Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
36
Lapor Hansip
18-01-2020 08:03

5 Negara Perkasa yang Saat Ini Sudah Terhapus Dari Peta Dunia

5 Negara Perkasa yang Saat Ini Sudah Terhapus Dari Peta Dunia

Segala sesuatu pasti mengalami perputaran seperti sebuah roda. Kadang di atas, kadang di bawah. Hal ini berlaku juga bagi kekuasaan sebuah negara. Ada masa di masa negara tersebut dirintis, kemudian mulai berkembang hingga menyentuh puncak kejayaan dan akhirnya mengalami keruntuhan.

Runtuhnya sebuah negara banyak dipicu oleh berbagai hal. Mulai dari lemahnya figur pemimpin, sistem pemerintahan yang tidak efektif, pemberontakan, propaganda musuh hingga kalah dalam peperangan.

Nah, di thread kali ini, @malaikatrindu akan membagikan informasi kepada GanSis, 5 negara perkasa yang saat ini sudah terhapus dari peta. Negara apa saja itu? Mari, disimak satu-persatu!

1. Uni Soviet (1922-1991 M)

5 Negara Perkasa yang Saat Ini Sudah Terhapus Dari Peta Dunia
Foto: idntimes

Pada masanya, Uni Soviet merupakan negara terbesar di dunia dengan luas 22.402.220 km². Luas wilayahnya meliputi seperenam daratan di muka bumi. Kekuasaannya meliputi Eropa, Asia yang memanjang dari Samudera Pasifik di sebelah timur dan Afganistan di sebelah selatan.

Negara ini berdiri setelah melengserkan Nikolai II yang memerintah Kekaisaran Rusia pada bulan 1917. Penggulingan ini dilakukan oleh Revolusi Bolshevik. Namun, akhirnya runtuh setelah munculnya nasionalisme dan ketidakpuasan terhadap ekonomi yang semakin memburuk. Puncaknya, Majelis Agung Uni Soviet membubarkan dirinya pada tanggal 26 Desember 1991.


2. Utsmaniyah (1299-1923 M)

5 Negara Perkasa yang Saat Ini Sudah Terhapus Dari Peta Dunia
Foto: dictio.com

Negara Barat menyebutnya Kekaisaran Ottoman. Utsmaniyah mulanya sebuah kadipaten kecil yang didirikan oleh Osman Bey setelah menyatukan suku-suku Turki di wilayah Anatolia pada tahun 1299 M. Setelah menaklukan Balkan lewat perang Mohacs, wilayah Timur Tengah dan Tanduk Afrika, Utsmaniyah membesarkan namanya menjadi sebuah kekaisaran lintas benua. Ottoman mengakhiri riwayat Kekaisaran Romawi Timur lewat penaklukan Konstantinopel oleh Sultan Mehmed II Al-Fatih tahun 1953.

Revolusi Turki Muda berhasil meruntuhkan Ottoman dengan propaganda kebebasan ala Barat dan sekulerisme (memisahkan urusan agama dan politik) dalam pemerintahan. Selain itu, banyaknya pengkhianat yang bersekutu dengan Barat dan Zionisme di lingkungan politik membingungkan kebijakan para Sultan. Akhirnya, Utsmani runtuh setelah dipaksa terseret masuk dalam Perang Dunia I oleh Kekaisaran Jerman dan menelan pil pahit kekalahan. Secara resmi, Utsmani runtuh pada tahun 1923 dan diubah menjadi Republik Turki. Sementara wilayah kekuasaannya di tiga benua, dibagi-bagikan kepada pemenang perang.


3. Jerman Timur (1949-1990)

5 Negara Perkasa yang Saat Ini Sudah Terhapus Dari Peta Dunia
Foto: Dunia Tempo.co

Nama resmi dari negara ini adalah Deutsche Demokratische Republik (Republik Demokratik Jerman) atau biasanya disingkat DDR. Jerman Timur dibentuk oleh dua kekuatan dominan yakni Komunisme Soviet dan tradisi Jerman yang dipilah dengan pengalaman komunis selama dua perang dunia.

Negara ini terkenal dengan sosok pemimpinya yang kharismatik namun sangat kejam, yakni Adolf Hitler dan Nazi-nya. Negara ini akhirnya runtuh pada tahun 1990 dengan robohnya tembok Berlin.


4. Austria-Hongaria (1867-1918)

5 Negara Perkasa yang Saat Ini Sudah Terhapus Dari Peta Dunia

Foto: Wikipedia.com

Austria-Hongaria dikenal sebagai kerajaan ganda. Sejarah penggabungannya terjadi pada Februari 1867 yang membuka susunan dualis kekaisaran sebagai pengganti mantan Kekaisaran Austria-Bersatu. Negara ini menggunakan 3 unsur dalam struktur pemerintahan yakni Pemerintahan Hongaria, Pemerintahan Austria atau Cisleithania dan Administrasi Persatuan di Bawah Penguasa.

Peristiwa pembunuhan misterius pada pewaris kekaisaran, Franz Ferdinand, membawa negara pada situasi sulit. Berbagai konflik bermunculan, di antaranya dengan Serbia yang membuat terjadinya Perang Dunia I. Secara resmi perang itu mengakhiri Austria-Hongaria saat memasuki gencatan senjata dengan sekutu pada tanggal 3 November 1918.


5. Yugoslavia (1918-2006)

5 Negara Perkasa yang Saat Ini Sudah Terhapus Dari Peta Dunia

Foto: DOC Research Institute

Negara ini terletak di daerah Balkan. Sejak berdiri tahun 1918, Yugoslavia mengalami beberapa kali perubahan bentuk pemerintahan, dari kerajaan hingga menjadi republik. Negara ini bermakna Slavia Selatan dan beribukota di Beograd.

Pendiriannya bermula dari runtuhnya kerajaan Austria-Hongaria setelah Perang Dunia I. Setelah itu, munculah Kerajaan Serbia, Kroasia dan Slovenia yang dipimpin oleh Peter I dari Serbia sebagai raja. Kemudian pada tahun 1929, nama kerajaan berubah menjadi Kerajaan Yugoslavia. Negara ini mengakhiri riwayatnya dalam sejarah pada 4 Februari 2006, di mana Republik Federal Yugolavia dibubarkan dan dibentuk ulang dengan nama Uni Serbia dan Montenegro.


Nah, itulah 5 negara yang saat ini telah terhapus dari peta. Kesalahan dan penyebab runtuhnya berbagai negara di atas semoga bisa menjadi pelajaran bagi untuk tetap bisa mempertahankan Indonesia. Persatuan dan rasa saling memiliki antara satu sama lain adalah kunci utamanya. Semangat untuk Indonesia menjadi negara maju pada tahun 2045!

---
Penulis: @malaikatrindu
Referensi: Wikipedia
Keterangan foto utama: iStock.com
profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 19 lainnya memberi reputasi
20
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
5 Negara Perkasa yang Saat Ini Sudah Terhapus Dari Peta Dunia
18-01-2020 12:10
Quote:Original Posted By aljavari
dulu masih yugoslavia, negaranya si kidal sinisa mihajlovic


emoticon-Angel heem emoticon-Malu
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia