Tech
Batal
KATEGORI
link has been copied
429
Lapor Hansip
23-07-2019 04:27

Mengapa Saya Mencintai Apple dan iPhone

Pertama2, disclaimer dulu. Gw bukan fanboi Apple by default. Sebelum dan sejak Apple memulai revolusi smartphone dengan meluncurkan iPhone, gw uda coba semua merek flagship dari pocketpc (gw punya satu toshiba tablet, dua HP tablet dan satu toshiba hybrid laptop dan tablet), blackberry, lumia (windows), android sampe apple.

Ini adalah hasil pengalaman gw menggunakan berbagai gadget2 di atas sampe akhirnya gw jatuhkan pilihan kepada apple.

So, without further ado, mengapa saya mencintai produk apple dan iphone:

1. Keamanan. Pekerjaan gw mengutamakan keamanan sehingga dalam milih gadget gw selalu milih yang paling aman dan karena itu gadget ideal gw sejak jaman Bold adalah blackberry. Plus gw lebih cocok pake keyboard qwerty fisik daripada digital. Tapi krn blackberry uda mati (hp bb yang ada skrg produk RRC yang membeli lisensi merek dari BB / RIM), apa boleh buat terpaksa harus pilih produk lain. BB terakhir yang gw pake sebelum hijrah adalah Priv.

Dalam soal keamanan, jelas iphone nomor 1 saat ini. Sistem android terlalu terbuka dan gak menolong bahwa bisnis utama google atau alphabet sebagai parent company dari android adalah iklan sehingga mereka harus mengambil data pengguna dengan tujuan diolah agar dapat menayangkan iklan yang cocok untuk user tertentu. Itu sebabnya google mengratiskan os android untuk dipakai siapa saja karena buat google, android adalah freemium, di mana di awal terkesan gratis tapi untuk menggunakannya user harus bayar dengan data pribadi mereka.

Selalu itu, karena open source maka android mudah disusupi malware dan/atau program2 jahat lain.

Ketidakamanan sistem operasi google juga gampang dimanfaatkan oleh pemerintah negara luar untuk mencuri data rakyat negara lain seperti yang dilakukan oleh huawei dan zte. Gw cukup yakin hp android merek RRC yang lain juga ditanam chip sebagai backdoor mencuri data pemiliknya.

https://www.forbes.com/sites/kateofl.../#7c9485fc73a5

Nah....untuk Apple, privasi adalah nomor 1. Mereka bahkan pernah menolak permintaan FBI untuk menciptakan backdoor agar FBI bisa buka iphone penjahat. Bisnis utama apple juga bukan iklan sehingga mereka enggak anggap data user sebagai komoditas atau barang dagangan.

2. It’s just works. Ingatan gw kepada buruknya pocketpc windows dan internet di nokia jadul membuat gw semakin menghargai iphone generasi pertama. Iphone adalah smartphone pertama yang mampu menampilkan full web tanpa ngelag. Iphone juga hp yang tidak membutuhkan manual karena secara intuitif bisa digunakan.

Gw gak bercanda. Pocketpc toshiba lebih sering gw gunakan sebagai universal remote control karena penggunaannya terbatas. Begitu juga dengan dua HP gw. Paling gw pake buat main catur karena enggak banyak yang bisa digunakan dengan pocket pc tersebut. Untuk pake sebagai telepon juga enggak enak karena terlalu besar dan lebar.

Nokia gw selalu gunakan yang model top of the line. Bahasa jaman sekarang flagship seperti communicator, tapi communicator terlalu besar dan enggak nyaman dipegang kemana-mana. Nokia ideal gw adalah N7650, N8800, N70 dan N95. HP2 ini enak buat telepon dan sms sambil sesekali main snake tapi teknologi di dalamnya masih sangat terbatas untuk digunakan sebagai web browser.

Lalu gw sempet beberapa kali pake android. Gw pernah beli samsung S4 jaman baru keluar tapi enggak lama langsung gw kasih kakak gw karena enggak suka. Baru-baru ini coba gunakan samsung j6+ tapi ini hp lemotnya enggak tahan. Produk sampah.

Gw juga pernah sekali beli Nokia Lumia 800 sekedar untuk mencoba windows phone. Yah, ada alasan sekarang windows phone uda mati kan? os 8 windows dengan kotak2 cantik di mata tapi enggak efektif dan efisien sebagai os smartphone.

3. Originalitas. Tidak ada satupun pembenci Apple dan iPhone yang bisa membantah bahwa iOS merupakan produk yang revolutionary sehingga merek-merek yang sudah established seperti nokia dan blackberry ditinggal pembeli sampe bangkrut dan google melalui eksekutif mereka yang ada di apple, eric snitch mencuri iOS untuk membuat os android.....

skrg melalui Pixel 4 kembali Google dgn gak tau malu mencuri desain iPhone XI dan face id.

https://www.imore.com/how-google-copying-apples-face-id-pixel-4

4. Desain. Apa ada yang meragukan desain produk apple dan iOS sangat luar biasa indah sampe kompetitor mereka shamelessly sering mencuri industrial design iphone cuma demi numpang publisitas gratis dan mengincar orang2 yang suka desain iphone tapi enggak punya cukup uang untuk membeli iphone?

5. Ekosistem apple. Kebetulan selain iphone, gw punya macbook pro, macbook air, imac, mac mini, homepod, apple watch, airpod, dan ipad. Gw juga pengguna apple music dan sesekali sportify. Dan wow, cara produk2 apple bekerja dengan iphone sebagai hub secara seamless sangat luar biasa dan sukar diuraikan dengan kata-kata. Lu harus coba sendiri untuk memahami apa yang gw maksud.

6. Steve Jobs. Sekarang kita pesan makanan, cari taksi, beli musik, beli apps, beli film, pesen tiket, bayar barang dll tinggal klik di smartphone. Tapi smartphone tidak akan tercipta tanpa komputer dengan koneksi internet dan web browser yang cukup kuat dan intuitif untuk digunakan. Semua ini enggak akan ada tanpa almarhum Steve Jobs. Yes, ini gak berlebihan. Bahkan kaskus enggak pernah ada tanpa Steve Jobs.

Berlebihan? Sama sekali enggak. Semua tahu Apple dimulai oleh Steve Jobs dan Steve Wozniak, di mana Jobs bertugas memasarkan komputer Apple 1 ciptaan Wozniak. Banyak orang bilang tanpa Woz maka Jobs enggak akan jadi ikonik seperti sekarang. Tapi gw cenderung berpendapat bahwa tanpa Woz, Jobs tetaplah Jobs, dia akan menemukan “Woz” yang lain dan menciptakan hal revolusioner bersama “Woz baru” ini.

Ini bisa dilihat dari Steve Wozniak sendiri. Dia sering boastful mengatakan bahwa Apple 1 adalah yang komputer PC pertama. Tapi yang gak banyak orang tahu adalah Apple 1 sendiri meniru Alstair 8800, dan awalnya Woz membagi2kan desain Apple 1 di perkumpulan pecinta komputer secara gratis. Komputer ciptaan Woz berikutnya adalah Apple II dan ini sempat jadi sumber pendapatan Apple selama puluhan tahun tapi enggak ada perkembangan signifikan pada Apple II sehingga ketika komputer ini obsolete, Apple kehilangan arah. Sampai sekarang Woz juga tidak lagi menciptakan produk revolusioner dan perusahaan2 dia sejak keluar dari Apple mati.

Sebaliknya, mata dan intuisi tajam Steve Jobs berkali2 menemukan produk-produk komputer yang membawa umat manusia kepada kemajuan teknologi saat ini. Produk pertama yang dilihat Steve Jobs tentu saja desain Steve Wozniak yang kelak jadi Apple 1 dan disempurnakan jadi Apple II. Dia segera menghentikan Woz dari bagi2kan desain itu secara gratis. Kemajuan teknologi kedua adalah graphical user interface dan mouse ketika dia pertama kali melihatnya di Xerox PARC padahal saat itu Xerox menganggap GUI dan mouse sebagai sampah.

Dua komputer pertama Apple yang gunakan GUI dan Mouse yaitu Lisa dan Macintosh memang gagal di pasaran tapi seperti belakangan diakui ex CEO Apple, John Sculley, ide Jobs yang diimplementasikan ke dalam Lisa dan Macintosh terlalu cepat tiga tahun karena tiga tahun setelah Macintosh dianggap gagal, ternyata pasar mulai menyerap dan menyukai produk ini.

Nah, Windows sendiri adalah GUI Apple yang dicuri Bill Gates dari Apple. Dengan kata lain tanpa Steve Jobs enggak akan ada Windows karena awalnya jualan Microsoft adalah MS-DOS yang berbasis kode untuk aktivasi program. Yang pernah gunakan atau belajar MS-DOS pasti tahu betapa seperti nerakanya gunakan MS-DOS.

Pasca kegagalan Lisa dan Macintosh memang Steve sempat keluar dari Apple karena terjadi perpecahan dengan Board of Directors Apple dan John Sculley. Tapi visi Steve Jobs yang enggak terkekang itu setelah bebas menjadi meluap2. Impian GUI ideal Steve Jobs menghasilkan OS NEXTSTEP. OS ini adalah cikal bakal MacOS, iOS, IpadOS, WatchOS dan lain sebagainya. Tahu WWW yang ada di depan semua website? Ini diciptakan menggunakan komputer NEXT dengan OS NEXTSTEP. Dgn kata lain, tanpa Steve Jobs dan NEXT, kita di sini enggak akan bisa internetan, apalagi ngaskus.

Lalu Steve juga membeli divisi komputer dari LucasFilm dan menciptakan Pixar Animation yang melahirkan banyak animasi komputer bermutu seperti Toy Story.

Pasca kembalinya Steve Jobs ke Apple, berturut2 dia menciptakan all-in-one PC yang sangat indah melalui line iMac; MP3 player yang akhirnya diterima pasar yaitu ipod, dan tablet/smartphone yang ideal buat pasar: iphone dan ipad. Sejak tahun 90an, Steve juga sudah memikirkan keberadaan toko digital, yaitu tempat di mana orang bisa membeli program/app/film/music secara digital. Ide ini melahirkan app store, itunes dan itunes store dan lain-lain.

Lagi-lagi, karena Android adalah curian dari iOS maka tanpa iOS kita masih terjebak marketing Nokia dan Blackberry yang mengeluarkan teknologi pelan-pelan ke dalam handphone mereka supaya bisa jual lebih banyak handphone. Android sendiri sebelum iOS diluncurkan lebih mirip symbian-nya Nokia.

Sekalian numpang taro gambar produk Apple punya gw. Sebagian masih gw pake dan sebagian gw beli sebagai koleksi legacy. Masih bbrp yang belom kefoto seperti Mac Mini 2018, iMac 2017, dan XS Max....

Apple
Diubah oleh Liteone
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iyusard dan 6 lainnya memberi reputasi
5
Mengapa Saya Mencintai Apple dan iPhone
29-10-2019 05:43
Quote:Original Posted By GoToSea


Nah gini dong gan kalo berdebat, hehehe.. Ga usah bawa2 gigolo, bacod ga jelas.
Kalo produk2 zaman Steve Jobs mungkin betul yah, kualitasnya beda dan tahan lama. Gw masi simpen Ipad 2 (belum retina) dan masi jalan sampe skrg. Tapi, semenjak pindah ke Tim Cook, produk2 apple kualitasnya uda ga seperti dulu.

Gw ngomong itu bukan tanpa dasar, gw pake produk apple semenjak Iphone 3G, memang ga sejauh agan sampe punya produk2 super lawas itu. IPhone 4S ane tombol powernya rusak setelah 2 atau 3 tahun. Macbook Pro 2017 ane uda 2x ganti keyboard. Malah Macbook Pro 2010 masi oke sampe skrg hanya saja makin lemot aja karena uda gw upgrade OSnya ke Lion.

Produk2 Android skrg juga ga kalah bagus, dan harganya juga jauh lebih murah. Terakhir produk Apple yg gw beli itu IPhone 7, setelah IPhone X launch, ane ga suka designnya (ada notch). Apalagi IPhone 11 Pro Max yg 3 kameranya super fugly menurut gw. Yah, subjective masing2 orang pokoknya. Tapi menurut gw, super aneh, itu aja. Harganya apalagi.. Fungsionalitas dengan harga segitu bisa ane dapatkan di produk Android yg 1/3 harganya.

Tapi, semua kembali lagi ke agan sendiri, duid duid ente, suka suka ente.. Gw ga bisa ngelarang ente beli, ente juga ga bisa memaksa kita beli. Dan kita lagi ngomongin sebuah produk, ngga perlu menyerang pribadi orang2nya..Debat yg sehat lah.


tergantung orangnya lah...kalo orangnya berdebat pinter gw ladenin tapi kalo berdebat goblok dan maksa lagi, yah gak perlu dilayanin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin

apple 4s itu justru produk terakhir yang diumumkan steve jobs. steve masih terlibat sampe pengembangan iphone 5..

produk apple pasca steve jobs? masih leap and bound di atas kompetitor kok, contoh nih:

1. apple watch adalah smart watch paling laku.
2. tiga seri iphone 11 diakui sebagai iphone terbaik sejauh ini.
3. mac pro cheese grader terbaru disambut meriah oleh kaum profesional.
4. ipad pro uda makin mirip laptop dan masih bertahan di tengah tablet android enggak laku.
5. airpods juga disambut meriah oleh pasar.
6. homepod enggak terlalu laku tapi disukai para audiophile yang kebetulan ada di dalam ekosistem apple.
7. macbook dan imac juga masih jadi favorit banyak orang walaupun enggak mungkin nembus dominasi windows-intel.

android? memang lebih murah. tp uda gw jelasin faktanya. dgn produk apple krn kualitasnya tinggi maka lu bisa gunakan produk apple selama puluhan tahun kalo mau karena value for money-nya tinggi. kalo produk kompetitor khususnya android, baru dua tiga tahun uda lemot sehingga lu harus ganti.

Quote:Original Posted By GoToSea
tambahan aja, yg gw ga suka dari Apple adalah.. Kalo ada upgrade nanggung banget.. Di mana2 Android uda 4 Gb RAM, dia baru 1 Gb. Android uda 8Gb, dia baru 3 atau 4Gb Ram.

Dan banyak banget apple fanboy super fanatik yg membela dengan alasan: Ah kan IOS ga perlu RAM gede2, IOS itu sangat efective.. Menurut ane, itu bullshit... Itu supaya ente upgrade setelah 2 atau 3 tahun, karena dengan RAM pas2an produk tersebut jadi obsolete, game2 baru ga kuat dimainin lagi, Apps2 baru juga lemot karena RAM ga cukup. Paling ente bisa browsing doang. Menurut ane, ini hanya akal2an marketing Apple aja yg intinya duid lagi duid lagi buat upgrade.


nah, justru elu gak paham bahwa pemakaian daya dan memori apps apple itu efisien karena hardware dan software dikembangkan secara internal. gak kayak android. untuk satu OS ada puluhan produsen handphone.

faktanya iphone dgn spec di bawah flagship android juga kecepatannya di atas atau menyamai.

https://www.antutu.com/en/ranking/rank1.htm

spec gede kalo gak efesien, buat apa?
0 0
0
profile picture
kaskus addict
30-10-2019 10:19


Nah itu lah inti yg bbrp post lalu gw komen gan.. Mangstab!
Dah lah gan, gw juga uda move on dari produk Apple (terutama hp nya), kalo IPad masi tetep bakal lanjut sih.
Kalo masalah fanboy, dari dulu memang gitu lah bentuknya, karena gw dulu pernah di posisi itu.
1
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia