Automotive
Batal
KATEGORI
link has been copied
134
Lapor Hansip
18-11-2019 23:23

Pahami Kerugiannya, Inilah Resiko Membeli Motor STNK Only

Sepeda motor dengan keadaaan surat sebelah atau istilah kata motor STNK only banyak di jualan forum-forum jual beli motor. Dengan berbagai alasan ada yang bilang STNKnya hilang, kebakar, dan lain sebagainya demi memperlancar penjualannya.
Pahami Kerugiannya, Inilah Resiko Membeli Motor STNK Only

Tidak dipungkiri di indonesia sendiri motor stnk only menjadi salah satu target calon pembeli. Demu sebuah gaya mendapatkan motor keinginan dengan harga yang sangat murah atau jauh dibawah pasaran harga. Namun membelum membeli sepeda motor STNK only, ada baiknya kamu harus mengetahui resiko dan kerugian yang akan kamu tanggung di kemudian hari.


Asal Mula Motor STNK Only

Dari mana asal motor yang hanya memiliki surat sebelah? Mengapa di pasaran begitu banyak yang jual motor dengan kondisi surat sebelah atau STNK only. Itu pertanyaan yang sering dilontarkan oleh beberapa orang yang ingin membeli motor stnk only. Baiklah disini admin ramdan.id akan sedikit menuliskan tentang asal muasal motor stnk only. Saya mendapatkan info ini dari beberapa sumber dan dari orang-orang yang mengerti dengan dunia motor stnk only.

Singkat cerita: Motor stnk only biasa dijual dengan harga murah karena terkadang motor tersebut didapat dengan kurang baik. Biasanya seseorang yang memiliki kendaraan dengan cara membeli cicilan ke lembaga keuangan atau leasing. Disaat mereka nunggak atau tak mampu lagi membayar cicilan tersebut, maka pihak perusahaan akan menyewa jasa dep kolektor untuk menarik unit sepeda motor yang nunggak cicilanya. Terkadang ada saja oknum yang menyelewengkan unit sepeda motor sitaan tersebut dan bekerja sama dengan seorang makelar untuk menjual unit tersebut demi keuntungan pribadi. dan depkolektor tersebut akan membuat laporan bahwa motor target belum ditemukan. Dengan seperti itu sudah jelas bahwa motor akan dijual dengan murah ke masyarakat karena tidak dilengkapi dengan BPKB dan hanya stnk saja.

Setelah mengetahui asal muasal singkat tentang motor STNK only, saya akan tuliskan beberapa resiko dan kerugiannya jika kamu tetap bersikukuh untuk membeli motor dengan kondisi STNK only.



Quote:1. Melanggar Hukum

Menggunakan motor seperti ini kalian bisa terancam hukuman penjara sesuai dengan undang-undang yang dimuat di KUHP. Karena kamu bisa saja dianggap penadah pihak berwajib karena menggunakan unit sepeda motor yang masih hak milik lembaga pembiayaan.




Quote:2. Kondisi Unit
Terkadang kondisi motor stnk only yang kita beli tak sesuai dengan bodi luar, karena bisa saja terlihat mulus di luar dan bagian dalam/mesin sudah bobrok. Salah seorang masyarakat yang sudah tidak mampu membayar cicilan dan pasrah menunggu unit sepeda motornya ditarik leasing, mereka sering ganti onderdil bawaanya dengan kualitas KW.



Quote:
3. Dihantui Ketakutan
Apabila kamu membeli motor STNK only, mungkin rasa ketakutan akan terus mengetahui perasaan kamu, kamu tidak akan nyaman menggunakan motor tersebut apalagi untuk berkendara ke jalan raya. Ganti plat nomor rentan kena tilang atau razia, kalau gak ganti plat nomor, bisa kamu disaat menggunakan motor tersebut ditarik oleh leasing.




Quote:4. Motor Curian
Warga yang kehilangan sepeda motor, bisa saja kehilangan sekaligus dengan stnk. Entah dicuri dari rumah berikut stnknya atau orang yang kena begal di jalan dan dirampas berikut stnk-nya.




Quote:5. Rawan Motor Bodong
Motor STNK only yang dijual di forum-forum itu adalah motor bodong, dan para oknum bisa mengakali atau membuat sntk palsu sesuai dengan motor bodong tersebut. Jika mendengar motor bodong sudah pasti mendekati dengan tindak pidana sebuah kejahatan. Padahal didalam KUHP pada pasal 80 sudah dijelaskan membeli motor bodong bisa terjerat hukuman penjara dan sangsi denda.




Quote:6. Bisa Kena Jebak
Berkeliaran cepu jual motor stnk only yang sudah sering terjadi menjadi ancaman. Bisa saja setelah kamu janjian di suatu tempat untuk melakukan transaksi jual beli motor, dan transaksi beres kemudian kamu pulang. Dan ditengah perjalan kalian bisa saja diberhentikan oleh dept kolektor yang akan menyita motor kamu. Dengan sedikit jurus akan menguruskan akan melaporkan kamu ke polisi, akhirnya kamu serahkan motor tersebut. Dan akhir uang yang kamu kumpulan dan belikan motor stnk only raib dalam waktu sekejap.



Nah, itu beberapa dari banyaknya resiko dan kerugian membeli motor STNK only. Kalo menurut saya hindari membeli motor STNK only dan belilah motor sewajarnya. Namun semua keputusan ada dipihak dan tangan kamu. Ok, sobat otomotif yang membaca artikel ini semoga bermanfaat dan bisa memberikan pengetahuan serta wawasan luas. Jika menurut sobat otomotif artikel yang saya tulis bermanfaat, silahkan share ke sosial media kamu agar makin banyak orang yang tau dengan informasi dunia motor.


Sumber Berita
Diubah oleh saptalan60
profile-picture
profile-picture
profile-picture
isu152 dan 26 lainnya memberi reputasi
27
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Pahami Kerugiannya, Inilah Resiko Membeli Motor STNK Only
20-11-2019 12:02
saya malah bisa jadi sepeda kembar gan..
yang satu komplit satunya stnk only
profile-picture
saptalan60 memberi reputasi
1 0
1
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia