Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
213
Lapor Hansip
05-12-2019 05:18

Nostalgia Mainan Anak Jadul Berbahan Dasar Alam. Nggak Perlu Mainan Mahal Gan!

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh โค


Welcome to my 9th thread


Halo Agan dan Sista semuanya..
Semoga sehat selalu ya..
Sebelumnya Terimakasih sudah berkenan mampir, ngintip, syukur - syukur bisa ngasih komen, rate dan cendol segernya..

.................

Berbicara mengenai Nostalgia terutama pada masa kanak - kanak, banyak menyisakan kenangan manis yang tidak terlupakan.

Menjadi anak - anak yang Hidup di Desa pada Era 90-an, kegiatan rutin kami sepulang sekolah adalah bermain bersama teman sebaya.

Tidak ada gadget, tidak ada larangan bermain diluar rumah serta kebebasan mengeksplorasi lingkungan, membuat kreativitas kami tidak ada habisnya untuk membuat mainan sendiri.

Mainan yang kami buat pun tidak memerlukan biaya apapun. Karena bahan mainan - mainan itu berasal dari alam.

Berikut beberapa jenis mainan yang bisa kami buat jaman kecil dulu.


Quote: ๐Ÿ Mainan dari Pohon kelapa.

Sudah pernah dengar filosofi pohon kelapa? Ya, Pohon yang satu ini adalah pohon yang semua komponennya bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Waktu kami kecil dulu, pohon kelapa ini populasinya masih sangat banyak di Desa kami. Jika ingin sekedar membuat santan kelapa atau meminum kelapa muda, tidak perlu beli karena sudah tersedia di sekitar rumah kami.

Bagian kelapa yang kami manfaatkan untuk membuat mainan adalah :

๐ŸŒธ Daun kelapa.

Nostalgia Mainan Anak Jadul Berbahan Dasar Alam. Nggak Perlu Mainan Mahal Gan!
Sumber gambar : galery pribadi

Nah, daun kelapa ini kami bisa kreasikan menjadi beberapa mainan dengan cara menganyamnya seperti : membuat bola, membuat kitiran atau baling - baling, membuat pecutan atau keris, jam tangan dan aneka mainan lainnya.

Nostalgia Mainan Anak Jadul Berbahan Dasar Alam. Nggak Perlu Mainan Mahal Gan!
Sumber gambar : google search

Semuanya hanya membutuhkan tangan terampil saja tanpa biaya apapun.
Sudah senang, dapat terampilnya juga lho GanSist.

๐ŸŒธ Bluluk atau bakal buah kelapa.

Nostalgia Mainan Anak Jadul Berbahan Dasar Alam. Nggak Perlu Mainan Mahal Gan!
Sumber gambar : google search

Bakal buah kelapa yang gagal tumbuh, seringkali jatuh dari atas pohon kelapa. Bluluk yang ternyata bisa dijadikan bahan makanan untuk membuat botok ini, bisa kami manfaatkan untuk membuat semacam permainan yoyo atau gasing.
Bahan lain yang kami butuhkan hanyalah sebatang lidi dan karet gelang. Dan viola.. gasing ala - ala kami sudah siap dimainkan.

๐ŸŒธ Batok kelapa.

Nostalgia Mainan Anak Jadul Berbahan Dasar Alam. Nggak Perlu Mainan Mahal Gan!
Sumber gambar : google search

Jika ibu - ibu jaman sekarang lebih suka membeli santan kemasan, lain halnya dengan ibu - ibu Era dahulu yang mendapatkan santan kelapa harus dengan proses mengupas kulit kelapa terlebih dahulu.

Nah, didalam sabut kelapa terdapat tempurung keras yang berfungsi melindungi air dan daging buah kelapa. Inilah yang kami sebut sebagai batok.

Batok inilah yang kami manfaatkan untuk dijadikan egrang. Bahan yang kami perlukan hanyalah batok dan tali. Dan viola.. jadilah egrang sederhana untuk main balapan.


Quote:๐Ÿ Mainan dari Pohon pisang.

Selain pohon kelapa, pohon yang eksistensinya tidak kalah bermanfaat bagi kebutuhan hidup manusia adalah pohon pisang.

Daunnya yang lebar, serta pelepah dan batangnya yang lunak membuat kami bisa berkreasi membuat mainan berbahan dasar daun dan pelepah pisang. Seperti berikut ini :


๐ŸŒธ Daun Pisang


Nostalgia Mainan Anak Jadul Berbahan Dasar Alam. Nggak Perlu Mainan Mahal Gan!
Sumber gambar : google search

Terlahir sebagai anak perempuan, mainan dari daun pisang ini sangat cocok bagi kami. Dari daun ini, kami bisa membuat anyaman, dompet, buku - bukuan dan membuat uang - uangan koin dari daun pisang.

Jadi, untuk bermain sekolah - sekolahan, kami tidak memerlukan kertas atau bolpoin. Karena dengan buku berbahan daun dan lidi untuk menulis, sudah cukup sebagai media bermain sekolah - sekolahan.

๐ŸŒธ Pelepah pisang

Bagi anak perempuan, pelepah pisang ini bisa dibuat menjadi boneka - bonekaan.
Rambut boneka bisa menggunakan daun pisang yang digulung pada pelepah pisang kemudian diikat karet. Lalu bagian daun disuir kecil - kecil sehingga terlihat seperti rambut yang tebal dan lurus.

Nostalgia Mainan Anak Jadul Berbahan Dasar Alam. Nggak Perlu Mainan Mahal Gan!
Sumber gambar : google search

Atau bisa juga dengan memotong setengah dari kulit pelepah pisang, lalu mensuir bagian dalamnya. Alat yang dibutuhkan hanyalah pisau pinjam punya ibu dirumah. Dan viola.. jadilah boneka murah meriah untuk di hair styling.

Sedangkan bagi anak laki - laki, pelepah ini bisa dijadikan bahan untuk membuat tembak - tembakan dan mobil - mobilan.

Nostalgia Mainan Anak Jadul Berbahan Dasar Alam. Nggak Perlu Mainan Mahal Gan!
Sumber gambar : google search

Sungguh asyik sekali.

๐ŸŒธ Jantung pisang

Bagian dari buah pisang yang bisa dijadikan bahan sayuran ini, memiliki bentuk yang indah menurut kami.

Nostalgia Mainan Anak Jadul Berbahan Dasar Alam. Nggak Perlu Mainan Mahal Gan!
Sumber gambar : google search

Bagian bakal pisang yang tersusun berjejer didalamnya sangat cantik. Oleh karena itu, keindahan dari si jantung pisang ini kami jadikan sebagai sandal - sandalan.


Quote: ๐ŸMainan dari daun nangka.

Nostalgia Mainan Anak Jadul Berbahan Dasar Alam. Nggak Perlu Mainan Mahal Gan!
Sumber gambar : galery pribadi

Berimajinasi menjadi puteri pemilik mahkota adalah impian kami. Tak jarang kami senang bermain drama - dramaan layaknya sinetron Bidadari yang sedang hits saat itu.

Dengan berbahan dasar daun nangka, mahkota impian bisa kami buat. Dengan melipat daun nangka menjadi dua bagian dan lidi sebagai penyambung, taraaaaa mahkota kami pun sudah siap digunakan.


Quote:๐Ÿ Mainan dari Bambu.

Tanaman bambu memiliki rambut halus yang gatal jika terkena tangan. Namun hal ini tidak serta merta membuat anak - anak Era dahulu kehabisan ide untuk membuat mainan berbahan dasar bambu.

Nostalgia Mainan Anak Jadul Berbahan Dasar Alam. Nggak Perlu Mainan Mahal Gan!
Sumber gambar : google search

Mainan murah meriah yang bisa kami buat dari bambu adalah pletokan atau tembakan.

Jika membuat layangan membutuhan biaya untuk membeli kertas, lem dan benang, tidak dengan mainan yang satu ini.

Alat yang dibutuhkan hanyalah pisau milik orang tua dirumah.
Untuk pelurunya, biasanya kami menggunakan buah dari tanaman liar yang berwarna hijau dan bebentuk bulat kecil.
Meskipun sederhana, suara tembakan yang dihasilkan membuat kami puas bermain seharian.


Quote:๐Ÿ Mainan dari Batang Daun Randu dan Singkong.

Bentuk daun randu dan daun singkong mirip. Keduanya memiliki bentuk daun yang menjari.
Namun, kedua daun tersebut kami pergunakan untuk membuat mainan yang berbeda.

๐ŸŒธ Batang Daun singkong.

Nostalgia Mainan Anak Jadul Berbahan Dasar Alam. Nggak Perlu Mainan Mahal Gan!
Sumber gambar : google search

Dengan membelah batang daun singkong kemudian mematahkan sedikit demi sedikit dan menjadikan bagian daun sebagai bandulnya, adalah cara membuat kalung ala - ala bagi kami.

Terkadang kami membuat kalung - kalungan dalam jumlah yang banyak dan bermain jual - beli kalung emas. Maklum lah ya.. anak cewek sih..

๐ŸŒธ Batang daun randu.

Nostalgia Mainan Anak Jadul Berbahan Dasar Alam. Nggak Perlu Mainan Mahal Gan!
Sumber gambar : google search

Pohon randu itu apa sih? Pohon randu bisa juga disebut juga dengan pohon kapuk gan.
Jaman kecil kami dulu, populasi pohon ini masih banyak. Seringkali ibu - ibu jaman dulu mengumpulkan kapuk dari pohon ini untuk bahan baku membuat bantal.

Nah back to topic, batang daun randu ini kami jadikan sebagai hair stylist dalam mengeriting rambut. Entahlah siapa penemunya, namun hasilnya memang bisa keriting beneran lho Gansist.

Caranya adalah dengan membelah batang daun randu, ambil sedikit helai rambut dan dimasukkan kedalamnya, kemudian digulung dan diikat. Tunggu beberapa menit dan lepaskan ikatan tadi. Tararaaaa dijamin rambut Gansist jadi keriting.


Quote:๐Ÿ Mainan dari tanah liat.

Ketika kami kecil, Tanah liat merupakan hal yang paling mudah kami temukan disekitar rumah.

Nostalgia Mainan Anak Jadul Berbahan Dasar Alam. Nggak Perlu Mainan Mahal Gan!
Sumber gambar : google search

Dengan tanah tersebut, kami bisa membuat design rumah - rumahan yang bisa kami isi dengan furniture berbahan tanah juga. Lalu membubuhinya dengan aksesoris bunga dari rumput liar didalamnya. Seru pokoknya..

Selain itu, tekstur tanah liat yang lembut dan mudah dibentuk, membuat kami membuat patung atau bangun ruang kreasi kami. Caranya yaitu dengan mencampur tanah dengan air, lalu kami bentuk sesuka hati dan proses terakhir dikeringkan oleh panas matahari. Setelah kering, jadilah hasil seni rupa ala kami.



Nah Agan dan Sista. Mainan berbahan dasar alam yang ane sebutkan diatas kebanyakan memang ditujukan untuk anak perempuan karena ane memang dilahirkan sebagai wanita.. hehe

Sekarang ini di Kampung ane, ane lihat sudah jarang anak - anak yang mengeksplore alam untuk media bermain.
Ya, tak lain tak bukan adalah karena adanya gadget dan televisi yang membatasi ruang gerak bermain anak - anak sekarang.

Semua mainan diatas menyisakan banyak kenangan kecil ane gan. Tak heran baju ane dulu kebanyakan rusak karena terkena getah pohon pisang. Hihi

Oke Gansist, sekian dulu thread ini ane buat.

Quote:Kalau Agan dan Sista punya cerita menarik seputar mainan berbahan dasar alam yang pernah Gansist buat, silahkan ketik - ketik dikolom komentar ya..


Wassalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh โค




Tambahan dari kolom komen :


Quote:Original Posted By Helm.Proyek โ–บ
jadi sembalap gan..emoticon-Malu (S)


Nostalgia Mainan Anak Jadul Berbahan Dasar Alam. Nggak Perlu Mainan Mahal Gan!


Quote:Original Posted By uliemoetz โ–บ
Klo di daerah ane jaman kecil dlu cuma adanya pohon pisang gan..Ga ada kelapa,randu,atau bambu..
Bener,pelepah pohon pisang bisa buat mobil2an,bisa buat piring2an buat tempat jual2an,biasanya kita pura2 jual rujak,bumbunya ambil tanah diuleg atau bekas batu bata diuleg klo pgn bumbunya warna merah,,yg pura2 jadi tempe itu juga pelepah pohon pisang diiris bentuk wajik,pura2 jd tahu juga pelepah pohon pisang dibentuk kotak,sayur2annya ambil daun luntas,daun pohon pisang yg muda,lontongnya ambil dalamnya pohon pisang,kita sebut bungkil,serunya mainan anak jaman dluemoticon-Ngakak

Bungkil atau batang pohon pisang yg paling dalam itu yg biasanya kita buat boneka2an klo anak cewek..

Trs yg tanah liat selain buat bola2an (dulu kita sebut ban dempo),juga buat masak2an klo anak cewek,pura2nya jd adonan kue,tanah liat campur pasir campur ulegan batu bata biar ad warna merahnya,terus dicetak pake sendok di nampan2an,dipanasin di bawah sinar matahari n jadinya kuenya kering,bisa buat mainan jual2anemoticon-Malu


Quote:Original Posted By 7081C4L1573R โ–บ
ketapel ( jawa : plintheng ) yang terbuat dari kayu pohon jambu biji
ketapel / plintheng


Quote:Original Posted By white.chopper โ–บ
dulu nyokap sering bikinin seperti sempritan dari daun pisang

lihatnya ma gampang cuma dilipat lipat

tapi begitu ngelipat sendiri gak ada yg jadi

sampai saat ini masih jadi misteri gimana nyokap ngelipatnya

ha ha ha


Quote:Original Posted By teagaja โ–บ
Kalung daun singkong sama mahkota daun nangka, dulu waktu ane masih SD banyak yg bikin entah buat apa gitu, sekedar aksesoris aja kayaknya. Sama yg dari batang pisang biasa buat dinaikin kayak perahu kalau lagi mandi di sungai sama pake daun pepaya tapi yg bagian tangkainya dijadiin kayak pedang.


Quote:Original Posted By nyimak92 โ–บ
Mobil-mobilan dari kulit jeruk Bali
Diubah oleh dwyzello
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jicho22 dan 39 lainnya memberi reputasi
40
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Nostalgia Mainan Anak Jadul Berbahan Dasar Alam. Nggak Perlu Mainan Mahal Gan!
06-12-2019 13:19
Quote:Original Posted By chuin โ–บ
Ini beneran kejadian, ponakan ane berumur 6 tahun liat bluluk bisa dijadiin mainan kaya gitu dia langsung shock


Wakakakakak. Lah kok bisa shock?emoticon-Matabelo
0 0
0
profile picture
kaskus addict
06-12-2019 15:13


Dia kayak 'have no idea' benda kaya gitu bisa dibikin buat mainan
1
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright ยฉ 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia