others
Batal
link has been copied
404
Lapor Hansip
23-11-2019 02:16

[HELP] Account TOKOPEDIA dibobol Dana Ratusan Juta Rupiah Hilang

Gan, ane salah satu seller di TOKOPEDIA (ane tenaga sales) , berjualan Handphone dan kebutuhan elektronik lain.

Bisa dicek lapak ane di TOKOPEDIA : Grenpeel Store

[HELP] Account TOKOPEDIA dibobol Dana Ratusan Juta Rupiah Hilang

Mau Share kejadian yang membuat ane pusing tujuh keliling sampe sakit.....

Hari Rabu, 20 November 2019 sekitar jam 11.16 ane ditelpon oleh orang yang mengaku operator dari TOKOPEDIA (ada history callnya), dan ane udah yakin itu adalah PENIPU, jadi ane ga tanggepin (PERLU DICATAT : ane ga pernah menggunakan email kerja ane buat yang aneh2 dan hanya untuk keperluan kerja aja yakni jualan barang di BUKALAPAK dan TOKOPEDIA dan marketplace lain, dan ANE ga pernah klik link macem2 (phising) apalagi ngasi tau OTP SEMBARANGAN). 

Kira - kira begini isi percakapannya:

Telpon pertama jam 11.16
Pelaku : Pak saya dari operator Tokopedia ingin melakukan survei mengenai layanan di Tokopedia. Sejauh ini bagaimana pelayanan di Tokopedia?
Ane : Baik
Pelaku : Pengiriman bapak biasa menggunakan apa?
Ane : JNE bisa, JNT bisa, atau grab dan gojek biasanya
Pelaku : Oh baik Pak, sekarang kami ingin memberikan info bahwa TOKOPEDIA sudah bisa melayani complain via Whatsapp
Ane : Masa si Pak?
Pelaku : Iya Pak

Ane ditanya sama supervisor ane, ane bicara sama siapa ane bilang ada CS tokopedia telp kasi info katanya TOKOPEDIA sekarang bisa melayani complain via Whatsapp. Supervisor ane bilang itu ga mungkin, udah tutup aja. Langsung ane bilang ane lagi sibuk nanti telp lagi aja, trus ane tutup telp nya.

Call Ke 2. Jam 11.25
Pelaku : Halo Pak, saya operator TOKOPEDIA, hanya ingin melakukan survei, saya minta waktunya hanya 5 menit saja
Ane : Survey apa pak?
Pelaku : Saya berbicara dengan bapak siapa?
Ane : Abi
Pelaku : Bapak tinggal dimana?
Admin : memang ada apa Pak?
Pelaku : Pak Saya hanya ingin melakukan survey (dan berbicara panjang bertanya lebih dalam, ane uda males dengerinnya, ane langsung matiin)

Jam 11.30 (perkiraan)
Akun Whatsapp saya tiba - tiba ter LOG OUT, saya panik, lalu berusaha untuk LOG in lagi. Setelah masuk login whatsapp saya, giliran Account TOKOPEDIA saya di komputer yang ter LOG OUT. Dari situ saya tambah panik, dan berusaha masuk kembali ke account TOKOPEDIA saya tapi gagal, dan saya sadar password saya sudah diganti orang, saya berusaha untuk ubah password. dari jam 11.30 - 11.45 akun whatsapp dan akun tokopedia saya tiba - tiba selalu terlog out ketika saya sudah masuk, dan bergantian, log in log out sampai akirnya saya langsung menghubungi PIC TOKOPEDIA atas nama KENNY dan memberi tahu agar account saya tolong di suspend dulu karena sepertinya ada yang berusaha men hack account saya

[HELP] Account TOKOPEDIA dibobol Dana Ratusan Juta Rupiah Hilang


Jam 11.40 sebenarnya saya sudah berusaha untuk memberitahukan PIC saya tapi jam 11.46 baru mendapat balasan

lalu tiba - tiba saya mendapat OTP CODE menggunakan bahasa asing (seumur umur biasa kalo request OTP paling bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, ini kenapa ada bahasa asing aneh begini, saya langsung feeling ga enak)

[HELP] Account TOKOPEDIA dibobol Dana Ratusan Juta Rupiah Hilang




dan sekarang saya panik bukan main, ini kenapa ada OTP code masuk ke HP saya, padahal saya ga request dan sampai pada akhirnya saya berhasil log in ke account tokopedia saya dan menemukan saldo saya sudah terkuras senilai RP 118.000.000

[HELP] Account TOKOPEDIA dibobol Dana Ratusan Juta Rupiah Hilang

Dana masuk ke YOPI CHANDRA 0882581353 (BANK BNI) senilai RP 68.000.000 dan Rp 50.000.000. Hal yang pertama saya lakukan adalah menelpon bank BNI dan melaporkan kejadian ini, dan minta account tersebut untuk dibekukan sementara karena ada indikasi pencurian. Tapi bank BNI bilang bahwa mereka tidak bisa melakukan pembekuan account tanpa ada surat keterangan Kepolisian. Ane juga berusaha call TOKOPEDIA, supaya account ane di suspend sementara sebelum proses pencairan berhasil, tapi pihak TOKOPEDIA bilang harus ada laporan kepolisian dahulu.

Ane langsung lapor ke supervisor ane, supervisor ane langsung ke POLRES Jakarta Barat untuk membuat laporan, dan membutuhkan waktu 3 jam sampai laporan selesai, sementara itu uang sudah masuk ke rekening si PELAKU, dan Bank BNI tutup (langsung lemes ane).

Besoknya jam 8 pagi ane uda dateng ke Bank BNI, dan melaporkan kejadian itu. Dan Bank BNI bilang akan memproses aduan kita, dan membekukan rekening YOPI CHANDRA 0882581353 (BANK BNI), namun mereka bilang saldo yang bersangkutan sudah berkurang dan bilang sudah ada transfer dana ke LINK AJA beberapa kali, tapi masih ada sisa saldo (tidak disebutkan berapa) dan Bank BNI tidak berhak memberikan informasi apapun lagi KECUALI diminta oleh PIHAK TOKOPEDIA karena pihak TOKOPEDIA adalah orang yang mentransfer uang ke rekening tersebut.

lalu ane balik lagi ke kantor TOKOPEDIA, dan mereka hanya bilang laporan akan diproses dan menganggap itu adalah kesalahan ane, padahal ane uda jelasin berkali kali, ane ga perna request OTP, dan ane ga perna kasi OTP ane ke orang lain.

lalu ane melakukan pencarian, dan ane menemukan metode HACK Whatsapp yang menurut ane mirip sama kasus ane

https://www.youtube.com/watch?v=fDJ-88e_06A

Sekarang ane jadi berpikir:
1. KENAPA TOKOPEDIA bisa memberikan OTP via Whatsapp, bukan nomor telpon seperti aplikasi lain, dan itu menurut ane membuat sistem keamanan konsumen menjadi lemah
2. Kenapa Permintaan ane untuk suspend account ane, ga langsung ditanggapi, dan malah terkesan berbelit belit, dan proses pencairan yang biasa memakan waktu lama, ini ga lebih dari 1 jam malah cair ke PELAKU.
3. Dan kenapa Pihak TOKOPEDIA malah terkesan menyalahkan ane, dan bukan kooperatif membantu menyelidiki si pelaku. ( Ane udah tegaskan, ane ga pernah kasi OTP ke siapapun, dan tidak pernah meng klik link yang aneh2)

FYI saldo sebesar itu biasa ane tarik secepatnya, tapi kemarin pas momen pencairan masuk bersama2 dan kebetulan lagi ada dapet reseller yang beli via tokopedia dan lumayan banyak quantity nya.

Sekarang ane dalam tahap menunggu feedback dari TOKOPEDIA, dan mungkin rencananya bilan nanti senin 25 November Pihak Tokopedia masih belum ada tanggapan, ane berencana membuat laporan Polisi ke TOKOPEDIA (ane masi berharap ada mediasi dan solusi, minimal TOKOPEDIA tolong bantu dulu selidiki pemilik account an YOPI Chandra dan cairkan sisa uang ane, dan investigasi lebih lanjut)

Nanti akan ane update lagi perkembangannya.

Buat agan2 dan aganwati yang ada saran atau info, tolong bantu ane ya.....

boleh bantu share curhat ane ini juga, supaya seller lain di tokopedia bisa lebih berhati - hati dan ga mengalami apa yang ane alamin.

UPDATE 26/11
Sampai saat ini Tokopedia masi belum memberi jawaban pasti dan mereka mengatakan sedang dalam tahap investigasi, sedangkan bank BNI hanya bisa memberikan info nasabah penerima an Yopi Chandra apabila TOKOPEDIA yg me request, karena pihak yg mencairkan dana adalah TOKOPEDIA

Sampai saat ini saya juga sudah memperbaiki sistem keamanan saya untuk pencegahan.

Pelajaran yang dapat dipetik terlepas dr lemahnya sistem tokopedia:
1. Wa chat dan OTP harus dibedakan
2. Setiap Wa harus pakai 2 step verification
3. Ganti password secara berkala

Sampai saat ini Polisi juga sedang melakukan investigasi di bagian internal kita (karena ada peluang bagian internal yang bermain juga terlepas dari hack)


Terimakasih untuk teman2 di Kaskus yang uda kasi info dan masukan, bahkan ada yang uda bantu sampai masuk media... 🙏🙏


Akun toko gadget di Tokopedia diretas. Ada 2 kali transaksi Rp 118 juta ke rekening BNI Yopi Chandra. https://kumparan.com/kumparantech/ak...campaign=share


Update 27/11
Hari ini ada wawancara lagi di beberapa media, thx buat agan2 kaskus yg uda bantu kami emoticon-Smilie

Opini pribadi:
Sebenernya menurut ane titik terang itu kalo kita bs mengetahui data pribadi si pemilik rekening an yopi chandra itu... bukan saling menyalahkan, tp saling bantu buat ungkap siapa pelaku sebenarnya.

Moga2 Tokopedia bisa bantu investigasi juga, karena yg berhak mengajukan pembukaan rekening adalah tokopedia selaku yg mentransfer dana

Semoga dengan adanya surat terbuka ini Tokopedia jadi mau membantu kita membuat laporan untuk mengajukan investigasi ke Yopi Chandra.

Update 2/12


Quote:Original Posted By megamihouse
[HELP] Account TOKOPEDIA dibobol Dana Ratusan Juta Rupiah Hilang

Kemungkinan pake metode ini gan:

1. Pelaku login ke nomor whatsapp korban, tapi waktu diminta OTP, dia pake opsi yang via telp, jadi kode OTP nya dibacain.

2. Trus karena korban dan pelaku sedang berbicara di telp, maka telp dari whatsapp yang masuk otomatis masuk voice mail dan kode OTP yang dibacain terekam di sana.

3. Abis itu pelaku mengakses voice mail korban utk mendapatkan OTP.

Cara akses voice mail tiap operator beda2, tapi saya uda tes kalau utk Tri, kita bisa mengakses isi voice mail siapapun dari mana aja (gak harus nomor yg bersangkutan), bahkan dari nomor operator yang berbeda pun bisa, asal kita tau nomor PIN nya. Dan kebanyakan pelanggan tidak pernah mengganti PIN voice mail, jadi PIN nya masih sama 123.

Info lengkap bisa baca post ini: https://www.kaskus.co.id/show_post/5...5263a52e/185/-


Update 4/12
Ane dapet percakapan antara pelaku dan teman seprofesi ane yg ingin melakukan modus yang sama... ane mau upload tapi kyknya ga bs ya upload video recorder... ada temen2 disini yg tau cara upload video recorder?

ternyata banyak temen2 yang laen jg kena modus yg sama... waspada ya gan

Sampe saat ini tokopedia belum bantu apa2 sih... mgkn harus sampe viral banget baru mereka bertindak..

Kmrn ane ke badan perlindungan konsumen, setelah menjelaskan kasus nya, kemungkinan besar kita tidak akan bisa menuntut ke tokopedia walaupun sistem otp ini bermasalah karena ada klausul (saat kt daftar tokopedia kan ada tu gan syarat dan ketentuan yg panjang banget dan biasa kt asal centang aja) ada poin yang bilang: tokopedia tidak bertanggung jawab atas penyalahgunaan account. Menurut saya ini poin yg berbahaya sih, kita ga dilindungin dengan adanya poin ini.
Diubah oleh Grenpeel
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jackslt dan 43 lainnya memberi reputasi
42
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
[HELP] Account TOKOPEDIA dibobol Dana Ratusan Juta Rupiah Hilang
28-11-2019 17:26


Quote:Original Posted By iwakendog
Waduh serem gan turut berduka, semoga itu pelaku bisa terungkap oleh pihak kepolisian. BTW boleh share gak nomor hp yang menghubungi lu pura-pura mengatasnamakan operator tokopedia agar kita semua tau itu nomor biar lebih waspada????


[HELP] Account TOKOPEDIA dibobol Dana Ratusan Juta Rupiah Hilang
profile-picture
kaskuserxiaomi memberi reputasi
1 0
1
profile picture
kaskus maniac
01-12-2019 18:49
ini bisa jadi pake telepon internet nih, bisa milih nomor lg mau negara mana
1
Memuat data ...
1 - 1 dari 1 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia