others
Batal
link has been copied
51
Lapor Hansip
17-02-2020 16:13

Yuk, Pelajari Cara Mengolah Cerita Fiksi yang Menarik dari K-Movie Berikut Ini!

Yuk, Pelajari Cara Mengolah Cerita Fiksi yang Menarik dari K-Movie Berikut Ini!

Hai Gansis, apa kabar? Masih suka hal-hal yang berbau kekoreaan, bukan? Kalau ane paling suka dengan K-Movie-nya, karena porsi penyajiannya itu pas banget, baik dari segi feel, humor, terus ide-idenya juga selalu menarik, dan tak lupa plot twist itu lo, yang semakin membuat filmnya susah dilupakan. Misalnya beberapa film yang pernah ane tonton berikut ini:

1. Miracle in Cell No. 7

Quote:Yuk, Pelajari Cara Mengolah Cerita Fiksi yang Menarik dari K-Movie Berikut Ini!
sumber gambar

Film yang dirilis tahun 2013 ini bercerita tentang kasih sayang seorang ayah pada anaknya. Hanya saja tokoh ayah di sini mempunyai keterbelakangan mental.

Ceritanya dibagi menjadi dua setting, diawali ketika sang ayah berada pada posisi dan waktu yang salah saat ada seorang anak tiba-tiba ditemukan meninggal. Sialnya, ia yang difitnah membunuh anak tersebut. Lalu, dijebloskanlah ke dalam penjara.

Adegan demi adegan mengharukan ditampilkan saat teman-teman satu selnya berusaha mempertemukan sang ayah dengan putri kecilnya. Hingga berbagai trik mereka menyelundupkan dan menyembunyikan si putri ke dalam sel mereka, agar ayah dan anak ini bisa bersama-sama lagi. Walau akhirnya kebersamaan itu berakhir tragis.

Setting berikutnya menampilkan si putri kecil tadi yang telah menjelma menjadi pengacara. Dan cerita awal tadi ternyata adalah flash back masa kecilnya. Nah, dari sini kita bisa belajar alur mundur dari sebuah cerita. Tak lupa juga twist ending di film ini, tentang siapa sebenarnya pembunuh anak kecil yang menyebabkan ayah dan putrinya ini harus berpisah dan mengalami nasib pilu.

2. Secretly, Greatly

Quote:Yuk, Pelajari Cara Mengolah Cerita Fiksi yang Menarik dari K-Movie Berikut Ini!
sumber gambar

Film yang diperankan oleh Kim Soo-hyun ini mengambil latar cerita tentang perselisihan Korea Selatan dan Korea Utara. Sebenarnya ide penyusupan agen Korut ke Korsel sudah sangat sering dipakai, sih. Namun, yang membuat menarik adalah karakter tokoh di film ini.

Cerita diawali dengan penampilan tokoh utama--Dong-Gu--seorang idiot yang bekerja sebagai penjaga toko di pinggiran kita Soul. Karena dianggap bodoh, ia kerap dibully tetangganya. Tak jarang juga dibohongi oleh pelanggan tokonya. Namun, secara mengejutkan, sedikit demi sedikit jati diri Dong-Gu dibuka. Ternyata ia adalah seorang perwira yang sangat terlatih. Dong-Gu dan beberapa orang di kampung tersebut adalah agen Korut yang disusupkan ke Korsel untuk misi yang tidak jelas.

Setiap karakter dan konflik dalam cerita ini sangat kuat. Peralihan karakter Dong-Gu dari seorang idiot ke perwira tentara cukup berhasil, tidak ada plot hole. Dibumbui dengan komedi, action, juga sedikit roman membuat kisah film ini semakin manis. Fakta demi fakta yang diungkap tanpa terburu-buru pun, membuat kita (penonton) semakin tertarik mengikuti jalan cerita hingga akhir.

3. Luck Key

Quote:Yuk, Pelajari Cara Mengolah Cerita Fiksi yang Menarik dari K-Movie Berikut Ini!
link gambar

Ide cerita dari film yang dirilis tahun 2016 ini cukup unik. Seorang aktor figuran yang tak terlalu sukses berkarier, merasa frustasi dan ingin bunuh diri. Namun, sebelum melakukan niatnya, ia ingin mandi sauna terlebih dahulu di tempat pemandian umum.

Di sana ada banyak pelanggan, salah satunya seorang pembunuh bayaran. Lalu, terjadi insiden di mana si pembunuh bayaran ini terpeleset dan kunci lokernya terjatuh di dekat sang aktor figuran.

Entah apa yang ada di pikiran sang aktor, tiba-tiba saja ia menukar kunci lokernya dengan kunci si pembunuh bayaran. Nah, dari sinilah kehidupan mereka bertukar tempat. Si pembunuh bayaran yang amnesia harus menjalani identitas sebagai artis figuran yang tak sukses tersebut.

Bisa dibayangkan dari profesi mereka yang sangat jauh berbeda, konflik yang dimainkan menjadi seru. Bagaimana sang aktor memenuhi permintaan para klien untuk menghabisi lawan bisnisnya, dan si pembunuh bayaran harus berakting di depan kamera. Tentu saja cerita ini berkembang menjadi sangat lucu dan menarik, bukan?

4. The Beauty Inside

Quote:Yuk, Pelajari Cara Mengolah Cerita Fiksi yang Menarik dari K-Movie Berikut Ini!
link gambar

Menurut  ane, ini adalah satu film Korea yang idenya cukup liar, antimainstream. Pernahkan sesekali kita merasa ingin jadi orang lain, merasakan hal berbeda, yang lebih seru, lebih menantang, dan lebih beruntung?

Nah, dalam film ini diceritakan, seorang tukang mebel yang mempunyai pengalaman menjadi orang lain setiap hari. Kok bisa? Iya, setiap bangun tidur di pagi hari, ia akan menjadi orang yang berbeda. Benar-benar menjadi orang lain dalam arti yang sesungguhnya. Ia bisa menjadi seorang gadis, kakek-kakek, wanita paruh baya, pria tampan, orang gemuk, bahkan anak-anak. Lucu, ya?

Ide tak biasa ini tentu saja harus ditata secara matang alur ceritanya, agar tidak menjadi plot hole dan tetap bisa masuk akal dalam cerita ini. Di sini penulis menceritakan kenapa si tokoh bisa mengalami hal demikian, yaitu mengalami semacam kutukan turunan. Ini bisa menjadi konflik yang seru, misalnya bagaimana ia menjalani situasi dan kondisi berubah-ubah terus. Juga saat si tokoh ini mulai menyukai seseorang. Ceritanya benar-benar menjadi sangat menarik.

Itulah Gansis, contoh pengembangan sebuah ide menjadi cerita menarik, dengan mempelajari alur yang dipakai, penokohan yang kuat, konflik yang seru, juga pesan moral yang bisa disisipkan dari sebuah cerita. Demikian pula mengatur plot twist sebuah cerita, mengungkapkan fakta demi fakta. Semua bisa kita pelajari dengan menonton K-Movie ini.

Demikian thread ane kali ini. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di thread ane lainnya.

emoticon-Menang

Sumber: opini pribadi, link link link link
Diubah oleh InaSendry
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 12 lainnya memberi reputasi
13
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Yuk, Pelajari Cara Mengolah Cerita Fiksi yang Menarik dari K-Movie Berikut Ini!
18-02-2020 10:37
Quote:Original Posted By adolfsbasthian
22 aktor/aktris berperan sebagai 1 karakter...
:goyang


Iya. Konon melibatkan artis ternama juga ye, gan?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia