others
Batal
link has been copied
3261
Lapor Hansip
27-08-2018 14:52

[CLEAN] Anda bertanya Sufi\Salik menjawab

Tasawuf

Tasawuf atau Sufisme adalah ilmu untuk mengetahui bagaimana cara menyucikan jiwa, menjernihan akhlaq, membangun dhahir dan batin, untuk memperoleh kebahagian yang abadi.


Sufi

Sufi adalah istilah untuk mereka yang mendalami ilmu tasawwuf. Istilah sufi [orang suci] akhirnya dipakai oleh dunia secara luas, bukan saja untuk tokoh agama dari agama tertentu, tetapi bagi seseorang yang secara spiritual dan rohaniah telah matang dan yang kehidupannya tidak lagi membutuhkan dan melekat kepada dunia dan segala isinya, kecuali untuk kebutuhan dasarnya saja.

Sufi dalam konteks ini diamalkan sebagai cara sejati untuk memurnikan jiwa dan hati, mendekatkan diri kepada Tuhan dan mendekatkan diri kepada SorgaNya [menjauhi dunia]. Di agama Budha, dikenal sebagai tahap arupadatu [berbeda dengan kamadatu/kamasutra], di agama Nasrani dikenal sebagai biarawan/ biarawati sebagai cara menjalani kehendak Tuhan secara full/penuh dan memerdekakan diri dari budak kesenangan dunia dst.

Salik

Seorang salik adalah seseorang yang menjalani disiplin spiritual dalam menempuh jalan sufisme Islam untuk membersihkan dan memurnikan jiwanya, yang disebut juga dengan jalan suluk. Dengan kata lain, seorang salik adalah seorang penempuh jalan suluk. Seorang salik yang mencapai tahapan makrifat disebut sufi.

Mursyid


Mursyid adalah sebutan untuk seorang guru pembimbing dalam dunia thoriqoh/tarekat, yang telah memperoleh izin dan ijazah dari guru mursyid diatasnya yang terus bersambung sampai kepada guru mursyid Shohibuth Thoriqoh yang musalsal dari Rasulullah SAW untuk mentalqin dzikir/ wirid thoriqoh kepada orang-orang yang datang meminta bimbingannya (murid)

Jiwa yang merdeka dari KHM.Luqman Hakim



Rule
1. Mohon santun dalam berdiskusi
2. Untuk pertanyaan mengenai Fiqih dan kesahihan hadist silahkan ke ABMM
3. Untuk pemahaman lebih lanjut mengenai ayat al-Qur'an silahkan ke ABQM
4. Semua kaskuser baik yang Theist maupun Atheist diterima di sini emoticon-Smilie
5. Mohon maaf jika saya maupun sahabat-sahabat salik/sufi lainnya lama dalam merespon dikarenakan kesibukan di RL
profile-picture
culajava memberi reputasi
3
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
[CLEAN] Anda bertanya Sufi\Salik menjawab - Part 2
03-02-2020 16:35
IHSAN


Di manakah Saya ?

Fakta menunjukkan bahwa yang ada pada tubuh fisik tidak ada yang bernama Saya.

Yang ada adalah kumpulan dari tangan, kaki, kepala, dada, perut, bahu, dan pinggang.

Kepala pun pada hakikatnya tidak ada karena yang ada adalah bagian-bagian dari kepala yang disebut kening, telinga, mata, mulut, hidung, dagu, rahang, gigi, rambut, alis, kumis, janggut, dan sebagainya.

Lalu, di bagian tubuh manakah Saya berada?

Demikianlah, bahwa segala sesuatu yang tergelar di alam semesta ini pada dasarnya hanya nama-nama yang disepakati keberadaannya, meski hakikat sejatinya nama-nama itu ada karena disepakati ada.

Jika engkau melihat dengan matamu dan kemudian engkau melihat dengan mata hatimu maka segala nama apapun jua pada hakikatnya akan kembali kepada sumbernya yang satu, yakni Dia Yang Wujud dari segala yang maujud.

Dia inti dari segala nama.

Segala sesuatu yang tergelar di alam semesta yang dapat dilihat dengan mata indriawi adalah pengejawantahan dari azh-Zhahiir.

Memang demikian adanya, berarti di balik segala yang maujud yang zhahir ini mesti ada yang bathin.


"Engkau adalah Az-Zhahiir, tidak ada sesuatupun di atas-Mu, Engkau adalah Al-Bathiin, tidak ada sesuatupun yang berada di balik-Mu." (HR. Muslim)

'inni wajjahtu wajhiya lilladzi fatharas samawati wal arha hanifam muslimaw wa ma ana minal musyrikin"

Kuhadapkan wajahku kepada Dzat yang mencipta langit dan bumi dalam keadaan lurus dan pasrah. Dan aku bukanlah dari golongan orang-orang yang menyekutukan Allah.
Diubah oleh proxymighty
profile-picture
rojopurwo memberi reputasi
1 0
1
profile picture
kaskus addict
04-02-2020 22:45
kl msh spt ini mkn (dgn cara apapun) msh bisa dipertahankan argumennya (scr sdh jd pengetahuan pikiran yg mkn diakui byk org tanpa label agama tertentu). coba kl sdh masuk kpd hawa masing2 bagian yg ditiadakan (dan boleh jd menguasai), bbrp org maksa dibawa lagi ke pikiran, yg lain mkn halu (tetap dgn pikirannya)

bold: scr sederhana boleh diartikan perut, kontol, otak, sampe yg dibilang hati sekalipun (scr gw yakin blm tentu sama dgn apa yg gw maksud)

teori ndak seindah kenyataan. byk org yg nyaman dgn surga (paling dekat) yg sdh didapat

berat bener komen gw malem ini emoticon-Cool
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia