News
Batal
KATEGORI
link has been copied
353
Lapor Hansip
10-01-2020 13:09

Ditilang karena Lampu Motor Tak Nyala, Mahasiswa: Kenapa Jokowi Tak Ditilang?

Ditilang karena Lampu Motor Tak Nyala, Mahasiswa: Kenapa Jokowi Tak Ditilang?


Jakarta - Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Kristen Indonesia (FH UKI) Jakarta, Eliadi Hulu menggugat UU Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) ke Mahkamah Konstitusi (MK). Sebab ia tidak terima ditilang karena tidak menyalakan lampu sepeda motor.

Eliadi ditilang Polantas di Jalan DI Panjaitan Jaktim pada 8 Juli 2019 pukul 09.00 WIB. Eliadi ditilang karena lampu sepeda motornya tidak menyala. Eliadi sudah mempertanyakan mengapa ia wajib menyalakan lampu. Padahal bumi sudah terang terkena sinar matahari. Namun jawaban petugas tidak memuaskan.

Eliade kemudian bersama temannya, Ruben Saputra menggugat Pasal 197 ayat 2 dan Pasal 293 ayat 2 dan meminta untuk dihapuskan. Ayat itu adalah:

Pasal 197 ayat 2:
Pengemudi Sepeda Motor selain mematuhi ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) wajib menyalakan lampu utama pada siang hari.

Pasal 293 ayat 2
Setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor di Jalan tanpa menyalakan lampu utama pada siang hari sebagaimana dimaksud dalam Pasal 107 ayat (2) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 15 (lima belas) hari atau denda paling banyak Rp100.000,00 (seratus ribu rupiah).

Eliadi juga berdalih mengapa hanya ia yang ditilang, sementara Presiden Joko Widodo yang melakukan hal serupa tidak ditilang.

"Presidan Joko Widodo pada hari Minggu, 4 November 2018 pukul 06.20 WIB mengemudi sepeda motor di Jalan Sudirman, Kebun Nanas, Tangerang, Banten dan tidak menyalakan lampu utama sepeda motor dikemudikannya namun tidak dilakukan penindakan langsung (tilang) oleh pihak kepolisian," kata Eliadi yang tertuang dalam berkas permohonan sebagaimana dilansir website Mahkamah Kontitusi (MK), Jumat (10/1/2020).

Menurut Eliade, Jokowi sebagai kepala pemerintahan menurut Pasal 20 ayat 2 UUD 1945 ikut membahas rancangan UU ini.

"Hal ini telah melanggar asas kesamaan di mata hukum (equility before the law) yang terdapat dalam Pasal 27 UUD 1945," ujar Eliadi.

SUMBER:
https://news.detik.com/berita/d-4853...m=news_mostpop

KOMEN TS:
Boleh juga nih mahasiswa bawa-bawa RI-1 dikesalahannya. emoticon-Ngakak (S)
Apa cuma pengen pansos?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 59 lainnya memberi reputasi
60
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Ditilang karena Lampu Motor Tak Nyala, Mahasiswa: Kenapa Jokowi Tak Ditilang?
10-01-2020 13:24
klo gua jawabnya sih simple... jokowi ketika berkendara lampu tidak nyala karena doi presiden dalam pengawalan paspampres...
elu siapa? diseluruh dunia lampu motor wajib nyala koq. ketauan ente kaga pernah jalan2 ke eropa atau amerika. lampu tunggal wajib nyala, lampu dua atau wajib nyala minimal 1. alasannya agar mempermudah pengemudi mobil didepan untuk melihat posisi motor dibelakangnya ( dan lebih waspada)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 34 lainnya memberi reputasi
20 15
5
profile picture
kaskus addict
10-01-2020 13:31
Tp di aturan tidak disebutkan pengecualian. Artinya mau dikawal atau tidak lampu wajib nyala dnk? Bakalan seru nih
25
profile picture
kaskus addict
10-01-2020 14:20
@winterstrom22

walikota, polisi, gubernur, presiden punya dikresi

apalagi presiden bisa memberikan amnesti/pengampunan atas kesalaha orang tersebut
3
profile picture
kaskus addict
10-01-2020 14:42
Sotoy kayak dh ke amerika....
3
profile picture
kaskus geek
10-01-2020 15:46
@winterstrom22 Untuk presiden/kepala negara berlakunya aturan prioritas si pengguna jalannya, bukan aturan lalu lintas umum lagi..

Emgnya klo rombongan presiden nerobos lampu merah, bakal ditilang juga? Kan ngga, karena jelas sudah termasuk dalam aturan prioritas siapa pengguna jalannya.. Itu rombongan Kepala Negara yg dalam pengawalan..

Bahkan wa yakin, mau melawan arah, mau mendadak pake jalur trans Jakarta sekalipun, ga bakalan kena hukum, karena situasinya ga sama dengan pengguna lalu lintas pada umumnya..

Walopun, sebaiknya, emg lebih baik tetap mengikuti aturan yg ada, sebagai bentuk pendidikan kepada masyarakat..

Mungkin kira2 begitu emoticon-Peace
7
profile picture
kaskus addict
10-01-2020 16:13
@kakeksaya diskresi itu mksdnya bebas melanggar undang2? Bagaimaba kalau korupsi? Apakah bisa dikatakan diskresi? Ini sama2 undang2 loh. Serius nanya. Saya butuh tambahan pengetahuan.
0
profile picture
kaskus addict
10-01-2020 16:14
@RyoEdogawa setau saya prioritas dijalan itu diistimewakan lebih dari pengguna jalan lain. Tp apakah diperbolehkan melanggar aturan saya tidak tau. Mungkin yg lain bisa kasi pencerahan
0
profile picture
kaskus geek
10-01-2020 18:52
Justru dengan prioritas yg lebih itu makanya "diperbolehkan" melanggar aturan Gan, itulah letak keistimewaannya emoticon-Big Grin

Contoh simpel, ambulan itu boleh menerobos lampu merah, karena misalnya ambulan membawa pasien kritis dan harus berhenti di lampu merah, malah bisa merugikan si pasien tadi, makanya boleh menerobos lampu merah dan bahkan melanggar aturan lalu lintas lainnya misalnya kyk boleh masuk ke jalan yg secara normal mobil biasa ga boleh masuk..

Begitu juga presiden.. Prinsipnya lampu dihidupkan siang2, demi keamanan si pengendara dan pengguna jalan lainnya. Nah, presiden ini dikawal, dengan demikian maka keamanan si presiden berada di bawah pengawalan, dan dengan keberadaan pengawal ini yg juga ngidupin lampu, otomatis keberadaan rombongan ini diketahui pengguna jalan di depannya, blom lagi klo jalannya ternyata udah steril atau ada vorider jauh di depan mereka, ya jadi ya sah2 saja dengan apa yg dilakukan presiden (ga nyalain lampunya)..
Pengawalan emg tugas paspampres, tapi di jalan raya, juga jadi kewajiban polisi, lah polisi itu berhak merekayasa lalu lintas, berhak membolehkan apa yg secara normal kondisinya tidak boleh dalam menjalankan tugasnya, demi kepentingan yg lebih besar.. Jadi dalam rombongan tsb, presiden bukan sebagai individu lagi, tapi satu kesatuan sebagai rombongan kepala negara, yg jelas2 dalam pengawalan..

Rombongan Anies aja pernah lawan arus kok, apa ada yg pernah nuntut? emoticon-Big Grin

Itu mahasiswa hukumnya abal2 kali, bacaan aturannya masih sedikit emoticon-Big Grin

Baca2 sendiri deh klo ga percaya Gan emoticon-Peace

3
profile picture
kaskus addict
10-01-2020 21:37
@winterstrom22 hei rakyat jelata jgn macem2
Ayo pindah ke wakanda.disini pendukungnya ganas2
0
profile picture
10-01-2020 22:56
Di eropa sana kondisinya kurang penerangan alami oleh sinar matahar jadi makanya dibuat wajib menyalakan lampu, lah klo di indonesia cahaya matahari melimpah. Kalo ane lebih ke kesamaan aja, motor dan mobil wajib menyalakan lampu. Ya okelah mobil sekarang udh ada DRL nya yang seharusnya nyala di siang hari tp itu blm ada UU nya yg mewajibkan setiap mobil
1
profile picture
kaskus addict
11-01-2020 09:15
@standingseret kalau dikasi baju kyk blekpanter sama pesawat yg bisa ngilang ntu. Ane ikut
0
profile picture
kaskus addict
11-01-2020 14:04
Betul gan, tapi yang sedang di adu skrg itu pasal nya. Kalau memang dikawal jg masa si membahayakan diri sendiri sama pengendara didepannya. Mo jokowi kek. Mo dewa kek. Sekalian aj pasal nya di hapus toh?
0
profile picture
kaskus addict
12-01-2020 15:23
@winterstrom22 y penting bisa k wakanda aja sukur.dsini g asik, apa2 naik.pendukung pemerintahnya galak bgt
0
profile picture
kaskus addict
12-01-2020 16:29
@standingseret saya dukung pemerintah kalau kebijakan baik. Misalnya b30. Tanggungan bpjs ada peningkatan. Tp kalau kebijakan semacam eksport benih lobster saya kontra. Saya tetap pengen tinggal di wakanda
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia