Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
178
Lapor Hansip
04-11-2019 09:16

Ingin Merasakan Liburan Luar Negeri? Banyuwangi Tawarkan Solusi

5 Destinasi Wisata Banyuwangi dengan Nuansa Luar Negeri

Ingin Merasakan Liburan Luar Negeri? Banyuwangi Tawarkan Solusi

#potretbanyuwangi


Hallo...Agan dan Sista yang berbahagia !

Selamat bertemu kembali dengan "Wong Deso" dari ujung timur Pulau Jawa. Maksud ane dari Banyuwangi gitu lho...ah! Gitu aja kok repot.
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak




Dalam setiap tulisan yang ane buat, ane sering --meski tidak semuanya--mencantumkan nama Wong Deso.Tidak ada niat untuk merendahkan diri --meski yang sebenarnya ane tidak punya banyak kelebihan terutama di bidang literasi-- untuk mencari perhatian. Hal tersebut ane lakukan agar Agan dan Sista sekalian tahu siapa ane sebenarnya -- meski tidak semuanya.


Mungkin ada yang menganggap hal ini 'nggak penting, tapi bagi ane perlu. Sebab menurut ane, tidak menutup kemungkinan persahabatan dalam dunia maya bisa berlanjut dalam dunia nyata dan jujur ane sangat berharap akan hal tersebut.



Ehh...kok jadi nga ngalor ngidul sich ceritanya.
Apa hubungannya dengan judul di atas.


Begini GanSiat!

Bagi GanSist yang sudah mengenal Banyuwangi atau baru mengenal setelah membaca thread ini dan punya rencana untuk melihat Banyuwangi dari dekat--jika ane berada di rumah--maka pintu gubuk ane terbuka lebar untuk anda semua. Dengan alasan itulah ane bicara jujur tentang kondisi ane yang sebenarnya.


Bagi ane, menghormati siapapun yang datang ke gubuk ane adalah hal yang wajib ane lakukan. Dengan segala kekurangan dan keterbatasan sebagai Wong Deso ane tak ingin mengecewakan siapapun yang menjadi tamu ane.


Ah...sudah ah!

Kita lanjutin aja ya threadnya.

Agan dan Sista!

Sudah selayaknya kita merasa bangga dengan tanah kelahiran kita. Apalagi dalam kenyataannya tanah kelahiran kita tersebut sudah dikenal, bukan cuma oleh masyarakat Indonesia bahkan sampai ke mancanegara.


Iya 'nggak GanSist?

Pastinya iya dooong...!

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

Banyuwangi--tanah kelahiran ane--secara geografi terletak di ujung timur Pulau Jawa yang masuk dalam wilayah Propinsi Jawa Timur dan merupakan bagian dari kawasan tapal kuda.




Sebagai wilayah yang terletak di ujung paling timur Pulau Jawa, Banyuwangi mempunyai daerah kekuasaan yang cukup luas dan merupakan kabupaten terluas di Pulau Jawa, bahkan lebih luas dari Propinsi Bali.






Wilayah Kabupaten Banyuwangi bisa dikatakan masih merupakan daerah kawasan hutan. Ini dikarenakan sekitar 31,62℅ wilayah tersebut masih berupa hutan yang sebagian besar masih asli dan dijadikan taman nasional dan wilayah konservasi. Kondisi wilayah yang seperti ini menjadikan Banyuwangi mempunyai banyak sekali tempat wisata alam yang pantas untuk dijadikan pilihan.


Penting juga untuk GanSit ketahui, Banyuwangi juga memiliki beberapa gunung berapi yang masih aktif. Salah satunya adalah Gunung Ijen dengan kawahnya yang mampu mencuri perhatian mata dunia.


Selain kedua hal tersebut di atas, Banyuwangi juga memiliki garis pantai yang cukup panjang (sekitar 175,8 km) yang membentang dari utara ke selatan dan sepanjang garis pantai selatan Pulau Jawa bagian timur. Hal ini juga merupakan berkah tersendiri bagi Tanah Belambangan tersebut (nama lain dari Banyuwangi), karena dengan wilayah seperti ini selain sebagai salah satu penghasil ikan terbesar di Indonesia, Banyuwangi juga memiliki wisata pantai yang sungguh teramat sayang untuk dilewatkan.


Agan dan Sista!

Pada kesempatan kali ini ane mau mengajak GanSist berpetualang menyusuri wilayah Banyuwangi melalui pintu masuk bagian utara dan menemukan 5 destinasi wisata lokal bertaraf internasional.


1. Taman Nasional Baluran dengan "The Little Afrika of Java"-nya


Ingin Merasakan Liburan Luar Negeri? Banyuwangi Tawarkan Solusi
cekaja.com

Alas Baluran adalah kawasan hutan yang menjadi perbatasan antara wilayah Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Situbondo.


Kawasan ini ditetapkan oleh pemerintah Indonesia sebagai taman nasional sekaligus area konservasi.


Pada area hutan ini para wisatawan akan di suguhi panorama alam yang masih asli dengan beragam jenis Flora dan fauna.


Posisi wilayah ini yang tepat berada di kanan kiri jalan utama pantura(pantai utara) bagian timur, menjadikan Taman Nasional Baluran mudah sekali untuk dijangkau oleh para wisatawan.


Ada satu wilayah yang berada di kawasan TN Baluran yang menjadi pusat perhatian para pecandu wisata hutan, yakni sebuah hamparan padang yang sangat luas mirip sekali dengan suasana alam di Afrika. Oleh karenanya para wisatawan--terutama wisatawan mancanegara--menyebut area ini dengan "The Litle Afrika ".


2. Kawah Gunung Ijen dengan "Blue Fire"-nya

Ingin Merasakan Liburan Luar Negeri? Banyuwangi Tawarkan Solusi
pesona travel.com

Setelah puas menikmati indahnya TN Baluran, anda ane ajak melanjutkan perjalanan ke arah selatan menuju kota Banyuwangi. Dari pusat kota GanSist mengambil rute perjalanan ke arah kawasan Gunung Ijen yang ada di sebelah barat pusat kota.


Untuk mengawali pendakian ke kawah Gunung Ijen anda bisa memulainya dari Paltuding yang merupakan pintu gerbang masuk utama.


Pada puncak Gunung Ijen, GanSist akan di suguhi sebuah pemandangan sangat langka yaitu semburan api yang berwarna biru yang terkenal dengan sebutan "Blue Fire" yang berada di dasar kawah.


Perlu juga GanSist ketahui bahwa "Blue Fire"adalah fenomena alam yang hanya ada di 2 tempat yakni Islandia dan Kawah Gunung Ijen.


3. "De Jawatan" Benculuk dengan nuansa hutan "Alice in Wonderland."

Ingin Merasakan Liburan Luar Negeri? Banyuwangi Tawarkan Solusi
cekaja.com

Sebenarnya "De Jawatan" hanyalah sebuah kawasan hutan kecil milik Perhutani yang memiliki luas sekitar 3,8 ha. Kawasan wisata yang satu ini memang belum banyak dikenal oleh para wisatawan.


Namun dari kabar yang ane dengar dan pernah ane baca, hutan milik Perhutani ini mirip sekali dengan setting film "Alice in Wonderland"garapan Tim Burton.


Pada kawasan hutan ini, GanSist akan dijamu dengan berbagai kayu raksasa yang ketinggiannya hingga mencapai 10 m dengan dahannya yang tak beraturan.


Banyaknya lumut juga benalu yang berwarna hijau menambah kesan tempat ini sebagai hutan tua.


Adanya rumah pohon juga ayunan sengaja dibuat untuk menampilkan suasana seperti negeri dalam dongeng.


Satu hal lagi GnSist!
Jika anda ingin mengabadikan moment sepeeti dalam negeri dongeng, anda bisa berfoto ria dengan kostum ala jaman dahulu kala yang sengaja dipersiapkan pihak pengelola wisata.


4. "G-Land" Pantai Plengkung

Ingin Merasakan Liburan Luar Negeri? Banyuwangi Tawarkan Solusi

Lipitan6.com

Pantai Plengkung adalah destinasi wisata yang sudah tak asing lagi bagi pecandu olah raga ski air atau surfing. Ombak di kawasan ini yang cukup besar (mencapai 2-8 m dengan panjang hingga 2 km--mampu memyedot minat para pecinta olahraga yang membutuhkan keberanian ekstra tersebut.


Bentuk ombak yang hampir menyerupai huruf "G" menjadikan tempat wisata ini dikenal dengan nama "G-Land". Selain itu ada juga yang menyebut tempat ini sebagai The Seven Giant Waves Wonder".


Selain dari dua sebutan di atas ada satu lagi yang menjadi daya tarik dari Pantai Plengkung. Keindahan alamnya yang memesona serta kejernihan air laut yang terkombinasi dari warna putih, biru, dan hijau menjadikan siapapun yang berkunjung ke tempat ini serasa tengah berada di Pantai Hawai karena suasananya yang tak jauh berbeda.


5. Pulau Merah yang dikenal dengan sebutan Baia do Sanco".

Ingin Merasakan Liburan Luar Negeri? Banyuwangi Tawarkan Solusi
cekaja.com

Pulau Merah adalah sebuah pulau kecil yang terletak di selatan Pulau Jawa di kawasan Banyuwangi bagian selatan. Atau tepatnya berada di kawasan pantai Desa Sumber Agung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi.


Pulau kecil dengan pegunungan serta tanah yang berwarna merah yang berada tak jauh dari bibir pantai tak jauh beda dengan alam di Baia Do Sanco"[/B milik Brazil.]


Kejernihan airnya yang laksana keistal berpadu dengan hamparan pasir putih seluas--kurang lebih--3 km semakin membuat para wisatawan enggan untuk melupakan Pulau Merah


Agan dan Sista!

Dari apa yang ane tulis di atas--belum seluruhnya-- adalah bukti bahwa Banyuwangi memang layak untuk di banggakan.


Nah! Bagaimana GanSist, anda penasaran?

Buktikan saja!

Ajak orang-orang tercinta anda untuk menikmati alam Banyuwangi dengan nuansa luar negeri.

MURAH, MERIAH dan bisa memberikan BERKAH bagi negeri tercinta Indonesia.

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia



Ditulis oleh [B]Wong Deso
( Koirul Anam/Abahe khubby tsany) di tanah rantau.

Serutim Kobi 4 Nofember 2019

Diambil dari berbagai sumber dan opini pribadi.

Referensi :
bukak sitik joz
Diubah oleh abahekhubytsany
profile-picture
profile-picture
profile-picture
irhayuayank dan 28 lainnya memberi reputasi
29
Ingin Merasakan Liburan Luar Negeri? Banyuwangi Tawarkan Solusi
04-11-2019 10:37
Setauku begitu. Salah kah non?
Diubah oleh abahekhubytsany
profile-picture
alizazet memberi reputasi
1 0
1
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia