News
Batal
KATEGORI
link has been copied
162
Lapor Hansip
14-02-2020 00:16

Sebut di Ciamis Tidak Ada Kerajaan, Ini Penjelasan Ridwan Saidi

Sebut di Ciamis Tidak Ada Kerajaan, Ini Penjelasan Ridwan Saidi

Ciamis - Budayawan Betawi Ridwan Saidi menjelaskan terkait pernyataan yang menyebut di Ciamis tidak ada kerajaan. Pernyataannya itu kini menjadi polemik di masyarakat.
Menurutnya salah satu indikator pernah berdiri sebuah kerajaan dilihat dari faktor ekonomi. Pasalnya hal itu adalah penunjang penghasilan kerajaan. Contohnya saja emas.

"Apakah ada di situ (Ciamis) emas (tambang emas) ?" ucapnya saat dihubungi, Kamis (13/2/2020).

Dia mengungkapkan, kerajaan di Jawa Barat yang memiliki emas hanya Kerajaan Sunda, Pakuan dan Sumdang. Sementara di Ciamis tidak ada tambang emas.

Kemudian indikator lainnya adanya pelabuhan komersil yang bisa menunjang ekonomi kerajaan. Menurut Ridwan dua indikator itu tidak ada di Ciamis

"Jadi harus bicara indikator ekonomi dulu. Jadi sekarang kalau berbicara kerajaan kalau enggak ada penghasilan, lalu bagaimana menghidupkan kerajaan? Caranya bagaimana? Itu menurut pemikiran saya, kalau menunjukan bukti cuma keris saja bagaimana membuktikan kalau kerajaan itu ada," katanya.

Terkait dua situs peninggalan sejarah di Ciamis yang ada saat ini, seperti Situs Ciung Wanara Karangkamulyan dan Astana Gede Kawali, kata Ridwan bukan menjadi bukti adanya kerajaan. Dia menjelaskan Astana Gede memiliki arti pusat kota baru yang besar sedangkan Karangkamulyan artinya tempat tinggal terhormat.

"Itu namanya astana gede artinya astana itu pusat kota baru, jadi itu bukan kerajaan. Karangkamulyan itu tempat tinggal terhormat artinya. Sama juga di Jakarta ada karang tengah, karena karang artinya tempat tinggal," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Budayawan Ridwan Saidi kembali menjadi sorotan. Setelah sebelumnya sempat menyebut Sriwijaya dan Tarumanegara adalah kerajaan fiktif, kini dia menyinggung sejarah kerajaan di Ciamis.

Dalam video di sebuah akun YouTube Macan Idealis, Ridwan membuat beberapa pernyataan yang membuat warga Ciamis bereaksi. Mulai dari menyebut Galuh artinya brutal hingga menyatakan bila di Ciamis itu tidak ada kerajaan.

Video berdurasi 12 menit 31 detik dengan judul 'GEGEER !! TERNYATA KERAJAAN KERAJAAN DI INDONESIA SANGAT DITAKUTI DI DUNIA' itu Ridwan Saidi bersama Vasco Ruseimy tengah berbincang mengenai sejarah Indonesia yang diunggah 12 Februari 2020.

"Saya mohon maaf dengan saudara dari Ciamis. Di Ciamis itu nggak ada kerajaan, karena indikator eksistensi kerajaan itu adalah indikator ekonomi, Ciamis penghasilannya apa? Pelabuhannya kan di selatan bukan pelabuhan niaga, sama dengan pelabuhan kita di Teluk Bayur, bagaimana membiayai kerajaan," ucap Ridwan.

https://m.detik.com/news/berita-jawa...ridwan-saidi/2

Sriwijaya....tarumanegara....galuh

3 sudah kerajaan di indonesia di anggap fiktip ama nih engkong.emoticon-Recommended Seller

Next entah kerajaan mana lagi yg bakal di fiktipkan ama nih orangemoticon-Leh Uga


Quote:

Kutai Martadipura adalah kerajaan bercorak Hindu di Nusantara yang memiliki bukti sejarah tertua. Berdiri sekitar abad ke-4. Kerajaan ini terletak di Muara Kaman, Kalimantan Timur, tepatnya di hulu sungai Mahakam.

Nama Kutai diberikan oleh para ahli mengambil dari nama tempat ditemukannya prasasti yang menunjukkan eksistensi kerajaan tersebut.
Tidak ada prasasti yang secara jelas menyebutkan nama kerajaan ini dan memang sangat sedikit informasi yang dapat diperoleh.




Kehidupan ekonomi di Kerajaan Kutai zaman dahulu masyarakatnya bermata pencaharian beternak,bertani,dan berdagang.

Dan dalam prasasti Yupa juga menyebutkan bahwa sang raja Mulawarman telah menghadiahkan 20.000 ekor sapi kepada para Brahmana.




coba yg ini ente bilang fiktip kong....

Mau liat nyali ente segede apa....
Disana tidak ada tambang emas...

Disana pelabuhan besar kagak ada..

Hanya sungai mahakam yg di jadikan tempat transportasi....

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
raafirastania26 dan 30 lainnya memberi reputasi
29
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Sebut di Ciamis Tidak Ada Kerajaan, Ini Penjelasan Ridwan Saidi
14-02-2020 05:52
budayawan atau ahli sejarah nih si ridwan?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 4 lainnya memberi reputasi
4 1
3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia