Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
234
Lapor Hansip
18-01-2020 23:12

Penyebab Banjir Jakarta Ditinjau dari Sisi Teknis!

Pada tahun baru 2020, masyarakat khususnya warga DKI Jakarta tertimpa musibah banjir yang cukup parah. Penyebabnya dapat berbagai macam bahkan untuk tiap daerah, penyebab datangnya air bah menuju perumahan warga dapat berbeda-beda. Tidak ada penyebab spesifik dari musibah banjir Jakarta ini. Namun, yang tidak pernah kita sadari sebelumnya, sejatinya terdapat beberapa faktor yang dapat meningkatkan kemungkinan banjir terjadi. Hal-hal tersebut seting kali diabaikan oleh masyarakat sekitar padahal dampaknya cukup signifikan terhadap terjadinya banjir. Faktor-faktor tersebut diantaranya:



1.     Tutup Selokan Lebih Tinggi dari Jalan

Pemasangan tutup selokan besi pada prakteknya banyak sekali kasus yang tidak memperhatikan kondisi dari jalan. Sering kali pemasangan tutup selokan tersebut justru berada di atas dari elevasi jalan sehingga, air yang harusnya dapat dialirkan dari daerah yang lebih tinggi ke daerah yang lebih rendah malah tertahan atau bahkan menggenang di jalan. Jika kondisi tersebut terus berlanjut, potensi banjir datang akan sangat besar terlebih saluran drainase tidak berfungsi dengan baik akibat tutup selokan yang posisinya lebih tinggi dari elevasi jalan.


Penyebab Banjir Jakarta Ditinjau dari Sisi Teknis!

Foto: suara.com



2. Pengecoran Tidak Memperhatikan Kemiringan

Dalam praktek pengecoran, baik itu perkerasan kaku menggunakan beton maupun perkerasan lentur menggunakan aspal, jalan harus dibuat sesuai standar yang ada. Di Indonesia sendiri, sering sekali pengecoran dilaksanakan tanpa memperhitungkan kemiringan jalan terutama pengecoran-pengecoran yang dilakukan di perumahan. Padahal, kemiringan jalan tersebut sangat penting sebagai sarana air untuk mengalir. Di dalam standar, kemiringan yang disyaratkan adalah dua persen.


Penyebab Banjir Jakarta Ditinjau dari Sisi Teknis!

Foto: polsri.ac.id



3. Kurangnya Daerah Resapan Air
Di kawasan urban seperti kota Jakarta, sangat sulit sekali untuk mencari daerah resapan air yang baik. Pertumbuhan penduduk dan maraknya praktik urbanisasi menuju kota-kota besar seperti Jakarta tentu membuat kebutuhan akan tempat tinggal menjadi meningkat pesat. Oleh karena itu, banyak sekali lahan-lahan yang seharusnya dapat dimanfaatkan sebagai daerah resapan air malah dibangun menjadi daerah tempat tinggal seperti perumahan, hotel, apartemen, dan lain sebagainya.


Penyebab Banjir Jakarta Ditinjau dari Sisi Teknis!

Foto: dprd-kaltimprov.go.id



4. Tata Kota Tidak Sesuai Master Plan

Setiap kota di dunia tentu memiliki master plannya tersendiri tak terkecuali kota sebesar Jakarta. Perencanaan tata kota berbasis master plan sejatinya sangat penting dan krusial agar kota dapat diatur dengan baik. Namun pada kenyataanya, banyak kota-kota di Indonesia terutama Jakarta melakukan pembangunan tanpa memperhatikan master plan kota sehingga daerah-daerah yang seharusnya diperuntukan sebagai daerah


Penyebab Banjir Jakarta Ditinjau dari Sisi Teknis!
Foto: citragardencity.com


Sumber Tulisan: Pemikiran TS
Sumber Gambar: Google





Diubah oleh kulitkacang10
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sebelahblog dan 38 lainnya memberi reputasi
35
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Penyebab Banjir Jakarta Ditinjau dari Sisi Teknis!
08-02-2020 15:23
Jakarta banjir lagi!!!
0 0
0
profile picture
kaskus holic
08-02-2020 17:02
hahaha emoticon-Ngakak
0
profile picture
aktivis kaskus
08-02-2020 22:25
emoticon-Ngakak
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia