Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
215
Lapor Hansip
15-11-2019 01:46

Segeralah Menikah, Sebab Syaratnya Makin Berat di Tahun 2020


Segeralah Menikah, Sebab Syaratnya Makin Berat di Tahun 2020

Manusia adalah makhluk yang lebih dimuliakan dan diutamakan Tuhan dibandingkan dengan makhluk-makhluk lainnya. Tuhan telah menetapkan adanya aturan tentang perkimpoian bagi manusia dengan aturan-aturan yang tidak boleh dilanggar. Sebab Tuhan tidak membiarkan manusia berbuat semaunya seperti binatang, kimpoi dengan lawan jenis tanpa aturan, atau seperti tumbuh-tumbuhan yang kimpoi dengan perantara angin.

Karena itu, bagi yang sudah mampu dan siap untuk berumah tangga, maka segeralah untuk menikah. Sebab kalau ditunda-tunda, kita tidak tahu apa yang akan terjadi pada minggu, bulan atau tahun depan. Boleh jadi sang calon berpaling hati atau ditikung oleh pria lain, atau terjadi hal-hal yang membuat acara pernikahan semakin berat atau sulit.

Apalagi di tahun 2020 nanti, ada aturan baru dari pemerintah terkait urusan pernikahan. Aturan baru itu cukup merepotkan, bahkan bisa jadi menghalangi sebuah rencana ijab kabul yang sudah direncanakan dengan matang.

Apa saja aturan baru pernikahan tahun 2020 nanti? Berikut penjelasannya!


1. Sertifikasi Pernikahan

Segeralah Menikah, Sebab Syaratnya Makin Berat di Tahun 2020

Meski ini masih sebatas wacana, namun ada kemungkinan hal ini benar-benar akan diterapkan pada tahun 2020 nanti. Sebab masalah sertifikasi pernikahan ini sudah dicanangkan oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK).

Rencananya, di tahun 2020 nanti, setiap pasangan yang akan menikah, wajib mengikuti semacam bimbingan Pra Nikah, selama 3 bulan. Untuk melaksanakan program ini, Kemenko PMK akan bekerjasama dengan Kementerian Agama Kemenag dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Kementerian Agama khusus memberikan materi bimbingan tentang hak dan kewajiban suami istri dalam rumah tangga, serta keluarga sakinah. Tujuannya agar suami istri dapat membangun rumah tangga dengan baik, serta mengurangi angka Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) dan perceraian.

Sedangkan Kementerian Kesehatan akan memberikan penyuluhan tentang kesehatan reproduksi, serta penanganan masalah kesehatan dalam rumah tangga, sehingga dapat melahirkan anak-anak yang sehat dan cerdas.

Nah, setelah mengikuti bimbingan pra nikah tersebut, calon suami istri akan diberikan Sertifikat layak untuk menikah. Sertifikat tersebut dijadikan sebagai salah satu persyaratan dalam mengajukan permohonan nikah ke KUA.

Namun tidak semua calon suami istri lulus dan mendapatkan sertifikat tersebut setelah mengikuti bimbingan. Barangkali ada semacam evaluasi berupa ujian tertulis yang harus dijawab oleh calon suami istri setelah mengikuti bimbingan, yang akan lulus tidaknya, sehingga berhak mendapatkan Sertifikat tersebut.

Dengan demikian, cukup repot juga kalau harus mengikuti bimbingan selama 3 bulan, apalagi kalau sampai tidak lulus dan tidak mendapat sertifikat, yang berarti harus mengulang mengikuti bimbingan.


2. Usia Pernikahan

Segeralah Menikah, Sebab Syaratnya Makin Berat di Tahun 2020

Menurut pasal 7 ayat (1) Undang-undang Nomor 1 Tahun 1974 Tentang Perkimpoian, calon suami istri diizinkan untuk menikah, jika calon suami sudah berusia 19 tahun, dan calon istri 16 tahun.

Namun dalam revisi atau perubahan pasal tersebut yang baru saja disahkan oleh DPR, yaitu Undang-undang Nomor 16 tahun 2019, sekarang usia pernikahan yang diizinkan adalah sama antara calon suami dan istri, yakni 19 tahun.

Meski ketentuan ini sudah berlaku sejak September 2019, namun pelaksanaannya secara efektif biasanya akan dimulai setahun kemudian.

So, bagi Agan-Agan yang punya calon istri yang masih berusia 16-17, segeralah menikahinya di tahun ini. Jika tidak, maka minimal 2 tahun lagi baru bisa melaksanakan pernikahan. Kalaupun ngotot ingin menikah juga, terpaksa harus repot mengurus dispensasi pernikahan di bawah umur ke Pengadilan Agama, disertai dengan alasan-alasan mendesak yang bisa diterima oleh pihak pengadilan.(*)
*****

Ref, Sumber Foto
.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
UriNami dan 17 lainnya memberi reputasi
18
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Segeralah Menikah, Sebab Syaratnya Makin Berat di Tahun 2020
17-11-2019 12:14
Quote:Original Posted By richwyn
Mendingan cari duit dulu yg banyak
1. punya rumah dulu
2. Punya Usaha yg mantap / karir yg tinggi
3. Punya mobil
4. Punya aset / deposito
5. Bisa memberikan Kebahagiaan untuk Orang tuamu
6. Baru cari cinta sejati... ( True love )
7. Mampu memperkerjakan ART / Baby sister untuk membantu wanita yg kamu cintai dan nikahi...
8. Bisa memberikan apapun yg wajar untuk istri / cinta sejati MU. Agar dia bahagia selalu dan merasa wanita paling beruntung didunia dengan menikahimu dan memberikan seluruh hidupnya padamu
9. TOLAK SELINGKUH / POLIGAMI / WIL / DLL NYA YA emoticon-Ngacir2


Kalo begini begitu dulu, ntar ga ada yg nikah gan emoticon-Big Grin.
Menikah itu kebutuhan utama manusia karena sudah kodrat, seperti makan, apakah kalo mau makan nunggu "jadi" dulu baru makan emoticon-Big Grin.
Orientasi tiap2 orang beda2, ada yg tahan ada yg ga tahanan( you know orientasi apa lahemoticon-Big Grin) maka dari itu Agama membuat jalur yg aman dengan cara menikah emoticon-Big Grin.
Kalo masalah ekonomi, maka dari itu carilah yg "sepadan" dengan diri kita masing", Ane aja nikah modal nekat, tapi punya visi dan misi ke depan, walaupun modal ekonominya belom memadai, bini ane, ane ajarin cara mengelola keuangan, investasi dll, awalnya dia emg bete, namun pd akhirnya malah pinteran dia emoticon-Ngakak (S), pas suatu saat lagi "bokek" dia dengan uang 20rb bs menyediakan makanan diatas meja makan porsi 3 orang untuk seharian, dengan tidak mengurangi nilai gizi nya emoticon-Big Grin
Kok malah curhat emoticon-Hammer emoticon-Peace
Intinya yg laki itu mesti punya tujuan, dan yg prempuan mesti mendukung tujuan dari pemimpin rumah tangganya (asal bener), meski blm ada modal apa2, urusan perut, rezeki kaga usah takut kelaperan, asal sang suami kaga males2an rezeki ngalir deras kaya blangwir pemadam emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin

Btw emg pemerintah agak "keterlaluan" juga sih kalo sertifikasi aja sampe makan waktu 3 bulan, ya ane kira 1bulan aja cukup kalo cuma tes ini itu, dan bimbingan konseling ini itu dan urus dokumen2 lainnya, karena urusan pernikahan menurut ane urgent, disegerakan kalo bisa emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
lonelyboy13 dan richwyn memberi reputasi
1 1
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia