Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
69
Lapor Hansip
20-01-2020 10:09

Demotivasi Kerja? Coba Lakukan 5 Hal Ini Gan!

Tiap hari rasanya berat buat ngantor? 

Terlalu malas dan merasa tidak ada motivasi? 

Jangan-jangan kamu lagi alami yang namanya demotivasi kerja Gan? 

Demotivasi Kerja? Coba Lakukan 5 Hal Ini Gan!


Demotivasi kerja tidak hanya dapat merugikan diri sendiri, tapi juga kinerja tim. Rasa frustrasi yang timbul lambat laun semakin menurunkan produktivitas dan akan terus bertambah buruk, kecuali kamu mengambil langkah konkret untuk mengakhirinya.

Tidak ada orang yang luput dari demotivasi kerja, dan semua orang tentu pernah merasakan semangat yang naik-turun selama menjalani pekerjaannya. Hal yang membedakannya adalah bagaimana kamu menghadapi semangat yang tengah menurun.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi demotivasi kerja.

1. Memahami penyebab demotivasi kerja

Cobalah menyempatkan waktu untuk merenungi apa yang kamu rasakan saat ini. Pahami lebih dalam, apa yang sebenarnya membuatmu mengalami demotivasi kerja. Beberapa pemicu yang paling umum di antaranya:


Quote:
rasa takut untuk bergerak ke depan

rasa lelah yang menumpuk

menentukan tujuan yang keliru

konflik antara nilai-nilai pribadi

tidak ada kebebasan untuk mengambil keputusan

tidak ada kejelasan tentang apa yang benar-benar kamu inginkan

tidak ada tantangan

kesepian karena terus bekerja

emosi negatif, keraguan terhadap diri sendiri, tidak ada kepercayaan terhadap orang lain, atau merasa tersesat


2. Berinteraksi dengan orang-orang terdekat

Pekerjaan bisa menyita waktu sehingga kamu tidak memiliki kesempatan untuk bercengkerama dengan orang-orang terdekat. Lama-kelamaan, kesepian akan berkembang menjadi stres dan memicu demotivasi kerja. Tanpa disadari, produktivitas kerja menurun dan hasil pekerjaan menjadi tidak optimal.

Cobalah kembali berinteraksi dengan teman, keluarga, atau orang-orang terdekat di sekitarmu. Hubungi mereka, atau sempatkan bertemu untuk melakukan kegiatan yang menyenangkan. Kamu akan terkejut dengan besarnya semangat yang muncul setelahnya.

3. Beristirahat untuk menjaga kesehatan

Apakah kamu sering menghabiskan waktu ekstra untuk bekerja lembur? Tidak ada salahnya untuk bekerja lembur sesekali, tapi coba hitung kembali berapa hari yang kamu habiskan untuk bekerja lembur dalam satu pekan.

Berikan jeda bagi tubuhmu untuk beristirahat sejenak. Cukupi kebutuhan tidur dalam sehari, dan pastikan tidurmu juga berkualitas. Tidur cukup akan membantu tubuh dan pikiran untuk memulihkan diri sehingga semangat kembali meningkat.

4. Menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan

Buatlah batasan yang jelas antara pekerjaan dengan waktu untuk diri sendiri. Begitu selesai bekerja, matikan laptop dan simpanlah di tempat yang berbeda dengan kamar tidur agar kamu bisa fokus beristirahat.

Hindari kebiasaan membuka email saat menghabiskan waktu dengan keluarga, teman, atau pasangan. Terutama pada hari libur yang merupakan momen untuk beristirahat. Jadikan hari liburmu berkualitas agar semangat kembali muncul.

5. Pertimbangkan untuk mencari pekerjaan lain

Beberapa masalah yang menimbulkan demotivasi sering kali telah begitu mengakar sehingga sulit untuk diatasi. Jika semua cara yang kamu lakukan tidak dapat mengatasi demotivasi, kamu dapat mempertimbangkan untuk mencari pekerjaan lain.

Perlu diingat bahwa resign adalah keputusan yang besar. Pastikan kamu telah memikirkannya matang-matang sebelum memutuskan mengundurkan diri. Bila memungkinkan, keputusan resign sebaiknya hanya diambil jika kamu telah mendapatkan pekerjaan baru. 


Kamu juga bisa mencari pekerjaan tanpa langsung resign dengan membuka peluang kerja sambil menunggu tawaran datang. Salah satu caranya seperti memanfaatkan talent marketplace. Cukup daftar, lalu tunggu beragam tawaran kerja akan datang. 

Demotivasi Kerja? Coba Lakukan 5 Hal Ini Gan!

Nah, sekarang kamu sudah tahu apa saja yang perlu kamu lakukan untuk mengatasi demotivasi kerja, bukan? Yuk, mulai lakukan beberapa cara di atas! Ingat, jika dibiarkan begitu saja, kondisi ini tidak baik untuk kamu dan tim lho!




profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 9 lainnya memberi reputasi
10
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Demotivasi Kerja? Coba Lakukan 5 Hal Ini Gan!
20-01-2020 13:30
Demotivasi Kerja? Coba Lakukan 5 Hal Ini Gan!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fachri15 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia