Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
58
Lapor Hansip
02-11-2019 14:39

Suka Makan Otak-otak? Resep Sederhana Otak-otak ala Dapur Rumah



#Resep sederhana otak-otak ala dapur rumah
#otak-otak bakar
#otak-otak goreng


Hay Gansis, suka makan otak-otak? Atau mungkin justru pecinta makanan ini?
Tentu sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini kan?
Makanan dengan rasa gurih berbahan dasar ikan ini awalnya berasal dari daerah pesisir, namun seiring berjalannya waktu makanan ini telah menyebar ke seluruh penjuru negeri, jadi tidak heran kalau sering kita jumpai di rumah-rumah makan.


Jangan salah yah Gansis, sekalipun namanya otak-otak tapi bahan dasarnya bukan otak loh yah, melainkan ikan.emoticon-Embarrassment


Ada dua jenis otak-otak, yaitu otak-otak bakar dan otak-otak goreng.
Mungkin yang lebih familiar otak-otak bakar yah Gansisemoticon-Malu (S)
Itu tuh yang pakai baju ijo gosong-gosongemoticon-Stick Out Tongue


Tapi tau nda sih kalau sebenarnya mudah sekali untuk membuatnya, baik bahan maupun prosesnyapun sangat sederhanaemoticon-Cool
Nda percaya? Nih saya bagikan resep otak-otak ala dapur rumahemoticon-Malu (S)


Jangan lupa catet bahan dan prosesnya yah.
Pada dasarnya perbedaan mencolok ada di proses pemasakan, tapi biar lebih spesifik saya jabarin nihemoticon-Big Grin


Quote:
Bahan otak-otak bakar

- 200gr ikan tuna fillet ( pakai ikan tuna karena lebih mudah mendapatkannya)
- 100gr tepung tapioka
- 1 butir telur
- santan kara ukuran kecil 65ml (encerken sampai 100ml)
- 1 sdm minyak goreng (kondisional yah, boleh juga tidak)
- 5 siung bawang merah
- 3 siung bawang putih
- 1/2 sdt ketumbar
- 2 batang daun bawang (potong kecil-kecil)
- garam, gula, dan penyedap secukupnya


Setelah menyiapkan alat dan bahan, tentu tinggal kita eksekusi saja yah Gansis,
Prosesnyapun nda ribet kok

1. Setelah mempersiapkan alat dan bahan, tidak lupa juga mempersiapkan kukusan sambil menyiapkan adonan untuk otak-otak, biar ntar nda kelamaan buat masaknya

2. Haluskan ikan dan bumbu-bumbu (bawang merah, bawang putih, ketumbar, garam, dan gula) saya saranin buat diblender jadi satu yah Gansis

3. Selanjutnya setelah halus masukkan telur dan ratakan

4. Tambahkan tepung tapioka sedikit demi sedikit sambil diuleni

5. Baru tambahkan santan dan minyak, fungsi minyak dsini biar mudah kalau membungkus yah, bisa juga nda pakai karena santan juga mengandung minyak

Suka Makan Otak-otak? Resep Sederhana Otak-otak ala Dapur RumahDokumen Pribadi


6.Setelah adonan rata, bungkus dengan daun pisang sedikit demi sedikit dan sematkan lidi pada bungkusannya hingga adonan habis

7.Setelah itu kukus kurang lebih 15 menit hingga matang

8. Kemudian otak-otak siap dibakar dan disajikan bersama saus maupun sambal kacangemoticon-thumbsup

Suka Makan Otak-otak? Resep Sederhana Otak-otak ala Dapur RumahDokumen Pribadi


Mudah kan? Untuk membuat otak-otak gorengpun nda kalah mudahnya, bahkan bahan untuk membuat otak-otak bakar maupun goreng secara umum sama, hanya berbeda pada santan dan proses pembuatan saja, untuk lebih lengkapnya silahkan catat yah

Quote:
Bahan membuat otak-otak goreng

-200gr ikan tuna fillet (umumnya banyak yang menggunakan ikan tengiri)
- 100gr tepung tapioka/tepung sagu
- 2 butir telur
- 5 siung bawang merah
- 3 siung bawang putih
- 1/2 sdt merica (tidak memakai ketumbar karena merica lebih berasa untuk gorengan)
- 1 daun bawang (potong kecil-kecil)
- garam, gula, dan penyedap secukupnya



Untuk prosesnyapun hampir sama dengan pembuatan otak-otak bakar.
Perbedaan proses yang menonjol adalah otak-otak bakar dikukus baru dibakar, sedangkan otak-otak goreng prosesnya direbus lalu digoreng๐Ÿคญ jangan salah yah Gansis

1.Setelah semua bahan tercampur rata, kita siapkan air untuk rebusannya yah

2.Untuk cetakannya cukup mencetak dengan tangan yah gansis

Suka Makan Otak-otak? Resep Sederhana Otak-otak ala Dapur RumahDokumen Pribadi


3.Setelah air mendidih, masukkan sedikit demi sedikit adonannya

4.Setelah mengapung tandanya sudah matang, baru diangkat dan ditiriskan

5.Kemudian tinggal goreng deh dan disajikan dengan saus.

Suka Makan Otak-otak? Resep Sederhana Otak-otak ala Dapur RumahDokumen Pribadi


Gimana Gansis mudah kan?
Kalau untuk menjadikan bisnis, tinggal dikemas dan disimpan saja di lemari es otak-otak bakar yang sudah dikukus maupun otak-otak goreng yang telah direbus


Sebenarnya masing-masing orang punya potensi untuk memulai usaha, tinggal kita mau memanfaatkan peluang tersebut atau tidakemoticon-Embarrassment




Demikian resep ala dapur rumah, bisa juga disesuaikan dengan selera masing-masing

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan

Selamat mencoba yah

Jangan lupa tinggalkan jejak, dan berikan ulasan buat yang sudah mencoba resepnya
emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol

Penulis :Ningdidien
Resep coba-coba
Diubah oleh ningdidien
profile-picture
profile-picture
profile-picture
YenieSue0101 dan 13 lainnya memberi reputasi
14
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Suka Makan Otak-otak? Resep Sederhana Otak-otak ala Dapur Rumah
04-11-2019 14:31
Saya suka otak-otak, tapi seringnya beli jadi. Tinggal goreng aja... ๐Ÿ˜Š
profile-picture
ningdidien memberi reputasi
1 0
1
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Oriental Exotic (Asian food)
dum-dum
Copyright ยฉ 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia