Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
386
Lapor Hansip
14-01-2019 01:56

FENOMENA SEPATU BNWB (BRAND NEW WITHOUT BOX) MASIHKAN ORIGINAL ATAU KW? + REVIEW TS

FENOMENA SEPATU BNWB (BRAND NEW WITHOUT BOX) MASIHKAN ORIGINAL ATAU KW? + REVIEW TS

Semua tulisan di trit ini adalah hasil pemikiran, pengalaman, pengetahuan dan info yang TS ambil dari beberapa sumber terpercaya. Dilapak ini TS hanya ingin sharing saja, Tidak bermaksud untuk mendeskriditkan produk BNWB / pihak penjual beberapa lapak online. Dear admin dan moderator apabil saya salah masuk room mohon jangan di lock, tapi mohon di pindahkan ke room yang benar.
Dan yang komen jangan ragu untuk sharing pengalaman kamu disini ya. 


FENOMENA SEPATU BNWB (BRAND NEW WITHOUT BOX) MASIHKAN ORIGINAL ATAU KW? + REVIEW TS

Terima kasih bantu support trit ane sehingga menjadi trit HT pertama. Pake klonengan malah HT giliran bikin pake prime ID malah ga pernah masuk HT emoticon-Wakaka


Hallo agan & sista sekalian. Kali ini di trit ini ane membahas sebagian tentang fenomena sepatu BNWB yang banyak banget beredar di beberapa e-commerce bahkan di beberapa toko di sosmed dengan harga miring yang konon katanya barang reject / defect / barang kolongan pabrik. 

Sekitar mulai tahun 2008an (2000an akhir), di kaskus saat belum ada lapak e-commerce lain, menjamur banget sepatu BNWB ( brand new without box). Dahulu beli sepatu bnwb lewat seller yang reputasinya sudah terjamin kita tidak akan merasa was - was mendapatkan produk abal - abal/palsu/kw. Sepatu yang beredar itu rata-rata sepatu sample, sepatu yang defect namun art code sepatunya tembus (jarang banget ada yang sampe replace tag size) & sizenya pun ga banyak. 

Nah, Di tahun sekarang ini banyak banget yang beberapa toko online seperti BL,topah,sopah, yang menjual sepatu BNWB dengan embel - embel ORIGINAL 100% Made in Indonesia. Namun sebagian besar sepatunya dijual dengan replace tag size, art code ga tembus dll sebagainya. Lalu bagaimanakah sebenarnya fenomena sepatu BNWB ini bisa menjamur? Yuk kita cari tahu dulu sejarahnya sebelum membahas lebih jauh tentang produk BNWB yang beredar di pasaran. 


FENOMENA SEPATU BNWB (BRAND NEW WITHOUT BOX) MASIHKAN ORIGINAL ATAU KW? + REVIEW TS

ASAL MUASAL SEPATU BNWB


* please di notice ini adalah info yang ane dapat dari berbagai sumber yang bekerja di pabrik produk resmi, QC team dan distributor/retailer kenalan ane. Kalo misalnya ada yang mau koreksi atau nambahin silahkan komen, nanti ane quoute di pejawan.


Nah sepatu bnwb itu sebenarnya bukan barang kolongan langsung dari pabrik, kenapaa? ok disini akan gw bahas. 



PART I

Sebut saja merk sepatu Adidas, sebagai pemegang lisensi merk kini mereka mempercayakan salah satu produksi di Pabrik di indonesia untuk membuat produk mereka salah satunya di tanggerang. Adidas dengan pabrik produksi disini mempunyai beberapa TOS (Term of service), SOP & beberapa kesepakatan sebelum melakukan produksi. 


Setelah terjadi kesepakatan barulah pabrik tersebut akan melakukan proses produksi dengan model sepatu tertentu yang diminta oleh si- pemegang lisensi tersebut. Nah asal agan dan sista tau, selama dalam produksi di pabrik tersebut semua barang yang gagal ( baik salah jahit, lem logo mencong, jahitan kusut dll) selama masih di dalam pabrik pasti akan di musnahin dengan cara dicoret dikasih tanda barang reject, digunting, dan dibakar langsung. Kenapa begitu? karena untuk mencegah oknum nakal yang akan menjual produk gagal tersebut ke-pasaran. Karena kadang beberapa produk yang sedang diproduksi adalah produk yang belum release kepasaran. Karena kalo sampe barang tersebut sampe bocor dan terekspos sebelum release makan akan ada pembatalan kontrak kerja sama yang akan merugikan pabrik pembuat. Nah, kalo ada yang bilang " kan ada orang dalam yang nakal - nakal. HAHAHAHAH, jamin bro ga akan berani bro karena apa pabrik pasti akan menempuh jalur hukum untuk pegawai mereka sendiri yang berani jual barang gagal produksi. Ini ada beritanya walaupun mungkin beritanya tentang kemungkinan perusahaan berusaha untuk menjatuhkan buruh yang sering menyuarakan aspirasi, tapi setidaknya dari berita ini bisa dijadikan referensi kenapa menjual barang gagal produksi itu bisa sampai terjerat hukum






Selain itu, semua buruh pekerja dipabrik ini setiap keluar akan dilakukan berkali - kali body check oleh pihak security. Security di pabrik ini rata-rata susah loh untuk diajak kerja sama. Dan mereka akan melakukan pemeriksaan ini dengan secara teliti. Ini ada video yang menguatkan. Link video lama tapi cek aja gimana reaksi security di pabrik yang memproduksi sepatu nike saat ada wartawan mendekat. Tapi kalo sekarang ga tau ya gimana SOPnya





Nah setelah quota yang ditentukan nanti tercapai, sepatu-sepatu yang sudah diproduksi ini nantinya akan di cek lewat QA ( Quality Assurance) dan QC ( Quality Control) dari team pabrik. Nah apakah sudah sampai disini nanti selesai oleh belom gan.


PART II

Nah, setelah proses pertama selesai. Produk yang sudah dibuat ini nantinya akan dikirim lagi ke salah satu PT (perusahaan) yang ditunjuk oleh si pemegang lisensi untuk melakukan QA & QC lagi sebelum sepatu - sepatu tersebut bisa di distribusikan. PT ini biasanya tidak akan selalu melakukan QC brand tersebut karena mereka hanya mempunyai kontrak singkat ( contoh : hanya meng QA & QC sepatu adidas superstar saja), setelah itu sang pemegang lisensi akan mencari PT lain untuk meng QC barang dan brand beda di tempat lain guna menjaga kualitas barang mereka. Nah, biasanya barang yang dikirim kesini akan ada quota produk lebih dari pesanan untuk menjaga apabila nanti produk yang QC tidak mencapai kuota pemesanan. Nah, makannya biasanya barang sisa ini nanti nya yang akan disebut sebagai barang sisa export.


Semua sepatu yang dikirim kesini itu lengkap dengan tag sizenya. Tidak ada yang dikurangin hanya saja dikirim tanpa box (setau ane ini hanya berlaku di Indonesia). kurang lebih seperti divideo ini :







Proses pengkolongan barang justru terjadi disini. Barang yang sudah di QC sesuai jumlah pesanan akan di kirim ke pihak retailer/distributor resmi untuk dijual dipasaran negara yang dituju. Barang dikirim disini memang tidak dengan box sepatu tersebut. Ane belom dapet info dimana sepatu tersebut nanti akan dimasukan ke box entah di retailer kah. mohon info ane ya gan yang tau. Nah, barang yg ga lolos qc atau barang sisa produksi yang tidak sempat di QC akan di simpan di gudang mereka. Barang tersebut tidak akan dikirim balik ke pabrik gan, karena pabrik sendiri sudah untung loh saat kirim barang kesini.  Nah, barang sisa ini nanti biasanya disimpan di gudang dulu gan sampe barang tersebut benar - benar release dipasaran dan akan dikeluarkan nanti saat barang sudah mau habis dipasaran atau ganti dengan seri terbaru. Nanti barang digudang ini akan dilelang sama karyawan si perusahaan ini. Tapi mereka harus beli 1 karung dengan model dan size random. Mereka tidak akan keluarkan barang langsung gan karena mereka menjaga jangan barang sudah beredar dipasaran sedang belum ada release resmi dari si pemegang merk. Nantinya biasanya para pegawai di perusahaan ini akan membuang barang ke pengepul yang mencari barang sisa exsport atau reject. 


Nah, sepengetahuan ane barang - barang ini nanti baru di box di retailer resmi / atau distributor seperti MAP (sport station, athletes foots), Giordano ( distributor nike) dll. 


Jadi berdasarkan info yang ane dapet ini dari pihak yang langsung terjun dalam produksi pemasaran dan pengawasan bisa ane asumsikan bahwa barang BNWB itu bukan langsung barang kolong pabrik seperti yang kebanyakan seller tulis di lapak online. CMMIW ya.


Nah untuk produk sample itu setau ane justru malah kebanyakan bocor dari pihak retailer/distributor karena mereka biasanya akan dikirim produk sample untuk pendistribusian nanti. CMIIW


FENOMENA SEPATU BNWB (BRAND NEW WITHOUT BOX) MASIHKAN ORIGINAL ATAU KW? + REVIEW TS


TENTANG BNWB YANG BEREDAR MENURUT PENGAMATAN TS




Sekarang kita kembali ke benang merah setelah ane bahas sejarah asalnya barang BNWB. Berdasarkan pengalaman TS yang suka berburu sepatu di toko online TS menemukan beberapa kali barang yang dikirim adalah barang home industry alias KW. 


Dimana beberapa pembeli di toko online juga banyak yang tertipu dengan produk yang dijual di toko online. Karena beberapa orang beranggapan bahwa barang BNWB adalah barang original dari pabrik yang tidak lolos quality control dan ada sedikit defect yang dianggap wajar. Hal seperti ini terjadi karena sedikit ketidaktahuan para penjual maupun para pembeli akan produk yang mereka jual dan mereka beli sendiri. Hal ini bisa dilihat dari banyakan rating bintang 5 dan ulasan yang menyatakan produk adalah original.


Kebanyakan produk yang dijual BNWB adalah produk seperti ADIDAS, NIKE, ONITSUKA dan beberapa brand yang memang mempunyai produksi di Indonesia. Namun sebenernya beberapa seller melakukan blunder dengan produk yang mereka jual yang sebenarnya produk tersebut sama sekali tidak diproduksi di indonesia. Salah satu produknya yang banyak dijual dengan embel-embel BNWB ORIGINAL made in Indonesia adalah ADIDAS GAZELLE & ADIDAS CAMPUS. 


Adidas gazelle dan Adidas campus yang asli dibuat divietnam bro. Produk ini tidak dibuat di Indonesia karena bahan dasar dasar nubuck yang terdapat pada kedua sepatu tersebut dibuat dari pig skin alias kulit babi. 


Gak percaya?


FENOMENA SEPATU BNWB (BRAND NEW WITHOUT BOX) MASIHKAN ORIGINAL ATAU KW? + REVIEW TS


Di zalora sebagai salah satu reseller merek original menuliskan dengan jelas bahwa bahan sepatu tersebut terdapat bahan dari kulit babi. atau kalo agan dan sista ingin tau produk adidas apa saja yang terbuat dari kulit babi bisa di cek di link ini : [url=https://www.shopstyle.com/browse?fts=mens+pigskin+shoes+adidas]klik[/url]


Nah dari sini ane menyimpulkan banyak banget malah penjual yang blunder dengan bangganya menulis kalo produk mereka original BNWB made in indonesia. Makanya kenapa banyak banget celah yang dimanfaatkan oleh oknum yang memanfaatkan minimnya pengetahuan pembeli sepatu di Indonesia. Dan jarangnya para penjual yang paham akan barang yang mereka jual. Entah memang mereka tidak tahu sama sekali hanya bermodalkan "katanya supplier" atau memang mereka sengaja menjual sepatu - sepatu KW home industry yang kualitasnya mirror 1:1 dengan yang aslinya. 


NAH MAU TAU PRODUK LAINNYA YANG MEMBUAT PARA PENJUAL BLUNDER??? OK ANE BAHAS LAGI DISINI. COBA AGAN - AGAN CARI SEPATU "ADIDAS SUPERSKATE". Ane kasih contoh salah satu gambar adidas superskate yang banyak di pake di lapak-lapak online seperti ini :


FENOMENA SEPATU BNWB (BRAND NEW WITHOUT BOX) MASIHKAN ORIGINAL ATAU KW? + REVIEW TS


buat yang udah beli adidas super skate coba agan - agan cek sepatu agan dirumah. padahal adidas super skate yang asli adalah seperti ini :


FENOMENA SEPATU BNWB (BRAND NEW WITHOUT BOX) MASIHKAN ORIGINAL ATAU KW? + REVIEW TS

ada yang tau ga perbedaanya apa yang asli dengan yang BNWB yang beredar di Indonesia? ok ane coba bahas ya berdasarkan pengetahuan yang ane dapet dari beberapa sumber. Adidas super skate itu baru release januari 2019. 


FENOMENA SEPATU BNWB (BRAND NEW WITHOUT BOX) MASIHKAN ORIGINAL ATAU KW? + REVIEW TS




FENOMENA SEPATU BNWB (BRAND NEW WITHOUT BOX) MASIHKAN ORIGINAL ATAU KW? + REVIEW TS

adidas super skate yang baru release adalah berbahan canvas dengan suede/nubuck dibagian pingggir tali sepatunya. Dan yang beredar saat ini yang baru release dibelakangnya terdapat tulisan cloudfoam dibelakangnya seperti di heel padnya vans. BNWB yang beredar saat ini kebanyakan malah tidak terdapat tulisan cloudfoamnya dibelakang dan bahannya malah suede. Biasanya seller membuat embel-embel bahwa barang itu belum release di pasaran. Yang mana kalo agan baca tulisan ane diatas tadi agan bakalan paham bahwa tidak akan ada yang berani buang produk apapun keluar sebelum barang tersebut benar-benar release di pasaran. 



FENOMENA SEPATU BNWB (BRAND NEW WITHOUT BOX) MASIHKAN ORIGINAL ATAU KW? + REVIEW TS

untuk saat ini ane cukup bahas sampe disini dulu ya. Kedepannya ane bakalan bahas lagi lebih jauh tentang barang - barang BNWB berdasarkan pengalaman ane yang pernah ane pegang, serta pengalaman apa aja yang ane dapat selama berburu barang BNWB. Juga ane kasih ulasan dan cara tau tentang mana produk yang original dan tidak original berdasarkan pengalaman ane dan foto - foto yang menandakan bahwa barang - tersebut adalah barang kw. Tapi kalo thread ini rame ya. 


ane ga nolak ditimpuk cendol yang seger biar lebih semangat dalam meng-update lapak ini. 

Jangan lupa buat di subscribe / bookmarks threat untuk tau penjabaran lebih lanjut


Salam buat para pecinta sneakers lovers

>>AYO BANTU ANE UNTUK TANDA TANGANI PETISI UNTUK MEMBASMI BNWB KW DI SEMUA MARKETPLACE<<

Diubah oleh hotlansitohan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
itemngaskus dan 112 lainnya memberi reputasi
113
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
FENOMENA SEPATU BNWB (BRAND NEW WITHOUT BOX) MASIHKAN ORIGINAL ATAU KW? + REVIEW TS
22-11-2019 09:21
Makasih gan untuk ilmunya yg bermanfaat. Tapi sayang sekali gan, ane telat dapat inpo sepenting ini. Sdh terlanjur beli dan KECEWA. Alasannya .....

Minggu ini ane beli sepatu merk Adudas SlipOn di Salah satu e-commerce besar di Indonesia Shopoo. Di iklan ditulis Menstyle, BNWB, original 100%. tapi ternyata zoonk. Sol terlalu kecil, sampai kaki ane ga muat di solnya. Model sol mengerucut di tengah, ciri khas sepatu cewek. Kode Art mengelupas (cuma tempelan stiker) dan tidak tembus. Jahitan sol dalam ga rapi, dan persis yg agan hotlan tulis, ga ada lapisan tambahan. Tulisan cloudfoam miring, lem di sol melebar kemana2. Disini ane sertakan foto biar lebih jelas. Bukan untuk mematikan lahan bisnis seller, tapi karna sudah jadi domain publik, jadi tidak ada masalah (di shopoo boleh ngasih penilaian yg bisa dilihat umum). Dan persis seperti agan hotlan tulis, seller justru nyalahin buyer karena tidak paham dgn istilah BNWB.

Mungkin ini kesalahan ane juga, kurang sedekah dan banyak maksiat. Semoga bisa jadi pembelajaran untuk para buyer. Mending kumpulan uang dulu biar bisa beli sepatu branded di toko resmi. atau bisa beli sepatu lokal yg ga kalah kualitasnya.

penampakan1


penampakan2


penampakan3


PENAMPAKAN4


Respon Seller


MINTA TOLONG AMA SUHU HOTLAN, GIMANA PENILAIANNYA. MAKASIH SUHU

Diubah oleh riyadislamet160
0 0
0
profile picture
aktivis kaskus
25-11-2019 01:44
Halah BULLSHIT itu gan. Itu mah cuma alasan klasik seller buat pembelaan mereka.
Cek aja semua seller sepatu BNWB BNRB kalo dikomplain pasti alesannya kek gitu & ujung ujungnya kalo kita ga terima, kita disuruh beli ke official store.

Liat agan hotlansitohan waktu debat sama salah satu seller di youtube jg ngeles & ngototnya minta ampun si seller, ga mau ngaku salah & kalah intinya.
Ane jadi tau gimana kapabilitas seller kek gituan.
0
profile picture
newbie
11-02-2020 14:44
@syubiduparapap Tapi ga bisa di pukul rata juga gan, masih ada seller yang jual barang bnwt dan sejenisnya ya bener bener legit terkadang kita nya aja yang males cari perbedaan original dan kw nya
0
profile picture
newbie
11-02-2020 14:54
WKWKWK kacau ini mah shopo mah emang kebanyakan barang barang ga rekomen
0
profile picture
aktivis kaskus
06-03-2020 22:11
@nol07 iya bener sih gan, tapi itu yang ane maksud seller yang ngaku legit tapi ketika barang dateng ga sesuai, pasti ngeles mulu ketika kena komplain.

Boleh dishare gan seller-seller yang barangnya masih legit, biar orang-orang awam kek ane ga salah pilih.
0
Memuat data ...
1 - 4 dari 4 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia