News
Batal
KATEGORI
link has been copied
79
Lapor Hansip
09-12-2019 12:00

Mengenal Lengkap Fase Waktu dalam Satu Hari

Mengenal Lengkap Fase Waktu dalam Satu HariMengenal Lengkap Fase Waktu dalam Satu HariMengenal Lengkap Fase Waktu dalam Satu Hari

Mengenal Lengkap Fase Waktu dalam Satu Hari
Anda mungkin telah mengetahui bahwa satu hari dibagi menjadi empat fase : pagi, siang, sore, malam. Namun, tahukah Anda bahwa terdapat penjabaran lebih kompleks mengenai fase waktu dalam satu hari. Apa sajakah itu?

Klik gambar untuk menuju sumber gambar

Dini Hari
Mengenal Lengkap Fase Waktu dalam Satu Hari
Suasana dini hari di sebuah jalanan.

Dini hari adalah fase terawal dari satu hari. Ia dimulai setelah tengah malam dan berakhir saat fajar. Pada fase ini, tidak banyak aktivitas yang dilakukan oleh manusia namun merupakan saat beraktivitas bagi makhluk nokturnal seperti kelelawar. Dini hari kadang juga dianggap sebagai bagian dari malam hari. Pada 9 Desember 2019 di Jakarta, dini hari berlangsung mulai pukul 23.44 WIB (8 Desember 2019) hingga pukul 04.14 WIB.

Fajar
Mengenal Lengkap Fase Waktu dalam Satu Hari
Suasana fajar.

Fajar adalah periode pada saat langit mulai tampak terang secara bertahap namun Matahari belum muncul. Waktu ini menandai transisi dari malam hari ke pagi hari. Fajar terdiri atas 3 fase.

Fajar astronomis didefinisikan sebagai periode saat Matahari berada pada 18 derajat hingga 12 derajat di bawah cakrawala pada pagi hari. Ini menandai akhir dari malam hari. Pada saat ini, langit sudah tak tampak gelap seperti pada waktu malam hari. Namun, cahayanya belum cukup terang.
Untuk wilayah Jakarta tanggal 9 Desember 2019, fajar astronomis berlangsung pada pukul 04.14 WIB hingga 04.41 WIB.
Fajar astronomis juga menandai waktu Subuh.

Fajar nautikal didefiniskan sebagai periode saat Matahari berada pada 12 derajat hingga 6 derajat di bawah cakrawala pada pagi hari. Pada masa ini, langit mulai berwarna kebiruan karena pantulan sinar matahari dari atmosfer. Cahaya langit sudah mulai cukup terang dan manusia mulai dapat melihat keadaan sekitar.
Untuk wilayah Jakarta tanggal 9 Desember 2019, fajar nautikal berlangsung pada pukul 04.41 WIB hingga 05.08 WIB.

Fajar sipil adalah pada saat Matahari berada pada 6 derajat di bawah cakrawala hingga tepat sebelum Matahari muncul dari cakrawala di timur. Cahayanya sudah terang meskipun matahari belum muncul.
Untuk wilayah Jakarta tanggal 9 Deswmber 2019, fajar sipil berlangsung pada pukul 05.08 WIB hingga 05.30 WIB.

Matahari Terbit
Mengenal Lengkap Fase Waktu dalam Satu Hari
Suasana saat Matahari terbit di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Matahari terbit adalah saat Matahari mulai muncul dari cakrawala di timur. Matahari berada pada 0 derajat (sejajar) dari cakrawala dan perlahan mulai naik. Saat Matahari terbit menandai dimulainya waktu pagi hari.
Karena perbedaan zona waktu dan posisi bujur-lintang, waktu Matahari terbit dapat berbeda-beda sepanjang tahun.
Idealnya, waktu Matahari terbit adalah sebelum pukul 06.00 waktu setempat. Waktu Matahari terbit dapat menjadi indikator ketepatan zona waktu secara geografis. Sebagai contoh, di Jakarta, Matahari terbit pada pukul 05.30 WIB pada 9 Desember 2019, pada tanggal yang sama di Kuala Lumpur, Matahari baru terbit pada pukul 07.06 MST. Jika Anda pergi ke Kuala Lumpur, Anda akan menemukan bahwa langit pukul 06.00 di sana akan terlihat seperti pukul 05.00 di Jakarta. Ini menunjukkan bahwa secara geografis, Malaysia berada dalam zona waktu yang kurang tepat karena jika berpatokan pada posisi bujur, waktu Malaysia seharusnya sama dengan WIB. Namun, penentuan zona waktu Malaysia sendiri sebenarnya lebih mengarah pada tujuan komersial dan sosial, yaitu menyejajarkan dengan waktu perdagangan efektif di Hong Kong dan membuat orang-orang mulai beraktivitas saat keadaan belum terlalu panas.

Pagi Hari
Mengenal Lengkap Fase Waktu dalam Satu Hari
Suasana pagi hari di Gunung Agung.

Pagi hari adalah periode setelah Matahari terbit hingga sebelum Matahari mencapai titik tertinggi di atas cakrawala. Secara umum, definisi pagi adalah antara pukul 06.00 dan 11.00. Namun, secara astronomis, periode ini dimulai pada saat Matahari terbit dan berakhir saat Transit atau Tengah Hari. Dengan definisi ini, pada 9 Desember 2019 di Jakarta, pagi berlangsung mulai pukul 05.30 WIB hingga 11.44 WIB.

Tengah Hari
Mengenal Lengkap Fase Waktu dalam Satu Hari
Matahari pada saat tengah hari di Kerala, India. Pada tengah hari, matahari berada pada posisi tertingginya dari cakrawala.

Tengah hari adalah periode saat Matahari transit melewati meridian yaitu titik tertinggi di atas cakrawala. Saat itu, Matahari berada tepat 180 derajat di atas cakrawala. Secara umum, 12.00 dianggap sebagai Tengah Hari. Namun, Tengah Hari astronomis berubah setiap hari sepanjang tahun. Untuk wilayah Jakarta pada 9 Desember 2019, Tengah Hari terjadi pada pukul 11.44 WIB.

Tengah hari menjadi batas antara pagi hari dan siang hari.

Siang Hari
Mengenal Lengkap Fase Waktu dalam Satu Hari
Suasana siang hari yang berawan diambil dari sebuah gedung bertingkat.

Siang hari adalah periode setelah tengah hari dan sebelum sore hari. Siang juga dapat merujuk secara luas kepada seluruh periode terang atau terpaparnya suatu daerah terhadap cahaya Matahari, yaitu pagi, siang, dan sore.

Siang secara umum dianggap dimulai pada pukul 11.00 hingga 15.00. Namun, secara astronomis, siang dimulai pada saat tengah hari. Maka, siang hari di Jakarta pada 9 Desember 2019 dimulai pada pukul 11.44 WIB.

Sore Hari
Mengenal Lengkap Fase Waktu dalam Satu Hari
Suasana sore hari dilihat dari sebuah gedung bertingkat.

Sore hari merujuk pada periode setelah siang hari dan sebelum senja, biasanya dimulai pada pukul 15.00 hingga 18.00. Pada periode ini, cahaya Matahari terasa agak menyengat dan langit berwarna sedikit kekuningan. Sore hari berakhir pada saat matahari terbenam.

Matahari Terbenam
Mengenal Lengkap Fase Waktu dalam Satu Hari
Matahari terbenam di Portugal, 2007.

Matahari terbenam adalah saat Matahari tepat berada 0 derajat dari cakrawala di barat dan menandai akhir dari periode terbit Matahari. Pada 9 Desember 2019, Matahari terbenam di Jakarta pada pukul 17.58 WIB. Matahari terbenam juga menjadi penanda masuk waktu Magrib.

Senja
Mengenal Lengkap Fase Waktu dalam Satu Hari
Suasana senja di California.

Senja adalah periode saat cahaya Matahari mulai memudar karena Matahari mulai terbenam ke bawah cakrawala. Ini adalah transisi dari sore hari ke malam hari dan merupakan kebalikan dari fajar. Seperti fajar, senja juga dibagi dalam 3 fase.

Senja sipil adalah saat Matahari berada 0 derajat hingga 6 derajat di bawah cakrawala. Cahaya matahari mulai meredup dan langit berwarna jingga. Pada 9 Desember 2019 di Jakarta, senja sipil berlangsung mulai pukul 17.58 WIB hingga 18.21 WIB.

Senja nautikal adalah saat Matahari berada 6 derajat hingga 12 derajat di bawah cakrawala. Langit mulai terlihat gelap namun cahaya remang masih tampak di langit. Pada 9 Desember 2019 di Jakarta, senja nautikal berlangsung mulai pukul 18.21 WIB hingga 18.48 WIB.

Senja astronomis adalah saat Matahari berada 12 derajat hingga 18 derajat di bawah cakrawala. Langit sudah tampak gelap dan cahaya terlihat sangat tipis. Pada 9 Desember 2019 di Jakarta, senja astronomis berlangsung mulai pukul 18.48 WIB hingga 19.14 WIB.

Malam Hari
Mengenal Lengkap Fase Waktu dalam Satu Hari
Suasana malam hari di Napoli, Italia.

Malam hari adalah periode saat cahaya Matahari tidak menerangi sebuah wilayah dan merupakan kebalikan dari siang hari. Secara astronomis, malam hari dimulai saat senja astronomis berakhir, yaitu saat Matahari sudah berada lebih dari 18 derajat di bawah cakrawala dan berakhir saat fajar astronomis. Pada 9 Desember 2019 di Jakarta, malam hari dimulai pada pukul 19.14 WIB hingga pukul 04.15 WIB (10 Desember 2019).

Tengah Malam
Mengenal Lengkap Fase Waktu dalam Satu Hari
Suasana perayaan Tahun Baru di Jakarta. Momen ini berlangsung menjelang dan tepat pukul 00.00 yang merupakan saat tengah malam.

Tengah malam adalah saat bergantinya hari dan merupakan puncak dari malam hari. Secara umum, tengah malam didefinisikan sebagai pukul 00.00 waktu setempat. Namun, secara astronomis, waktu tengah malam dapat berubah sepanjang tahun. Untuk Jakarta misalnya, waktu tengah malamnya pada tanggal 9 Desember 2019 adalah pada pukul 23.45 WIB. Pada saat ini, Matahari berada tepat 180 derajat di bawah cakrawala. Perhitungan ini didapat dengan mencari titik tengah dari periode malam pada tanggal tersebut.

Karena perbedaan posisi Bumi terhadap Matahari sepanjang tahun dan perbedaan sudut pandang di berbagai wilayah, waktu terjadinya kejadian di atas berubah-ubah pada tanggal dan lokasi yang berbeda.

Mengenal Lengkap Fase Waktu dalam Satu Hari
Demikian thread dari saya kali ini. Terima kasih telah membaca thread ini dan semoga hari Anda menyenangkan.

Mengenal Lengkap Fase Waktu dalam Satu Hari
Referensi I
Referensi II
Referensi III
Referensi IV
Referensi V
Referensi VI
Referensi VII
Referensi VIII
Referensi IX
Referensi X
Referensi XI

Mengenal Lengkap Fase Waktu dalam Satu Hari

Mengenal Lengkap Fase Waktu dalam Satu Hari
Diubah oleh gilbertagung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nyimak92 dan 23 lainnya memberi reputasi
24
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Mengenal Lengkap Fase Waktu dalam Satu Hari
15-12-2019 07:49
1. Bukankah lebih efektif secara ekonomi dan sosial, kalo Indonesia menganut 1 time zone?

2. Bagaimana dengan negara-negara yang berada di dekat kutub bumi, seperti Rusia misalnya.
Pastinya mereka lebih repot soal pembagian zona waktu.
Secara 15 derajat bujur buat mereka cakupan wilayah nya sempit sekali?

3. Apakah kalo kita berada di luar orbit bumi yang sudah tidak terpengaruh rotasi bumi, kita tidak terpengaruh perubahan waktu yang terjadi di bumi?

Maaf,
Banyak tanya.emoticon-Sorry
profile-picture
tikusil memberi reputasi
1 0
1
profile picture
kaskus addict
15-12-2019 10:25
Berdampak loh gan. Malaysia dan Singapura itu diubah menjadi GMT+8 untuk urusan perekonomian kalo ga salah. Padahal mereka lokasinya di tengah2 GMT+7. emoticon-Big Grin

Hasilnya, anak2 berangkat sekolah pas subuh, udah pada nunggu di halte bus gelap2, karena jam 6 disana itu sebenernya jam 5 nya WIB. Tukang sapu jalanan jam 4 udah keluar, dimana sebenernya masih jam 3 di WIB.

emoticon-Big Grin
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia