Automotive
Batal
KATEGORI
link has been copied
8
Lapor Hansip
15-11-2019 17:35

Putuskan Pensiun, Berikut Perjalanan Lorenzo di Dunia Balap


Pebalap asal Spanyol Jorge Lorenzo resmi mengundurkan diri dari dunia balapan motor. Keputusan ini disampaikan langsung oleh Lorenzo dalam konferensi pers di Valencia, Spanyol, Kamis 14/11/2019. Keputusan pensiun ini cukup menyita perhatian pecinta MotoGP. 

Putuskan Pensiun, Berikut Perjalanan Lorenzo di Dunia Balap

Sebenarnya kabar pensiunnya Lorenzo ini telah menyeruak sejak beberapa waktu yang lalu. Hal ini disebabkan peforma Lorenzo yang kian meredup semenjak bergabung dengan Repsol Honda. Penurunan peforma ini juga tidak lepas dari cedera yang didera pebalap yang identik dengan nomor 99 ini. Dalam kurun waktu setahun belakangan, Lorenzo kerap mengalami cedera, mulai dari cedera patah kaki, retak dibagian tangan, dan cedera tulang belakang. Akibat cedera ini Lorenzo tak bisa mengikuti race diawal musim MotoGP 2019.

Putuskan Pensiun, Berikut Perjalanan Lorenzo di Dunia Balap

Pebalap yang sukses meraih 5 gelar juara dunia ini merasa kalau ia tidak pernah fit 100% saat balapan bersama Honda Repsol. Akibatnya, Hingga race terakhir di Sepang kemaren Lorenzo belum sekali pun naik podium. Sepertinya musim ini juga akan menjadi musim terburuk bagi Jorge, soalnya hingga kini ia baru mengumpulkan 25 point dan bertengger diperingkat 19 klasemen MotoGP 2019.

Jika melihat kebelakang, Pebalap yang lahir di Palma de Mallorca pada 4 Mei 1987 ini memang udah memiliki bakat jadi pebalap. Ini terbukti dengan keikutsertaannya bertanding di kelas 125 cc pada usia yang cukup belia, yakni 15 tahun. Walaupun waktu itu Jorge Lorenzo belum mendapatkan hasil yang maksimal, tapi perlahan dia mulai memperbaiki peformanya. 

Pada tahun 2005, Lorenzo sukses promosi ke kelas 250cc. Di kelas ini perkembangan Lorenzo sangat terasa. Pada musim 2006 dan 2007 ia berhasil meraih gelar juara dunia di kelas 250 cc. Raihan luar biasa ini membuatnya mendapat promosi ke MotoGP pada tahun 2008. Kala itu ia bergabung dengan tim Yamaha dan menjadi kompatriot Valentino Rossi.

Putuskan Pensiun, Berikut Perjalanan Lorenzo di Dunia Balap

Jorge bergabung dengan Yamaha hingga tahun 2016. Selama 8 tahun menunggangi motor Yamaha, Lorenzo tidak pernah keluar dari 4 besar klasemen akhir MotoGP, bahkan tercatat tiga kali ia meraih gelar juara dunia pata tahun 2010, 2012, dan 2015. Ini pun menjadi raihan tertinggi Lorenzo pada karir balapannya. Satu lagi raihan fenomenalnya terjadi di tahun 2010, saat itu ia berhasil meraih 16 kali podium dengan 9 kemenangan di seri balapan dan mengumpulkan 383 point. Point ini menjadi capaian tertinggi di MotoGP sebelum dipecahkan oleh pebalap Repsol Honda Marc Marquez.

Setelah berkarir lama di Yamaha, Lorenzo memutuskan untuk pindah ke Ducati pada tahun 2017. Barsama pabrikan Italia ini, prestasi Lorenzo mulai menurun. Untuk kali pertama selama karirnya di MotoGP, ia mengakhiri musim balapan dengan tidak berada di empat besar. Lorenzo hanya mampu bertengger di peringkat tujuh MotoGP 2017.

Pada tahun 2019, pria Spanyol ini memilih melanjutkan karir balapannya bersama tim Repsol Honda. Di sini ia tandem dengan pebalap berbakat Marc Marquez. Awalnya banyak kalangan yang memprediksi kombinasi ini akan berbuah manis untuk Repsol Honda. Namun, masalah cedera membuat Lorenzo susah berkembang di tim ini. Dan akhirnya ia memutuskan untuk pensiun dari MotoGP.

Sumber 12 3

 


0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Putuskan Pensiun, Berikut Perjalanan Lorenzo di Dunia Balap
16-11-2019 20:58
Kalau Yamaha dulu lebih memilih Lorenzo daripd Mbah..

Mgkn doi bs menjegal dominasi marquez.

Sayang bos yamaha lebih mementingkan penjualan Nmax ketimbang championship Motogp.
profile-picture
sempakratapan memberi reputasi
1 0
1
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia