News
Batal
KATEGORI
link has been copied
102
Lapor Hansip
07-12-2019 21:32

Tak Jadi Bulanan, 'Gaji Pengangguran' Sekali Bayar Rp 500 Ribu

Tak Jadi Bulanan, 'Gaji Pengangguran' Sekali Bayar Rp 500 Ribu

Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan akan memberikan insentif 'gaji' kepada peserta program Kartu Pra Kerja. Insentif itu diberikan setelah peserta selesai mengikuti pelatihan.

Hal itu diungkapkan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah usai bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Kamis (5/12/2019).

"Insentif ada, sementara estimasinya Rp 500.000," kata Ida di kompleks Istana Kepresidenan.


Baca juga: Jokowi Mulai 'Gaji' Pengangguran Paling Lambat Februari 2020

Penerima manfaat Kartu Pra Kerja adalah mereka yang sudah lulus SMA/SMK, atau lulus perguruan tinggi. Selain itu, penerima manfaat Kartu Pra Kerja tidak sedang menjalani pendidikan formal. Lalu, korban pemutusan hubungan kerja (PHK), maupun yang ingin meningkatkan skill atau keterampilan sesuai kebutuhan industri juga dapat memperoleh Kartu Pra Kerja.

Sedangkan dari sisi usia, syarat yang ditentukan pemerintah minimal berusia 18 tahun dan tidak ada batasan usia maksimal untuk mengikuti program Kartu Pra Kerja.

Mengenai insentif, kata Ida, akan diberikan setelah peserta menyelesaikan pelatihan. Sehingga tidak ada lagi pemberian insentif setiap bulannya dan akan digantikan dengan uang transport dan konsumsi. Adapun lama pelatihan yang diberikan sesuai dengan bidang yang diambil.

Baca juga: Pengangguran yang Dapat 'Gaji' Bakal Dibatasi

Menurut Ida, insentif sebesar Rp 500.000 diberikan sebagai modal bagi peserta yang ingin mencari kerja pasca selesai mengikuti pelatihan. Program Kartu Pra Kerja nantinya memberikan pelatihan skilling, upskilling, dan resklling.

"Saya nggak ngomong teknis dulu, nanti sedang dipersiapkan formulanya, sistemnya seperti apa. Tapi kira-kira Rp 500.000 untuk biaya transport dia untuk masuk (kerja), dan sudah ada pasar kerjanya nih, dia kan butuh apply, ya itu Rp 500.000 itu bukan untuk setiap bulan, sampai selesai ya itu," jelas Ida.

Diketahui, pemerintah menyiapkan anggaran program Kartu Pra Kerja sebesar Rp 10 triliun pada APBN 2020. Program tersebut menargetkan 2 juta orang peserta dan akan dilaksanakan pada tahun depan.

kirain cair 7 juta


realisasi gk seindah janji..
dimaklumi aja yah wahai para pengangguran, ekonomi kita memang lg hancur lebur
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dalledalminto dan 10 lainnya memberi reputasi
11
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Tak Jadi Bulanan, 'Gaji Pengangguran' Sekali Bayar Rp 500 Ribu
07-12-2019 21:43
Lebih baik berdayakan BLK di tiap kota aja.
Biar dapat kursus skill tertentu + penyaluran lgsg biar siap kerja.
Dikasih uang cash gitu gak tepat buat orang Indonesia.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
highlander. dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
profile picture
kaskus geek
07-12-2019 22:58
Mengenai insentif, kata Ida, akan diberikan setelah peserta menyelesaikan pelatihan.
1
profile picture
kaskus maniac
07-12-2019 22:59
Klo pelatihan di blk gitu ga smua gratis gan,klo yg gratis kuotanya terbatas bgt,jaman ane aja cm 10 orang.trus bnyk murid titipan,mungkin bayar sm org dalem yg hrsnya gratis
3
profile picture
kaskus maniac
07-12-2019 23:29
@debuki ya itu yg harus diperbaiki..
1
profile picture
kaskus maniac
08-12-2019 04:55
blk itu udah kayak mati segan hidup tak mau di kota ane, kalo si jokok serius itu harus dirombak besar besaran

5 tahun lalu gak ada di gubris apapun sama si jokokemoticon-Busa:


kalo janji kasi duit cash itu namanya program busukemoticon-fuck
2
profile picture
kaskus holic
08-12-2019 05:24
blk kurang greget brey...soalnya tetangga ane ada noh yang dari bulan maret sampai sekarang gak ada kabar lagi...padahal lulus, daftar ulang, hari H gak bisa ikutan kursi udah penuh...nanya kepastian buat jadwalin ulang malah dipingpong sana sini
1
profile picture
kaskus maniac
08-12-2019 08:02
@idevulgar itu BLK nya aja yg busuk. banyak titipan. atau mmg ga niat gelar BLK. jangan disama ratakan. banyak BLK yg bener2 bantu SDM buat nambah skill, buka usaha, dan cr kerja.
2
profile picture
kaskus holic
31-12-2019 16:58
@kerupukaleng iya ane percaya brey soal itu, bahwa tidak semua BLK gak niat adain pelatihan...ane cuma cerita tetangga ane yang begitu semangat mengikuti semua prosesnya dari tes seleksi interview dan daftar ulang, dibela2in cukur plontos, malah bawa brosur buat dikasihin ke orang2 yang belum tau...begitu hari pelatihan tidak bisa ikut, tanya kepastian di pingpong suruh tanya sana sini (ane juga udah liat ada bukti pemberitahuan via email kalau diterima,ss pengumuman di fb, dia bilang dapat form daftar ulang juga), pada intinya ane tidak beranggapan bahwa blk busuk...
1
profile picture
kaskus maniac
31-12-2019 18:56
@idevulgar atau mungkin gini, gan. BLK kan ada anggaran ya bwt penyelenggaraan. Nah pendaftarannya sekedar formalitas, cari peserta. setelah terkumpul, diulur ulur sampe waktu habis. Jd laporan ke atas seolah latihan kerja sudah terselenggara dng jumlah peserta sekian. Dan anggaran sudah terpakai.
1
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia