Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
345
Lapor Hansip
28-12-2019 11:58

Sadis ! Biaya Sekolah TK Jaman Sekarang Lebih Tinggi Ketimbang Biaya Kuliah !

Mahal belum tentu berkualitas bagus, namun yang berkualitas bagus sudah pasti bernilai sepadan.


Pendidikan memang menjadi faktor yang sangat penting dan harus dimiliki oleh semua orang sebagai bekal untuk menjalani kehidupan. Bukan berarti tanpa pendidikan kita tidak bisa menjalani hidup, tapi dengan adanya pendidikan akan membantu kita terhindar dari pembodohan dunia. Pendidikan memang sangat baik jika diberikan sejak dini. Seperti kata pepatah, jika pondasi bangunan kuat maka setelah dibangun rumah atau apartment, bangunannya pun akan lebih kuat dan kokoh dari terpaan angin, hujan. Begitu juga dengan anak-anak, usia mereka adalah usia untuk membangun pondasi berupa karakter, sikap, perilaku, pengetahuan. Jika sedari dini mereka sudah mendapatkan pendidikan yang layak, itu akan berdampak positif setelah dewasa nanti.

Berdasarkan pemikiran seperti itu, para orang tua berlomba-lomba mencari Kelas Bermain (KB) atau Taman Kanak-kanak (TK) terbaik untuk putra-putri mereka. 

Akhir-akhir ini, beredar daftar uang masuk dan uang SPP dari beberapa sekolah TK di Kota Jakarta yang menjadi perdebatan sengit karena harganya yang selangit. Beberapa pihak meragukan, apakah worth it sekolah TK mematok biaya masuk dan SPP dengan harga tersebut padahal itu hanya sekolah anak-anak. Ada juga yang berpendapat biaya senilai itu wajar saja, karena fasilitas yang ditawarkan juga memadai. Kalo menurut ane, ini sih balik lagi ke kemampuan kantong masing-masing ya. Tapi ane cukup kaget juga si, setelah tau rincian biaya nya. Lebih mahal ketimbang biaya kuliah ane dulu cuy !
Sadis ! Biaya Sekolah TK Jaman Sekarang Lebih Tinggi Ketimbang Biaya Kuliah !
Ini adalah daftar beberapa sekolah TK yang ada di Kota Jakarta serta kisaran biayanya, silahkan bagi yang nyinyir silahkan nyinyir emoticon-Big Grin

1. IPEKA
Uang Pangkal  : 15.000.000
SPP Bulanan    : 1.950.000
Uang Tahunan : 600.000

2. Lazuardi Cordova
Uang Pangkal  : 15.488.000

SPP Bulanan    : 1.180.000
Uang Tahunan : 625.000

3. Kinderfield Duren Sawit
Uang Pangkal  : 17.000.000
SPP Bulanan    : 2.200.000

4. Al-Azhar Blok M

Uang Pangkal  : 22.000.000
SPP Bulanan    : 1.250.000

5. Cikal CIlandak

Uang Pangkal  : 41.800.000
SPP Bulanan    : 4.000.000 

6. Al-Falah Jakarta Timur

Uang Pangkal  : 68.000.000
SPP Bulanan    : 5.200.000 

7. Global Islamic School

Uang Pangkal  : 17.500.000

SPP Bulanan    : 1.750.000
Uang Tahunan : 6.905.000 

8. Mentari International School

Uang Pangkal  : 20.500.000
SPP Bulanan    : 7.500.000  

9. Australia Independen School

Uang Administrasi  : 9.450.000

SPP Tahunan           : 169.000.000

10. Jakarta International School

Uang Pangkal   : 22.000.000

SPP Tahunan    : 343.000.000

Kalo reaksi kalian biasa aja setelah tau biaya masuk sekolah di TK Jakarta diatas, wah tepuk tangan. Berarti anda termasuk golongan SULTAN. 


Haris Iskandar selaku Dirjen PAUD dan Diknas memberikan tanggapan :
Quote:"Soal (PAUD yang mahal) yang di Jakarta itu mereka itu biasanya PAUD-PAUD yang internasional itu ya. Lembaga internasional yang berasosiasi dengan lembaga asing dan juga segmentasinya juga yang disasar juga bukan seluruh komponen masyarakat, tapi komponen masyarakat tertentu kan. Jadi saya kira itu tergantung kepada mereka yang mampu ya"




Jadi kalo kata Pak Haris, biaya semahal itu ga masalah ya. Karena dengan biaya semahal itu target sekolah bukanlah masayarat misqueen macem ane begini, sasaranya untuk para sultan.

Ane sih penasaran banget, fasilitas apa saja yang mereka tawarkan sehingga membebani biaya setinggi itu? Apakah staf pengajar disana lulusan sekolah terbaik dunia kah? Atau fasilitas sekolah yang ditawarkan sangat lengkap? Atau materi pelajarann yang diberikan adalah materi rahasia yang tidak diberikan disekolah lain. Entah lah, ane cuma penasaran aja. 

Ane dulu kuliah di Universitas Mercu Buana Jakarta tahun masuk 2013 uang pangkal baru 9jt sekian dan per SKS nya cuma 260.000 kalo sesemester ane ngambil 20 sks brrti spp semester ane cuma 5.200.000. Ini belum termasuk biaya buku, dan pretelan lainny. Tapi kalo ditotal ane kuliah disana 3,5 tahun ane cuma ngeluarin biaya ya kira-kira 50 juta an. Jadi milih buat nyekolahin anak TK atau nguliahin di kampus nih?

Oke ane tau 2 hal ini sebenarnya tidak patut di sandingkan dan dibandingkan, karena jika dilihat diari sudut pandang manapun sangatlah berbeda. Ane cuma mau ngasih sedikit gambaran aja. Kalo pendapat kalian gimana? 

sumber : 1 ,

profile-picture
profile-picture
profile-picture
sebelahblog dan 41 lainnya memberi reputasi
40
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Sadis ! Biaya Sekolah TK Jaman Sekarang Lebih Tinggi Ketimbang Biaya Kuliah !
05-01-2020 15:14
Anak2 saya dulu TK nya yg biasa, TK dekat rumah aja, SPPnya murah, mungkin 100 ribuan atau kurang ya, saya lupa. Tapi SDnya di SD swasta yg lumayan bagus dan terkenal. Uang pangkalnya dulu 5 thn yg lalu 28 koma sekian, SPP 1,2 yg naik terus setiap tahun, uang kegiatan+buku+ekskul 5-6 jutaan per tahun. Jadi TKnya mgkn setara lah ya ama TK yg disebutin di depan. Menurut saya perbedaan antara TK mahal dan biasa-biasa aja itu hasil dari liat2 TK sebelah kalo lagi jemput anak:
1. Fasilitas, jelaslah ya emoticon-Big Grin
Dulu TK anak saya ga ada ACnya, permainan macam perosotan ayunan dll itu model jadul. Di TK mahal jelas pake AC, mainan macam trampolin, ayunan dari fischer price atau ELC dan semacamnya, montessory lah dll.

2. Kegiatan
Di TK anak saya dulu kegiatan non belajar di kelas paling field trip ama pentas seni sekali setaun, kalo di TK nya SD anak saya, bisa tiap 3 bulan sekali ada event, temanya macam-macam, trs kayanya juga mereka sering kunjungan gitu.

3. Kreativitas guru
Di TK swasta mahal kayanya kreativitas guru dituntut lebih maksimal dibandingkan sekolah biasa. Jadi porsi learning by doing, praktek dsb yang tentu butuh komitmen lebih dari guru, lebih banyak dibandingkan anak cuma duduk manis di kelas dengerin guru ngomong. Eh tapi saya juga ga tau sih, di TK tuh udah belajar apa aja ya emoticon-Big Grin

Intinya, sekolah swasta macam ini ada karena ada demand dari orang tua murid. Dan tentunya karna mereka sudah berani mematok harga mahal, ya kualitas mesti sangat mereka jaga.
Org tua juga sebetulnya ga perlu meradang atau memaksakan sekolah di sana kalo merasa itu kemahalan atau ga pantas kok. Pilihan pasti selalu ada emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sinsin2806 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia