Games
Batal
KATEGORI
link has been copied
5
Lapor Hansip
15-01-2020 08:04

GAMERS Menghabiskan setidaknya 9 Triliun Di Epic Games

GAMERS Menghabiskan setidaknya 9 Triliun Di Epic Games
Sumber : Techspot.com

Pada tahun lalu, para gamers menghabiskan $680 juta (atau sekitar Rp 9 Triliun lebih) di EPic Games Store. Angka yang diposting diketahui dari posting blog milik Epic baru-baru ini. Hal ini sebagai bentuk kemenangan setelah beberapa tahun belakangan mengalami kritik pedas dari para pecinta game, untuk mencetak penawaran eksklusivitas pada judul baru dan tuduhan spionase pada Tencent yang merupakan perusahaan cina dengan saham besar di Epic Games.

Dari angka $680 juta (Rp 9 triliun lebih) itu, $ 215 juta (Rp 2,9 triliun lebih) digunakan untuk game PC pihak ketiga, kemungkinan karena eksklusivitas Fornite pada PC di Epic Store sendiri. Faktanya, Fortnite (sebuah permainan video tahun 2017 yang dikembangkan oleh Farga Corporation), di tahun 2017 tersebut menggelar gelar games secara gratis untuk dimainkan sehingga menjadi game yang paling sukses secara finansial pada tahun 2019 berkat penjualan konten dalam game mereka. Setidaknya dilaporkan menghasilkan $1,8 miliar (Rp 24, 6 triliun lebih). Game ini tersedia dalam berbagai platform untuk dimainkan sehinga pendapatan Fornite juga dihasilkan melalui smartphone, tablet dan konsol game.

GAMERS Menghabiskan setidaknya 9 Triliun Di Epic Games
Sumber : pixabay.com

Dengan bintangnya yakni Tfue (Turner Tenney yang merupakan American eSports Player) yang menonjol, dan Twitch (Live Streaming Video Platform) yang unik dan tidak biasa.

Epic Games mengabarkan bahwa sejak Desember 2018 awal pembukaannya, mereka telah berhasil menarik sebanyak 108 juta pecinta games diseluruh dunia.

pengumuman Epic ini tampaknya ditujukan untuk menarik pengembang untuk bergabung dengan mereka, meskipun terdapat kontroversi awal. Epic membanggakan "Item toko yang ramah pengembang" dengan pembagian pendapatan mencapai 88 persen serta dukungan untuk sistem pembayaran pengembang dan penerbit.

Semangat Epic ini sebagian terkumpul berkat keberhasilan game mereka yakni Global Fortnite. Hal ini memungkinkan penerbit menetapkan tingkat pembagian pendapatan yang kompetitif dan juga membeli hak eksklusif untuk menjual judul tertentu. Pendiri perusahaan Tim Sweeney mengatakan Epic akan terus fokus untuk lebih banyak menarik hal tersebut.

Epic juga mengabarkan melalui data geografis playerbase aktif yang mereka miliki, pelanggan mereka di AS mencapai 17,2 persen dari pemain Epic, 4 negara terbesar pemain Epic lainnya yakni Rusia, Cina, Brasil dan Jerman.

Karena ritel digital adalah bisnis baru untuk Epic Games, sulit untuk melihat seperti apa perusahaan ini di masa depan dan apakah itu akan menekankan upaya ritelnya. Valve (pengembang dan penerbit permainan komputer Amerika Serikat yang markasnya terletak di Bellevue, Washington, USA), yang menempati peringkat diatas di antara pengembang yang paling dihormati dan paling terkenal, akhirnya mengalihkan fokusnya untuk mempertahankan pasar Steam yang bersaing dan dominan di pasaran. Judul VR yang akan datang, tindak lanjut yang telah lama dtunggu-tunggu dalam seri game mereka Half-Life merupakan permainan yang telah besar namanya lebih dari setengah dekade.

Sementara itu, Epic Games telah sibuk menyediakan teknologi yang dibutuhkan untuk membuat acara TV Blockbuster seperti Disney "The Mandalorian," sambil terus membantu pengembang lain dengan alat teknis. Namun, Epic belum sungguh-sungguh menunjukkan tanda-tanda melambatnya pengembangan game. Dauntless, Game gratis yang dimainkan oleh Phoenix Labs, menggunakan teknologi dan estetika Fortnite dan menjadi game pihak pertama dengan dukungan bertenaga Epic di berbagai platform.


Game paling berpengaruh dekade ini !

Fortnite terus menjadi landasan dalam model bisnis Epic Games. Pertama, ia memikat para pemain dan terdengar belakangan pembicaraan bahwa Fortnite akhirnya akan menjadi "Metaverse" dimana pengguna dapat berinteraksi dengan lingkungan game yang dihasilkan komputer dan pengguna lain.

Pendiri Epic yakni Tim Sweeney ragu untuk menyebut Fortnite sebagai "Platform" meskipun fakta itu digambarkan sebagai ancaman bagi tempat-tempat seperti Netflix dan Facebook, sebagai gantinya, dia mengatakan di Twitter, agak menakutkan, "Fortnite adalah permainan, tapi tolong ajukan pertanyaan itu lagi dalam 12 bulan.


Sumber Artikel :
- The Washington Post : https://www.washingtonpost.com
- Epic Games : https://www.epicgames.com

GAMERS Menghabiskan setidaknya 9 Triliun Di Epic GamesGAMERS Menghabiskan setidaknya 9 Triliun Di Epic Games


Diubah oleh muhammadeltar
profile-picture
orgbekasi67 memberi reputasi
1
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
GAMERS Menghabiskan setidaknya 9 Triliun Di Epic Games
18-01-2020 22:58
The Mandalorian apalagi sekarang lagi ngehype juga kan
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia