Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
78
Lapor Hansip
07-02-2020 09:53

Menjaga Kebersihan Tangan, Apakah Karena Corona Virus ?

Menjaga Kebersihan Tangan, Apakah Karena Corona Virus ?
Virus corona atau novel coronavirus dalam beberapa pekan terakhir sedang menjadi isu global. Virus tersebut bermula di Wuhan, dataran timur China, dan membuat banyak orang khawatir terhadap penyebarannya.

Bahkan demi menjaga agar virus ini tidak menyebar ke Indonesia, Pemerintah memulangkan warga negara Indonesia di Tiongkok dan untuk sementara waktu dilakukan pengecekan dan pengawasan kesehatan di kepulauan Natuna.

Novel coronavirus merupakan virus baru, sehingga sampai saat ini belum ditemukan vaksin dan obat untuk mencegah dan menyembuhkan penyakit tersebut.

Agar virus corona menyebar, untuk itu Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengeluarkan standar rekomendasi bagi masyarakat untuk mencegah penularan virus corona.

Standar tersebut terhitung sangat mudah, antara lain dengan memakai masker, hindari kontak langsung dengan penderita, makan makanan yang sehat, dan tak lupa untuk menjaga kebersihan tangan.

Maka dari itu, sangat diperlukan tindakan preventif agar tak terinfeksi. Salah satunya dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat dengan menjaga kebersihan tangan. Begitupun bagi petugas kesehatan yang menjalankan pengabdian di fasilitas kesehatan, salah-satunya Rumah Sakit.

Menjaga Kebersihan Tangan sejatinya bukan hanya untuk prevensi kesehatan terhadap penyebaran Corona Virus aja. Sebab ketika tangan Anda bersih, Anda dapat mencegah bakteri untuk menyebar ke bagian tubuh kita atau ke orang lain.

Menjaga Kebersihan Tangan, Apakah Karena Corona Virus ?

IPCN (infection Prevention Control Nurse) RSKO Jakarta, Ns.Durakmal, S.Kep mengungkapkan "Kebersihan tangan itu sangat penting bagi tenaga kesehatan dan petugas yang berkerja di Rumah Sakit maupun Fasilitas Kesehatan. Jangan Lupa kebersihan tangan itu juga penting untuk masyarakat umum yang mana tujuannya juga untuk memutus mata rantai penularan infeksi serta menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) seperti masker, sarung tangan, pelindung mata, tutup kepala, gaun pelindung dan sepatu pelindung " ungkapnya di ruang Komite Pencegahan dan Pengendalian Infeksi, lantai 3 RSKO Jakarta (5/02/2019).

Tambahnya, kampanye tentang menjaga kebersihan tangan menjadi topik penting semenjak kasus Corona Virus. Masyarakat mulai tersadar karena semua kuman bermula dari tangan.

Tangan kita ini bisa bisa bergerak ke mana-mana dan menyentuh / memegang apa saja. Tangan merupakam anggota tubuh yang bisa sampai ke mana saja. Dari situ, terkadang kita lupa untuk mencuci tangan lalu mengucek mata, hidung, serta memegang makanan dan memasukkannya ke dalam mulut.

Maka, pemerintah mengajarkan kita penting untuk memperhatikam kebersihan tangan. Mengapa kebersihan tangan penting di Rumah Sakit? tangan merupakan media transmisi kuman patogen tersering di Rumah Sakit.

Terdapat dua Mikroorganisme yang patut kita ketahui mengapa kebersihatan tangan itu penting, yaitu Mikroorganisme Residen dan MikroorganismeTransien.

Mikroorganisme Residen adalah Mikroorganisme yang tinggal dilapisan kulit yang lebih dalam serta didalam folikel rambut, dan tidak dapat dihilangkan sepenuhnya. Sedangkan Mikroorganisme Transien merupakam mikroorganisme yang berada dalam lapisan luar kulit yang diperoleh melalui kontak dengan pasien, petugas kesehatan, atau permukaan lingkungan yang terkontaminasi.

Adapun Kebersihan Tangan adalah proses yang secara mekanik melepaskan kotoran dan debris dari kulit tangan dengan menggunakan sabun dan air atau dengan antiseptik berbasis alkohol.

Nah, agar penyakit tak menginfeksi tubuh kita malalui alat indera, kita harus sering-sering mencuci tangan pakai sabun. Sabun yang digunakan diharapkan memiliki fungsi membunuh kuman, yaitu sabun yang memiliki kandungan antiseptik bukan yang hanya mengandung parfum
Akan tetapi, sudah mencuci tangan menggunakan sabun pun belum tentu membunuh kuman. 

Kebersihan tangan dilakukan dengan air dan sabun jika tangan terlihat kotor, dan lakukan kebersihan tangan dengan handrub (antiseptik berbasis alkohol) jika tangan tidak terlihat kotor. Ingat jangan menyentuh kembali area permukaan lingkungan sebelum melakukan tindakan.

Ada indikasi kebersihan tangan lainnya yaitu segera setelah tiba di Rumah Sakit, Sebelum masuk dan tinggalkan ruangan pasien, diantara kontak dengan pasien satu dan yang lain, sesudah ke kamar kecil dan pastinya bila tangan kotor.

Patut diingat sebelum meninggalkan Rumah Sakit juga harus mencuci tangan. Bagi tenaga kesehatan patut menjaga kebersihan tangan setelah melepaskan sarung tangan, pada saat membersihkan sekresi hidung, sebelum dan setelah menyiapkan konsumsi makanan dan sebelum dan setelah makan.

Sebelum mencuci tangan ada beberapa hal yang patut diperhatikan yaitu pastikan perhiasan cincin (termasuk cincin kimpoi), gelang, arloji, tidak dipakai. kenapa harus dilepas karena kulit dibawah perhiasan kolonisasi yang berat, sulit dibersihkan/dekontaminasi. Ketika kita memakai perhiasan maka petugas kesehatan akan sulit saat memakai sarung tangan.

Menjaga Kebersihan Tangan, Apakah Karena Corona Virus ?

Terdapat 5 langkah penting saat mencuci tangan pakai sabun yang benar dari Kementrian Kesehatan sebagai berikut:

1. Basahi tangan selurutnya dengan air mengalir
2. Gosok sabun ke telapak tangan dan sela-sela jari
3. Bersihkan bagian bawah-bawah kuku
4. Bilas tangan dengan air bersih mengalir
5. Keringkan gangan dengan handuk/tissue atau keringkan dengan udara/dikeringkan.

Bila tidak tersedia dan disekitar kita sedang tidak ada air mengalir, kita dapat menggantinya menggunakan handsinetizer atau tisu basah yang mengandung antiseptik.

Mengeringkan tangan setelah mencuci tangan adalah satu hal yang sangat penting, tidak ada gunanya mencuci tangan dengan baik dan benar tetapi ketika mengeringkan tangan menggunakan handuk yang sudah terkontaminasi
Keringkan tangan dengan handuk kertas, Jika tidak ada handuk kertas gunakan handuk tangan sekali pakai. 

Handuk kertas harus tetap dalam kondisi bersih, tidak terkontaminasi, penyimpanan handuk kertas di tempat yang kering dan tertutup/dalam lemari.

Cara mencuci tangan ini efektif untuk menjauhkan diri dari berbagai kuman yang masuk ke tubuh. Hal tersebut dapat dilihat dari kasus diare.
-----------------------------
Narasumber : Ns.Durakmal, S.Kep, IPCN (infection Prevention Control Nurse) RSKO Jakarta
Terima kasih, Salam Hangat RSKO Jakarta
Facebook (DISINI) - Twitter ( DISINI) - Instagram (DISINI) - Web (DISINI)



profile-picture
profile-picture
profile-picture
lina.wh dan 13 lainnya memberi reputasi
14
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Menjaga Kebersihan Tangan, Apakah Karena Corona Virus ?
09-02-2020 11:11
lebih baik mencegah daripada mengobati
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia