News
Batal
KATEGORI
link has been copied
103
Lapor Hansip
21-01-2020 18:17

DR. Anies Baswedan Dinobatkan sebagai Gubernur Terbaik di Dunia


DR. Anies Baswedan Dinobatkan sebagai Gubernur Terbaik di Dunia

Tersiar kabar bahwa Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dinobatkan sebagai gubernur terbaik di dunia. Kabar itu menyebar di media sosial, terutama Facebook.
 
Akun Facebook Almukor Robin membagikan kabar tersebut dengan mengunggah sebuah foto yang memperlihatkan Anies sedang melakukan sesi foto bersama pejabat dunia lainnya. Pada foto, terdapat narasi bertuliskan:
 
"DR. Anies Rasyid Baswedan dinobatkan mnjadi Gubernur terbaik dunia. Rakyat Indonesia patut bangga masih ada figur pemimpin terbaik di Indonesia".
Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Pula, pemilik akun nenambahkan keterangan foto bertuliskan: "Dikelilingi oleh para pemimpin terbaik dunia, pak Anis biasa2 aja mendapatkan prestasi demi prestasi, diam namun berkarya, klo yg lain itu banyak bacot aja, kerja nol besar.....".


Penelusuran:

Tim Cek Fakta Medcom.id menelusuri sumber asli daripada foto yang dibagikan akun Almukor Robin. Melalui teknik reverse image, ditemukan foto identik di beberapa situs.
 
Hasilnya, pada Sabtu 13 Juli 2019, SINDOnews.com menurunkan foto yang sama melalui artikel berjudul "Hebat..! Masuk 74 Pemimpin Kota Terpilih, Wali Kota Fasha Hadiri World Cities Summit 2019".


DR. Anies Baswedan Dinobatkan sebagai Gubernur Terbaik di Dunia

Artikel ini menjelaskan bahwa Wali Kota Jambi Syarif Fasha termasuk dalam 74 pemimpin kota terpilih yang diundang dalam pertemuanWorld Cities Summit Mayors Forum (WCSMF) 2019 yang berlangsung di Medellin, Kolombia, dari tanggal 10 hingga 14 Juli 2019. 

Masih dikutip dari bontangpost.id, ada lima pemimpin kota di Indonesia yang diundang dalam forum tersebut. Yakni Surabaya, Jakarta, Jambi, Semarang, dan Bontang. Tak hanya Anies yang mewakili Indonesia.

Kesimpulan:

Klaim pada foto bahwa Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dinobatkan sebagai gubernur terbaik di dunia adalah salah. Faktanya, Anies menajadi salah satu dari lima pemimpin kota di Indonesia yang diundang untuk memaparkan konsep pembangunan kota berkelanjutan pada forum World Cities Summit 2019di Kolombia.
 
Informasi tersebut masuk dalam kategori hoaks jenis false context (konteks keliru).
False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada. 


Sabilillah

Sungguh beruntung sekali warga DKI pny gubernur pilihan ummah jawara dgn segudang prestasi ya akhi

Masya Allah

emoticon-Inggris
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 50 lainnya memberi reputasi
47
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
DR. Anies Baswedan Dinobatkan sebagai Gubernur Terbaik di Dunia
21-01-2020 18:53
Kadrun level goblokemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
servesiwi dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia