News
Batal
KATEGORI
link has been copied
94
Lapor Hansip
27-01-2020 18:46

Mulai Hari Ini, RSUD Al Ihsan Bandung Buka Posko Virus Corona

Mulai Hari Ini, RSUD Al Ihsan Bandung Buka Posko Virus Corona
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Al Ihsan, Baleendah, membuka posko kesehatan untuk mewaspadai penyebaran novel coronavirus 2019 nCov. (Dok. RSUD Al Ihsan)




Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Al Ihsan, Baleendah, membuka posko kesehatan untuk mewaspadai penyebaran novel coronavirus 2019 nCov.

Posko mulai dibuka mulai hari ini, Senin (27/1/2020) dan akan melayani masyarakat setiap hari.

“Ini adalah inisiatif kami untuk masyarakat. Nanti di posko ada dokter dan perawat yang stand by 7x24 jam. Posko akan buka sampai ada pemberitahuan selanjutnya dari Kemenkes bahwa masa kewaspadaan corona virus berakhir,” ungkap Wakil Direktur Pelayanan Medik Penunjang dan Keperawatan RSUD Al Ihsan Hadri Pramono.

Posko yang dinamai Pusat Informasi dan Krisis Center Novel Corona Virus RSUD Al Ihsan ini didirikan di depan pintu masuk instalasi gawat darurat (IGD) rumah sakit milik Pemerintah Provinsi Provinsi Jawa Barat tersebut. Posko berfungsi sebagai tempat tes penyaringan (screening), pusat informasi, serta crisis center virus tersebut.

Setiap pasien dan keluarga yang datang dengan pasien dengan keluhan seperti demam, batuk pilek, disertai sulit bernapas, akan dipindah oleh thermal screener.

“Alatnya seperti pistol yang ditempelkan di kulit untuk mengukur suhu tubuh,” ungkap Ihsan.

Jika alat mendeteksi panas badan seseorang di atas 38 derajat Celsius, yang bersangkutan akan dipisahkan dari kelompok yang lain. Kelompok ini juga akan ditanyai oleh tim dokter tentang riwayat perjalanan sebelumnya.

“Kalau panas badannya di atas 38 derajat, pasti itu penyebabnya virus. Nanti dokter akan nanya apakah baru-baru ini pulang dari Cina, Singapura, atau negara yang sudah terjangkit lainnya,” katanya.

Bila ditemui pasien dengan riwayat perjalanan ke negara terjangkit, rumah sakit akan memasukkan pasien ke ruang isolasi khusus yang telah disediakan.

“Kami punya satu ruangan khusus dengan tekanan negatif, jadi udara di dalam ruang isolasi tetap steril dan tidak akan mengontaminasi ke luar,” ungkapnya.

Ihsan mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan menjaga kesehatan dengan pola hidup bersih dan sehat dan rajin berolahraga. Bila mengalami demam di atas 38 derajat Celsius apalagi disertai batuk pilek dan sesak napas, masyarakat diminta untuk segera memeriksakan diri.

“Bila Anda mengalami gejala panas badan demam di atas 38 derajat Celsius, batuk dan sukar bernapas, disertai riwayat pernah bepergian ke Tiongkok/Wuhan/Singapura atau dari negara terjangkit corona virus. Segeralah diperiksa kesehatannya ke Posko Pusat Informasi dan Krisis Center Coronavirus RSUD Al Ihsan. Jangan menunggu tiga hari dulu,” tuturnya.

Quote:Sumber: AyoBandung.com


Walaupun elit kita udah bilang coronavirus gak masuk ke Indonesia, tapi kita harus tetap waspada. Kalo rada sakit yang mirip-mirip gejala coronavirus, mending langsung periksa ke dokter aja deh..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Daniswara92 dan 9 lainnya memberi reputasi
10
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Mulai Hari Ini, RSUD Al Ihsan Bandung Buka Posko Virus Corona
Lapor Hansip
27-01-2020 20:35
Balasan post YauAreRocks
Iya kalau demam doang. Kalau virus berbahaya mah beda penanganan ganemoticon-Thinking
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia