Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
36
Lapor Hansip
23-01-2020 10:42

Makanan Penunda Lapar - Alasan Buah-Buahan "Jauh Lebih Baik" Ketimbang Mie Instan?

Makanan Penunda Lapar - Alasan Buah-Buahan "Jauh Lebih Baik" Ketimbang Mie Instan?
Sumber : pixabay.com

"Buah-buah dengan segudang gizi dan manfaat mulai ditinggalkan, mungkin karena kemasannya yang kurang menarik ?"


Buah-buahan adalah makanan yang bersumber dari tumbuh-tumbuhan dimana untuk mengkonsumsinya kita tidak memerlukan pengolahan lebih lanjut (proses pengolahan manusia) semisal dimasak dan lain sebagainya.

Buah merupakan makanan alami yang sedikit dijauhi di dunia modern, hal ini disebabkan karena manusia lebih memilih makanan yang telah melalui banyak proses pengolahan, dimana hal tersebut menurut sebagian orang lebih baik, higienis dan sehat untuk dikonsumsi.

Kita ketahui bersama bahwa buah sangat bermanfaat untuk tubuh kita, buah tentunya memiliki banyak kandungan gizi dan juga serat yang baik untuk pencernaan kita.

Dari beberapa hasil penelitian yang dilakukan NCBI, ternyata buah - buah yang sehat juga dapat mencegah bahkan mengobati beberapa penyakit, buah-buah tersebut diantaranya - Pisang, pepaya, mangga, apel, nanas dan lain sebagainya. Namun kita tidak akan bahas lebih lanjut memngenai hal tersebut.

Quote:"NCBI atau National Center for Biotechnology Information adalah bagian dari United States National Library of Medicine, NCBI bertugas memajukan ilmu pengetahuan dan kesehatan yang menyediakan  informasi medis dan genom"


Mengkonsumsi mie instan memang enak dan sedap, namun ?

Makanan Penunda Lapar - Alasan Buah-Buahan "Jauh Lebih Baik" Ketimbang Mie Instan?
Sumber : pixabay.com

Mengkonsumsi makanan yang satu ini sudah merupakan gaya hidup (lifestyle) yang banyak dilakukan oleh manusia dunia modern, bahkan mie instan telah menjadi makanan nomor 1 penunda lapar (yang dijuluki oleh para pengemarnya) dimana mie instan menjadi makanan cepat saji yang paling populer dan dibutuhkan di saat-saat kepepet atau disaat perut sedang keroncongan.

Berbicara keburukan yang terdapat pada mie instan, hal ini bukan berarti kita mematikan pasar sebuah perusahaan besar produsen makanan cepat saji, namun ada baiknya kita merenung sebentar mengenai makanan cepat saji yang satu ini. Mengingat mengkonsumsi mie instan terbukti mengenyangkan perut kita, namun kita tahu mie instan tidak dapat mengganti nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita, bukankah begitu?

Beberapa efek dari mie instan  yang apabila dikonsumsi secara rutin dan terlalu banyak oleh tubuh :

  • Mengggangu pencernaan
  • Berisiko pada kesehatan Ibu hamil danjanin
  • Menyebabkan obesitas
  • Dapat memicu tekanan darah tinggi
  • Penyebab kanker
  • dan lain sebagainya

Beberapa keburukan diatas rentan terjadi khususnya kepada para pecinta mie instan, dimana hal tersebut terjadi dikarenakan terlalu seringnya mengkonsumsi mie instan. Hal ini sering diperbincangkan karena pada makanan cepat saji semisal mie instan, terdapat tambahan zat atau bahan yang tidak kita dapati pada makanan alami seperti buah-buahan yang dimaksud adalah bahan pewarna buatan, bahan pengawet dan serta terkadang bahan pemanis buatan.

Mie instan adalah makanan praktis dan mudah namun tidak menjadikannya aman untuk dikonnsumsi secara terus-menerus. Menjadikan buah-buahan yang mengandung karbohidrat sebagai pengganti mie instan tentunya lebih baik bagi manusia, bukankah begitu ?


Buah-buahan PENUNDA LAPAR pengganti "Mie Instan"

Senyawa karbohidrat tentunya sangat dibutuhkan oleh tubuh, karbohidrat sendiri dalam tubuh manusia memiliki fungsi sebagai bahan bakar (sumber energi) tubuh kita agar kita dapat beraktivitas seharian.

Tidak perlu terlalu panjang lebar, berikut 4 buah yang kita akan bahas (banyak buah lainnya diluar sana yang semisal) yang mengandung karbohidrat yang  dapat dijadikan sebagai makanan penunda lapar :

1. Mangga

Makanan Penunda Lapar - Alasan Buah-Buahan "Jauh Lebih Baik" Ketimbang Mie Instan?
Sumber : Pixabay.com

Buah yang satu ini banyak kita temukan di Indonesia, kandungan karbohidrat pada buah yang satu ini mencapai 40 gram per buahnya. Cukup tinggi bukan, nilai tersebut cukup untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat harian anda.

Dalam buah mangga pun terdapat banyak manfaat lainnya seperti mengatasi obesitas, mencegah kanker, menyembuhkan anemia dan lain sebagainya


2. Pisang

Makanan Penunda Lapar - Alasan Buah-Buahan "Jauh Lebih Baik" Ketimbang Mie Instan?
Sumber : pixabay.com

Buah yang paling disukai oleh hewan mamalia monyet ini memiliki kandungan karbohidrat sebanyak 30 gram dari per satuan takaran sajinya. Pisang tentunya menjadi makanan favorit penunda lapar tentunya bagi sebagian orang.

Selain rasanya yang manis dan enak buah ini juga memiliki manfaat lain diantaranya, membantu kesehatan pencernaan, menyeimbangkan gula darah dalam tubuh, sebagai antioksidan dan lain sebagainya.


3. Apel

Makanan Penunda Lapar - Alasan Buah-Buahan "Jauh Lebih Baik" Ketimbang Mie Instan?
Sumber : pixabay.com

Karbohidrat yang terkandung dalam buah ini mencapai 25 gram per porsi. Selain gizi yang kita dapatkan ketika mengkonsumsinya buah ini juga banyak memberikan manfaat lainnya bagi tubuh kita.

Maanfaat tersebut antara lain, mencegah stroke, memelihara kesehatan jantung, meningkatkan kinerja otak, melawan kanker dan lain sebagainya.


4. Nanas

Makanan Penunda Lapar - Alasan Buah-Buahan "Jauh Lebih Baik" Ketimbang Mie Instan?Sumber : pixabay.com

Nanas yang merupakan buah bermahkota unik ini memiliki setidaknya 22 gram karbohidrat. Buah ini juga memiliki banyak nutrisi yang baik untuk tubuh anda. Tidak hanya dapat menunda lapar buah yang satu ini juga memiliki setidaknya 131% vitamin C harian anda.

Manfaat lain yang terkandung dalam buah ini antara lain, melancarkan sistem pencernaan, menangkal sakit akibat perut kembung, mencegah kanker usus dan banyak hal lainnya.


Pilih mana? Mie instan atau Buah-Buahan

Dari ringkasan bacaan diatas terlihat jelas bukan mana yang baik untuk dijadikan sebagai makanan penunda lapar dan mana yang lebih buruk. Mengkonsumsi makanan sehat  merupakan bentuk perduli kita terhadap kesehatan tubuh kita sendiri.

Banyak fakta diluar sana yang menceritakan khasiat buah-buahan yang mulai ditinggalkan, karena manusia dunia modern lebih memilih makanan kemasan yang telah melalui proses pengolahan yang panjang, ketimbang memilih buah-buah yang merupakan sumber makanan alami di bumi.

Untuk pilihan 2 jenis makanan penunda lapar tersebut, mungkin pilihannya jatuh kepada pilihan para pembaca sendiri.

Ditunggu saran dan kritik pembaca untuk menggali lebih dalam lagi tentang pengalaman mereka mengkonsumsi 2 jenis makanan penunda lapar diatas.


Referensi :
- Jangan Disepelakan, 5 Efek Buruk Mie Instan bagi Tubuh Lho - https://www.popmama.com/life/health/...tan-tubuh/full
- The 20 Healthiest Fruits on the Planet : https://www.healthline.com/nutrition...uits#section12
- 7 Buah yang Ternyata Banyak Mengandung Karbohidrat : https://doktersehat.com/buah-tinggi-karbohidrat


Diubah oleh muhammadeltar
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lina.wh dan 5 lainnya memberi reputasi
6
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Makanan Penunda Lapar - Alasan Buah-Buahan "Jauh Lebih Baik" Ketimbang Mie Instan?
23-01-2020 14:46
profile-picture
serapionleo memberi reputasi
1 0
1
profile picture
kaskus addict
23-01-2020 14:57
ogah ah, tetep gw vote makan indomie ajah
1
profile picture
kaskus holic
23-01-2020 20:23
@bizzare7688 Jangan githu dong GAN, lihat sisi baiknya dong...

emang alergi buah ya?
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Fashion
-
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia