anisawigati
TS
anisawigati
Pentingnya Anak Melihara Binatang
1.9K
32
Jreng jreng.. Balik lagi setelah sekian lama sembunyi di gua.emoticon-Salam Kenal

Nahh.. 
Mau bagi2 dikit nih gansis tentang beberapa keuntungan anak memiliki binatang peliharaan di rumah.

 
1.   Melatih Tanggung Jawab Anak Sejak Dini
Memelihara binatang dapat dijadikan suatu upaya orang tua dalam melatih tanggung jawab dan kemandirian anak. Hal ini bisa ditunjukkan dengan memberikan anak tugas yang berhubungan dengan kelangsungan hidup binatang yang dipeliharanya. Misalnya: memberi makan ikan, kuncing, anjing dll 2 kali sehari; mengganti serbuk kayu hamster; menguras akuarium secara berkala dan lain-lain. Selain itu, melalui hal-hal tersebut diharapkan anak senang dan menikmati dan senang melakukan tanggung jawabnya sehingga dapat berdampak baik terhadap  pembentukan karakter dan kepribadiannya.
Quote:




2.   Meningkatkan Aktivitas Fisik Anak
Nah, kalo poin yang ini khusus binatang2 yang berkaki ya gansis. Kalo ikan kah susah. Eh bisa deng kalo misal melihara ikan di kolam, terus anaknya kita suruh berenang juga. emoticon-Leh Uga
Anak yang memelihara binatang tertentu dapat meningkatkan aktivitas fisik anak. Misalnya: anak yang mengajak jalan-jalan anjingnya setiap seminggu sekali. Hal ini tentunya menuntut dan memaksa anak untuk ikut serta beraktivitas bersama binatang kesayangannya. Jadi, binatang kita sehat, anak gansis juga sehat.



 
3.   Mengurangi Stress Anak
Stress pada anak bisa disebabkan karena beberapa hal seperti aktivitas anak yang terlalu padat di sekolah, tekanan akademik seperti tugas dan PR, bullying atau masalah dengan tema sebayanya, masalah keluarga, dan lain lain. Berdasarkan beberapa penelitian, binatang peliharaan dapat mengurangi stress pada anak. Hal ini dapat diterapkan melalui mengelus-elus binatang peliharaan, melihat ikan yang berada dia aquarium, dan lain sebagainya.

 
4.   Meningkatkan Pengetahuan Anak terkait Binatang
Anak yang memelihara binatang akan dituntut dan “dipaksa”  untuk mengetahui habitat, ekosistem, spesies, klasifikasi, habit (kebiasaan), makanan yang dikonsumsi, dan cara berkembang biak. Tentunya dengan cara ini anak akan mendapatkan informasi dan pengetahuan yang bermanfaat kan ? Namun, hal ini harus didukung dengan orang tua yang mendampingi ya.. 
Jadi mami papinya juga kudu pinter  seputar fauna ya, biar bisa jawab pas anaknya lagi nanya. emoticon-Ngakak



 
5.   Melatih Kepedulian Anak terhadap Makhluk Hidup
Selain manfaat diatas, ada manfaat lain yang tidak kalah pentingnya, yaitu melatih anak untuk dapat megenal Tuhan serta ciptaan-Nya. Hal ini dapat meningkatkan keimanan anak terhadap kebesaran Tuhan, dan meningkatkan kepedulian terhadap sesama makhluk hidup. Beri saja anak motivasi dan dialog yang membuat anak peduli terhadap binatang kesayangannya, seperti “Dek, kucingnya belum dikasi makan itu, kasian kalo dia lapar, terus sakit, kasian kan ya kucingnya. Hayuk cepetan dikasi makan ya sayang”. Atau “ Loh, burungnya ada di luar, sebentar lagi hujan, kasian kalau sampai kena ujan”.
Lah, harapannya sama makhluk lain aja sayang, apalagi sama sesama manusia.emoticon-Malu

 
6.   Binatang sebagai Sahabat Anak
Saat ini tidak sedikit juga binatang yang menjadi sahabat manusia dari masa kecil sampai dewasa. Tentunya itu hal yang menyenangkan dapat menjadikan binatang sebagai sahabat. Binatang yang kita pelihara bisa juga dijadikan teman bermain dan teman kita bercerita dan mengungkapkan keluh kesah atas kejadian yang ngga menyenangkan yang sudah kita alami, yaaa… mugkin dia ga bisa memberikan advise atas masalah yang kita alami (kan malah serem ya kalo dia bisa ngomong). Namun, juga sering loh binatang yang merespon atau menanggapi dengan gesturenya.

Baiklah, itu semua beberapa manfaat anak yang memelihara binatang. Bagi anak yang mengalami alergi terhadap binatang sebaiknya konsultasi kepada dokter anak untuk mendapatkan saran terbaik.
Semoga bermanfaat.
Terimakasih.
emoticon-Peluk
Gimi96makolatien212700
tien212700 dan 7 lainnya memberi reputasi
7
Berikan Komentar
Tampilkan semua post
arimbii11
arimbii11
#6
katanya bisa bantu tumbuh kembang anak juga, emang ada masanya di umur sekitar 8 tahunan gitu anak pengin2nya pelihara hewan
0
Tutup
Hot Threads