19/2). Salah satu barang yang akan kena cukai adalah kendaraan bermotor khususnya kendaraan yang masih mengeluarkan emisi CO2.

Ketentuan yang akan diatur adalah, dikecualikan pada kendaraan:

- Kendaraan yang tak menggunakan BBM seperti kendaraan listrik
- Kendaraan umum, kendaraan pemerintah, kendaraan keperluan khusus seperti ambulan dan damkar
- Kendaraan untuk kebutuhan ekspor

Ketentuan pengenaan cukai akan dikenakan kepada pabrikan di dalam negeri dan kepada para importir. Namun, karakter pengenaan cukai pada umumnya, beban cukai itu akan diteruskan kepada konsumen yang membelinya.


Berdasarkana bahan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang diterima CNBC Indonesia, belum ada besaran tarif yang diusulkan. Besaran tarif dapat berubah tergantung tujuan dari kebijakan pemerintah.

Pihak kemenkeu hanya menyatakan "Tarif cukai advalorum dan atau spesifik multi tarif berdasarkan emisi CO2 yang dihasilkan dan aspek keseimbangan dan keadilan"

Bagaimana cara pembayaran? berdasarkan dokumen tersebut diusulkan pembayaran berlaku secara berkala, dibayarkan setiap bulan.

"Tarif cukai kendaraan bermotor dapat ditetapkan dengan memperhatikan emisi CO2 yang dihasilkan yang dikombinasikan dengan parameter yang menggambarkan tingkat kemewahan untuk keseimbangan dan keadilan," jelas dokumen tersebut


sumur

https://www.cnbcindonesia.com/news/2...ri-motor-mobil
profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 18 lainnya memberi reputasi
17
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Siap-Siap! Sri Mulyani Bakal Tarik Cukai dari Motor-Mobil
20-02-2020 14:42
Quote:Original Posted By gojira48




Iya aja deh boss...

Biar lu seneng. Pikiran gue lu anggep salah, ya silahkan aja.

Gw jg ga punya kewajiban utk meluruskan pikiran lu soal nasionalisme vs duit ini.
Terserah lu aja.

Yah..
Siapa tau besok lu punya rejeki banyak dan umur panjang, punya pabrik dan duit banyak.

Sementara kondisi ekonomi negara tempat lu bernaung ini, kena gonjang-ganjing dan kesulitan yg mengancem kestabilan usaha lu,

Barulah bs dibuktikan nanti, apakah orang semacem lu akan ttp bertahan dgn pendapat spt ini, atau bersikap realistis dan menyelamatkan aset.

So, good luck with you opinion


ane nyontoin ke karakter pengusaha jepang ama jerman aja ya yang punya nasionalis tinggi ama bangsa dan negaranya, bahkan pengusaha israel aja (yahudi) nggak pernah lupa grass root nya dari mana, sorry yang bilang nasionalis vs duit itu cuma orang yang nggak punya pijakan kaki dimana mesti berada dengan kata lain nggak punya bangsa dan tanah air hanya bisa melayang-layang di tanah air orang lain
..kalo pengusaha atau konglomerat dari bangsa sendiri setidaknya tidak akan berpikir untuk kabur seumur hidup
0 0
0
profile picture
kaskus addict
20-02-2020 19:46
Sebelum bilang nasionalis,
Alangkah baiknya dicari tahu penyebab kenapa pengusaha gak nasionalis.



Kalau mau babdingkan ke Jerman dan Idrael atau Jepang,bandingkanlah apa yg Jerman,Israel,Jepang kasih ke rakyatnya.

Pijakan? Tanyalah dengan orang aceh dan NTT arti pijakan,jangan tanya PNS,PNS tentunsaja nasionalis.


1
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia