others
Batal
link has been copied
24
Lapor Hansip
26-11-2019 15:53

Alasan Dibalik Maraknya Bunuh Diri di Korea Selatan

Baru-baru ini panggung Korea Selatan kembali dirundung duka. Salah satu Penyanyi dan Aktris berbakat Goo Ha-ra dikabarkan ditemukan dalam keadaan meninggal dunia dirumahnya pada tanggal 24 November 2019 pada usia 28 tahun. Goo Ha-ra adalah salah satu mantan anggota group idol KARA. Kabar ini sangat mengejutkan karena bulan lalu Penyanyi dan Aktris mantan anggota group F(X) yaitu Sulli juga ditemukan menginggal dunia di rumahnya. Alasan kematian kedua aktris cantik ini adalah BUNUH DIRI. Ya benar bunuh diri.

Di tahun 2019 ini, tercatat 3 orang aktris korea telah mengakhiri hidupnya dengan jalan bunuh diri. Bukan sembarang aktris, ketiga aktris ini termasuk kedalam jajaran selebriti papan atas Korea Selatan. Oleh karena itu, kabar kematianya sangat menyita perhatian dunia. Ketiga artis itu ialah :

1. Jeon Mi-Seon 

Aktris ini ditemukan meninggal dunia di salah satu kamar hotel pada tanggal 29 Juni 2019. Penyebab kematian adalah bunuh diri yang diakibatkan oleh depresi, walaupun sang aktris telah mencoba mengikuti terapi namun penyakit ibunya dan kematian salah satu kerabatnya diungkapkan oleh Agensi yang menaungi Jeon Mi-Seon sebagai alasan mengapa ia mengalami depresi. Sungguh sangat disayangkan ya, aktris multitalenta yang dijuluki sebagai mother drama, karena hampir disetiap drama yang mempunyai rating tinggi pasti ada wajah Jeon Mi-Seon sebagai ibu disana. Terlepas dari apapun Rest In Peace Jeon Mi-Seon.

Alasan Dibalik Maraknya Bunuh Diri di Korea Selatan


2. Sulli (Choi Ji Rin)

Mantan anggota F(x) ini ditemukan meninggal di rumahnya pada tanggal 10 Oktober 2019. Sulli masih berusia 25 tahun saat dia ditemukan meninggal dunia. Penyebab kematian Sulli adalah bunuh diri yang diakibatkan depresi. Ya seperti kabar yang beredar, Sulli kerap menerima ujaran kebencian dari netizen korea. Setiap gerak gerik aktris ini selalu dianggap salah dan dijadikan cemooh oleh netizen. Bagi netizen korea Sulli dianggap sebagai aktris yang kontroversial dalam setiap penampilannya. Kebencian netizen inilah pemicu depresi Sulli, sehingga ia memutuskan untuk mengakhiri hidupnya. Tentu sangat disayangkan perilaku netizen ini. RIP Sulli

Alasan Dibalik Maraknya Bunuh Diri di Korea Selatan

3. Goo Ha-ra
Goo Ha-ra sempat tersandung kasus dengan mantan pacarnya, karena mantan pacarnya telah secara ilegal merekam kegiatan intim mereka dan mengancam Goo Ha-ra akan menyebar luaskan video tersebut. Goo Ha-ra sempat melaporkan kepihak berwajib, namun sang mantan kekasih hanya dikenakan hukuman kurungan 1,5 tahun saja. Goo Ha-Ra sendiri sebelumnya pernah ditemukan dalam keadaan pingsan saat dia mencoba melakukan aksi bunuh diri, untungnya nyawanya masih bisa diselamatkan waktu itu, setelah mengalami rehabilitasi selama 6 bulan. Ternyata Goo Ha-ra melakukan aksi nekat itu kembali dan kali ini berhasil merenggut nyawanya. RIP Goo Ha-ra.
Alasan Dibalik Maraknya Bunuh Diri di Korea Selatan



Selain alasan-alasan diatas, kecenderungan bunuh diri artis papan atas Korea Selatan pada umumnya karena tekanan karir dan popularitas. Bagi artis Korea menjadi seorang public figure artinya harus selalu tampil perfect, sempurna, hebat. Oleh karena itu sistem management artis disana menjadikan artisnya selayaknya "robot" yang tidak mempunyai perasaan. Hal ini sudah menjadi rahasia umum kalau dunia entertaint Korea Selatan memang sangat kejam terhadap artisnya. Oleh karena itu banyak idol K-pop yang memilih hengkang dari agensi naungannya.


Selain itu fans/penggemar juga mengambil andil sebagai tekanan kepada artis, karena mereka akan melakukan apapun demi memuja idola mereka. Inilah yang membuat para artis hidup dalam tekanan, mereka tidak boleh tampil lelah, kesepian, marah dan jenuh di depan publik. Padahal artis juga hanya manusia biasa yang tentunya merasa lelah, bosan, kesepian dan lain sebagainya.

Sebenarnya di tahun-tahun sebelumnya juga telah banyak sekali terjadi kasus bunuh diri oleh artis, seperti Kim Jong-Hyun (Shinee), Kim Daul (Model), Ahn So-jin (traine), dan banyak lainnya yang jujur ane ga terlalu familiar sama namanya, oiya pernah juga salah satu aktris dari film BBF (Boys Before Flower) yang dramanya tenar sekali tahun 2009 namanya Jang-Ja Yeon. 

Fakta dibalik kematian aktris Jang-Ja Yeon yang sesungguhnya sampai saat ini masih menyimpan misteri, memang dia bunuh diri. Tapi banyak sekali spekulasi yang muncul, dari rumor dia yang dijadikan sebagai wanita penghibur oleh Agensinya dan melibatkan beberapa nama petinggi industri hiburan Korea. Kasus bunuh diri aktris ini menjadi salah satu awal terkuaknya sisi gelap dunia hiburan Korea. 

Ane  sangat menyayangkan, artis-artis diatas adalah artis dengan segudang bakat dan prestasi. Sungguh sangat disayangkan mereka mengakhiri hidupnya karena tekanan atas profesi mereka, ane pribadi berharap kedepannya tidak akan ada kabar duka kematian yang diakibatkan oleh depresi. Dari kasus-kasus ini kita bisa mengambil hikmah, seburuk apapun kondisi dan masalah yang kita hadapi alangkah baiknya meluangkan waktu untuk sekedar sharing dengan keluarga dan teman dekat, sehingga setidaknya kita bisa mendapatkan energi positif dari mereka, yang bisa kita jadikan semangat untuk melanjutkan hidup. Untuk teman-teman kaskuser lain keep positif, setiap masalah pasti ada jalan keluarnya. Jadi jangan sampai kita mengambil jalan pintas bunuh diri sebagai jalan keluarnya. Ingat kita punya Tuhan. Setiap perbuatan akan dimintai pertanggung-jawabannya.


sumber gambar : google
sumber artikel :


profile-picture
profile-picture
profile-picture
etaslim dan 5 lainnya memberi reputasi
6
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Alasan Dibalik Maraknya Bunuh Diri di Korea Selatan
26-11-2019 20:12
netijen korea suruh belajar bahasa indo, hadapi keanehan netijen negara ini
profile-picture
sinsin2806 memberi reputasi
1 0
1
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia