Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
66
Lapor Hansip
18-02-2020 14:28

8 Cara Meningkatkan Kualitas Komunikasi bagi Pasangan Long Distance Relationship

WELCOME TO RINZIERO'S OFFICIAL THREAD



8 Cara Meningkatkan Kualitas Komunikasi bagi Pasangan Long Distance Relationship



Valentine’s day baru lewat beberapa hari. Tapi, posting thread ane masih bertema kasih sayang karena menunjukan kasih sayang tidak terbatas pada satu hari saja, kan?


Lagipula mendapatkan cinta hanya perkara sesaat, sedangkan mempertahankan cinta merupakan suatu proses panjang dan terus-menerus bersama pasangan.


Gak heran ada pepatah:
“Mempertahankan jauh lebih sulit daripada mendapatkan.”
Setuju? Prinsip dalam mempertahankan hubungan sama dengan menjaga komunikasi antara dua belah pihak.



Quote:
Your Communication = Your Relationship




Faktanya, masalah komunikasi menjadi hal yang tak bisa dihindari dari sebuah hubungan. Terutama, untuk pasangan Long Distance Relationship alias LDR.



Tergantung kondisi dan seberapa jauh jarak yang memisahkan, banyak LDR couples hanya bisa bertemu sekali dalam seminggu, sebulan, bahkan setahun! Belajar berkomunikasi satu sama lain gak hanya membantu ‘memotong’ jarak diantara kalian, tapi sangat berguna bagi hubungan kalian di masa depan hingga ke jenjang selanjutnya saat dipersatukan selamanya dalam ikatan pernikahan.


Jadi, coba ajak pasangan ente melakukan 8 hal berikut sebagai “Latihanan berkomunikasi” supaya emoticon-heart kalian semakin hidup dan kuat walau jarak memisahkan.



Cekidot! emoticon-Angkat Beer


emoticon-Coolemoticon-Cool emoticon-Cool



Quote:1. Jadwalkan “Together Time” secara Rutin 


8 Cara Meningkatkan Kualitas Komunikasi bagi Pasangan Long Distance Relationship



Timing problem atau perbedaan jadwal cenderung jadi hal krusial bagi pasangan LDR. Walau pahit, itulah kenyataannya. Tidak ada solusi singkat bagi masalah “Gak ada waktu” ini. Tidak bisa dipungkiri, kita semua punya kesibukan masing-masing. Kunci untuk mengatasi masalah ini yaitu menyepakati suatu periode waktu dalam sehari bagi kalian untuk saling bertukar kabar. Lalu, konsisten untuk saling menghubungi di waktu tersebut, sampai hal ini jadi sebuah kebiasaan (habit). Layaknya ente lakukan kegiatan lain seperti mandi, gosok gigi, dan makan. Jadikan pasangan sebagai prioritas No #1 di rentang waktu yang telah disepakati itu.

Mendadak gak bisa together time sama si bebeb? Kirim aja video.
Jika ada hal mendadak terjadi saat together time kalian (dan pasti akan terjadi, that’s life!), dan ente gak bisa secara live nelpon atau video call-an, kirimi saja dia video yang sudah direkam sebelumnya.
Misalnya, kirim voice note uneg-uneg ente saat meeting, atau video suasana café tempat ente meeting sama klien. Apapun hal random yang biasa ente share ke pasangan, bisa ente kirim ke doi.



Quote:2. Beri Perhatian Melalui Paket Kejutan   


8 Cara Meningkatkan Kualitas Komunikasi bagi Pasangan Long Distance Relationship


Ada kesenangan tersendiri dalam komunikasi online; bertukar meme, gifs lucu, dan selfie tentu sangat seru. Tapi, tantangan terbesar dalam LDR adalah kurangnya physical connection. Saat tidak ada kesempatan untuk memberikan perhatian dengan hadir secara fisik, memberikan perhatian lewat paket hadiah bisa jadi alternative terbaik. Tapi ngasih apa ya?


Hal-hal sederhana yang menjadi hobi, kesukaan, atau kebiasaan si doi bisa dijadikan hadiah. Kalau sista tau si doi suka brewing kopi di kantor, berbagai jenis bubuk kopi kesukaan dia pasti bisa jadi hadiah yang tepat yang membuat harinya cerah seharian. Atau teringat curhat cewe ente yang akhir-akhir ini sering pegal karena kelamaan lembur dan duduk di depan laptop? Bantal leher, koyo/balsam, dan suplemen/vitamin C ditambah sepucuk surat berisi kata-kata penyemangat dijamin akan membuat dia luluh sambil tersipu.


Barang yang bisa mengingatkan dia pada ente juga cocok dipaketin biar hubungan makin lengket. Misalnya, Mug/tumbler bergambar foto kalian berdua atau album foto berisi kenangan saat kalian masih sama-sama duduk di SMA dulu. So sweet!
Apalagi saat paketnya sampai di timing yang tepat, dijamin si doi semakin berbunga dan sayang sama ente.


Quote:*)Cari tau dulu:
Dimana ente bisa beli barang-barang itu di daerah pasangan ente tinggal?
Gimana cara kirim paketnya? Apakah di tempat dia tinggal, ada G*send?




Quote:3. Be Creative and Spontaneous  


8 Cara Meningkatkan Kualitas Komunikasi bagi Pasangan Long Distance Relationship


Cara ini akan melengkapi jadwal “Together time” ente di poin pertama. Coba deh cara-cara berkomunikasi yang fun atau dengan mendownload beberapa aplikasi untuk LDR couples seperti:

LokLok; ente bisa saling mengirim doodles (coret-coretan yang ente buat) ke screen handphone pasangan ente
Couple; ThumbKiss nya bikin kangen ente terobati. Fitur ini membuat ente dan doi bisa menyentuh satu titik yang sama di layar handphone. Handphone ente yang bergetar berarti ente dan doi memegang titik yang sama di saat berbarengan. Seolah-olah ente saling sentuh gitu, deh.

Quote:Gak ada angin gak ada hujan, coba deh kirim ini ke cewe ente
emoticon-Blue Guy Smile (S) Kamu lagi sibuk gak?
emoticon-Kiss (S) Enggak kok. Kenapa?
emoticon-Blue Guy Smile (S) Coba deh kamu buka hape kamu?

*Tuing! Muncul gambar foto jadul dia dan ente pas masih culun-culunnya*
Lalu kasih caption: I will always love you then, now, and forever

emoticon-Kiss (S) Gombal ah, lu
emoticon-Blue Guy Smile (S) Tapi, kamu cinta kan?




Quote:4. Jalan-jalan atau NgedateBareng  


8 Cara Meningkatkan Kualitas Komunikasi bagi Pasangan Long Distance Relationship



Nah, saat kalian berdua mempunyai waktu luang dan bisa together time dalam durasi lama, ada baiknya kalian keluar ngedate, deh. Lho, gimana caranya gan? Kan aku disini dan kau disana. Terpisah samudera dan benua. Bener, kalian mungkin terpisah ratusan kilometer jauhnya, tapi gak berarti kalian gak bisa have fun barengan emoticon-Big Grin

Selama perbedaan Zona waktu kalian tidak begitu drastis, kalian bisa jalan-jalan di taman dekat lingkungan tempat tinggal masing-masing di waktu bersamaan, dan saling video call menunjukan lokasi kalian sedang berjalan-jalan. Saat ente dan pasangan saling berbagi momen bersama, hal ini bisa menjadi simulasi pergi dating bareng pasangan. Walau terbatas pada layar smartphone, koneksi antara kalian bisa menguat karena ada perasaan saling terhubung saat melihat pasangan ‘hadir’ disana untuk ente.
emoticon-Peluk 



Quote:5. Prioritaskan Video Calldaripada Chatting   


8 Cara Meningkatkan Kualitas Komunikasi bagi Pasangan Long Distance Relationship


Dari poin pertama, ane mostly menyarankan Video Call atau minimal Telepon sebagai media berkomunikasi bagi pasangan LDR. Tentu saja, chatting lebih simple dan praktis. Lebih irit juga karena hemat kuota internet. Padahal, kalau ente pakai provider yang tepat, kehabisan kuota gak akan jadi masalah lagi buat ente.


Bahayanya lagi, chatting membuka pintu kesalahpahaman dan kebingungan. Siapa yang bisa memastikan seseorang benar bahagia saat dia mengirimkan teks “Wkwkwk” atau emoticon emoticon-Big GrinPesan “Oke, aku pergi sekarang ya.” mungkin terksesan biasa saja. Tapi, bila diucapkan secara langsung oleh orang bersangkutan, mungkin ada intonasi tinggi karena marah atau ekspresi kesedihan disitu. Mungkin juga, ente bertanya-tanya kenapa setiap doi membalas chat ada jeda yang cukup lama. Dia lagi marah ya?


Jadi, buat yang lagi LDR, gak ada cara komunikasi lain sebaik video call, atau percakapan via telepon. Intinya, supaya kalian bisa saling mendengar suara satu sama lain.


So, ente pastinya butuh jaringan Super 4G cepat yang bisa mendekatkan doi nun jauh disana dan tentunya gak berat di ongkos. Ente bisa pilih Smartfren sebagai provider andalan. Gak bikin kantong kempes, malah bisa bikin ente menang undian Rumah Milyaran buat modal membangun bahtera rumah tangga. Cie cie. emoticon-Kiss

Yang boneng, gan? Yup, selain telponan dan video-call an, ente bisa mengumpulkan #Smartpoin untuk ditukarkan berbagai deals dan voucher menarik. #Smartpoin juga bisa ente gunakan buat ikutan undian #SmartfrenWOW dan berkesempatan menang Rumah, mobil, motor, smartphone Samsung, dan banyak hadiah keren lainnya. Periode undian #SmartfrenWOW masih berlangsung sampai akhir bulan Februari ini, lho guys. Cek programnya disini
Sumur, gan
Bisa bikin #HepiTerus kontekan sama doi dong, nih! 


 


Quote:6. Talk about EVERYTHING   


8 Cara Meningkatkan Kualitas Komunikasi bagi Pasangan Long Distance Relationship


Keterbukaan adalah kunci.


Misalnya, beberapa hal memaksa ente melewatkan “together time” bareng doi. Saat doi menghubungi ente, ente harus jujur mengenai apapun hal yang membuat ente tidak bisa berbicara dengannya. Bahkan saat ente terlalu sibuk untuk menjelaskan, setidaknya berilah kabar satu atau dua kalimat singkat via chat. Tentu di saat lebih senggang, ente harus ingat untuk balik menghubungi doi dan bercerita tentang apa yang sedang ente alami.


Talk about everything with your partner. Basa-basi ringan memang penting sebagai bumbu hubungan. Tapi, bukan berarti setiap video call-an kita cuma bercanda atau bergossip saja karena malas bahkan menghindari topik ‘serius’. Kalau ente ada masalah pelik atau butuh didiskusikan dengan pasangan, bahas saja dahulu via telepon atau video call. Apalagi mengenai hal-hal atau keputusan yang mempengaruhi si doi dan hubungan ente, sebaiknya jangan ente sembunyikan karena malah akan menjadi bola salju yang saat sudah terlalu besar bisa merusak hubungan ente.


Buat yang masih tahap pacaran, belajar saling terbuka ini penting banget, loh. Ini bisa jadi clue bagi masing-masing pihak untuk megenal dan menilai bagaimana karakter pasangannya dalam menghadapi berbagai situasi hidup.
Toh, saat menikah nanti, suami/istri ente yang akan menjadi sahabat seumur hidup ente dalam melewati suka maupun duka kan? emoticon-Kimpoi


 


Quote:7. Listen to EVERYTHING    


8 Cara Meningkatkan Kualitas Komunikasi bagi Pasangan Long Distance Relationship


Menjadi pendengar aktif

Bukan hanya sekedar mendengar, tapi taruhlah perhatian penuh saat pasangan ente berbicara. Saat ente sudah bisa terbuka dengan pasangan dan nyaman bercerita apapun, bahkan hal remeh-temeh atau hal memalukan, secara timbal balik ente pun harus membuat pasangan ente nyaman bercerita kepada ente. Menjadi pendengar berarti yang mempunyai porsi berbicara lebih banyak adalah pasangan ente. Cobalah untuk tidak menggeser focus pembicaraan atau malah berganti topic menjadi cerita tentang diri ente sendiri. Perhatikan dan pahami apa yang doi katakan. Buatlah dia merasa didengarkan dan dicintai saat menceritakan isi hatinya pada ente.


Listen to everything he/she told to you. Entah itu tentang bos galaknya, ujian akhirnya yang susah, bahkan keluhan doi yang jadi jerawatan karena PMS. Coba tirukan apa yang pasangan ente katakan, respons pernyataannya, tenangkan dia, dan dorong dia untuk bercerita lebih banyak.


Quote:“Sakit ya, beb? Semoga cepet sembuh ya.”

“Jerawatan nyebelin banget yah. Tapi gapapa beb, kamu tetep cantik kok.”

“Jadi, gimana respons bos kamu setelah kamu kasih revisinya?”



 


Quote:8. Diskusikan Waktu untuk Saling Bertemu


8 Cara Meningkatkan Kualitas Komunikasi bagi Pasangan Long Distance Relationship



Last but not least, sebagai couple kalian pasti merindukan momen saling menatap mata satu sama lain dan mengenggam tangannya erat. Azhek! Bagi hampir semua LDR couples, yang membuat Long Distance Relationship tetap bisa menarik dan bisa bertahan adalah perasaan ‘mengharapkan’ dan berbahagia saat mengetahui kalian sebentar lagi akan bertemu secara langsung, melepaskan rindu yang tertahan jarak. Kesibukan, waktu, kemampuan finansial setiap pasangan mungkin bervariasi, tapi cobalah rencanakan kunjungan di akhir pekan, atau liburan singkat bersama. Entah LDRan kalian cuma sebatas 2 jam perjalanan kereta atau bahkan 4 jam penerbangan, ente dan yayang ente harus saling mendiskusikan rencana ketemuan ini. emoticon-Ngacir2 



Meskipun banyak rintangan, bukan berarti jarak bisa memisahkan jalinan cinta yang telah kalian bangun. Malahan, banyak hal paling sederhana akan menjadi hal ter-manis bagi kalian; saling berpegangan tangan, makan bareng di meja yang sama, saling bersentuhan lembut, jalan berdampingan, atau merasakan wanginya rambut pasangan dan harum parfumnya.

8 Cara Meningkatkan Kualitas Komunikasi bagi Pasangan Long Distance Relationship



Ane akui, tidak ada LDR yang mudah. Dipisahkan oleh jarak dan waktu memang sulit. Tapi percayalah, menjaga hubungan dengan cara saling menjalin komunikasi intens akan membuat kalian makin saling memahami sehingga ikatan diantara kalian semakin kuat. Dan lihatlah, cinta diantara kalian akan membawa kejutan dan kebahgiaannya tersendiri. emoticon-Kimpoi

Fighting, para pejuang LDR!


***



Ditunggu juga Komen & Cendolnya, GanSis

GIF



"I can't wait for the day when I don't have to go Online to be with you."


emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star

written by: Rinziero
pic source: Om Google



emoticon-Kaskus Lovers




Quote:Baca juga Hot Thread Ane yg lainemoticon-2 Jempol


HT #1 Wajib Dicoba, 6 Aplikasi Edukatif Seru ini bisa bikin Lo tambah Smart



HT #2 4 Menu Hidangan Lebaran Inspiratif, Anti Mainstream yang Patut Dicoba



HT #3 7 Tips Ampuh untuk Millenials supaya Berhasil Mengelola Keuangan Sejak Muda



HT #4 Siap Rebut Pasar, Inilah 7 Smartphone China Kualitas Premium Terbaik di tahun 2019



HT #5 7 Lagu Lawas Indonesia Ini Gambarkan Perasaan Ente yang Masih Sering Ingat Mantan



HT #6 4 Biaya yang Harus Kamu Kontrol supaya Gaji Tidak Habis di Akhir Bulan


emoticon-floweremoticon-floweremoticon-floweremoticon-heartemoticon-heartemoticon-heartemoticon-heartemoticon-heartemoticon-floweremoticon-floweremoticon-flower

Diubah oleh Rinziero
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Daniswara92 dan 10 lainnya memberi reputasi
9
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
8 Cara Meningkatkan Kualitas Komunikasi bagi Pasangan Long Distance Relationship
18-02-2020 14:47
8 Cara Meningkatkan Kualitas Komunikasi bagi Pasangan Long Distance Relationship

emoticon-Sorry
0 0
0
profile picture
kaskus addict
18-02-2020 14:50


Ane tandain dulu emoticon-Wow emoticon-Wakaka
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia