News
Batal
KATEGORI
link has been copied
168
Lapor Hansip
25-10-2019 09:19

Rapat Perdana Nadiem Makarim sebagai Kemendikbud


Rapat Perdana Nadiem Makarim sebagai Kemendikbud


Nadiem Makarim ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) di Kabinet Indonesia Maju. Sebuah kejutan yang disebut-sebut sebagai angin segar oleh banyak pihak. Tentu ada alasan di balik penunjukkan mantan CEO Go-Jek ini sebagai Mendikbud. Presiden Jokowi pun menjelaskannya.

Dikutip detikcom, Presiden Joko Widodo menyebut bahwa Nadiem Makarim adalah sosok yang membuat loncatan yang dulunya dirasa tidak mungkin dan sekarang menjadi mungkin.

"Bayangkan mengelola sekolah, mengelola pelajar, manajemen guru sebanyak itu, dan dituntut oleh sebuah standar yang sama. Kita diberi peluang setelah ada yang namanya teknologi, yang namanya aplikasi sistem yang bisa membuat loncatan sehingga yang dulu dirasa tidak mungkin sekarang mungkin. Oleh sebab itu dipilih Mas Nadiem Makarim," kata Presiden Jokowi.

Pada Kamis (24/10/2019) sore, Nadiem Makarim pun langsung memimpin rapat pimpinan tingkat kementerian untuk pertama kalinya setelah ditunjuk dan dilantik sebagai Mendikbud. Tampak seperti yang diunggah di akun Twitter @Kemdikbud_RI, Nadiem tampak mengenakan kemeja putih ketika memimpin rapat tersebut.

"Rapat ini dihadiri pejabat eselon 1 dan 2 di lingkungan Kemendikbud," tulis akun Twitter @Kemdikbud_RI pada Kamis malam. Rapat sendiri dilakukan di Gedung A Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta Pusat.




Dalam rapat tersebut setiap seleon 1 diberi waktu sekitar 15 menit untuk memaparkan program dan kebijakan dalam unit kerja mereka masing-masing. Tempo menulis, rapat tersebut dimulai pada pukul 14.00 hingga 17.00 WIB. Dalam kesempatan yang sama, Kepala Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Awaluddin Tjalla menyebut bahwa Nadiem juga memaparkan keinginan-keinginan dari Presiden Joko Widodo.

"Tadi karena baru pertemuan pertama, dia menjelaskan tentang keinginan Pak Presiden bahwa visi itu diharapkan visi presiden, dalam perspektif Kemendikbud yang sudah bergabung dengan dikti," kata Awaluddin sesaat setelah rapat, Kamis 24 Oktober 2019, kepada Tempo.co.

Kemenristekdikti bergabung dengan Kemendikbud, disebut Awaluddin, diperlukan demi menyelaraskan strategi dalam sejumlah pengelolaan. Persiapan, penggunaan, dan impelementasi strategi disebutnya akkan jadi lebih kuat.

Rapat Perdana Nadiem Makarim sebagai Kemendikbud


Selain itu, Nadiem juga menjelaskan kepada jajaran eselon 1 dalam rapat tersebut bahwa Kemendikbud akan mengelola dan menyiapkan peserta didik untuk bisa memasuki lapangan kerja. Nadiem berharap para eselon bisa fokus dalam pengembangan program agar tepat sasaran.

Selain itu, rapat juga terdiri dari sejumlah presentasi dari unit-unit di Kemendikbud. Ada pula pembahasan mengenai kurikilum 2013, termasuk bagaimana guru menerjemahkan, menyampaikan, menginspirasi, berinovasi, dan berkreasi dengan dukungan yang ada dalam kurikulum.

Awaluddin mengatakan jajaran Kemendikbud akan kembali melakukan rapat. Bahkan Nadiem meminta rapat dilakukan one on one. "Ini baru eselon satu dulu, baru nanti eselon dua," ujarnya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sebelahblog dan 20 lainnya memberi reputasi
21
Masuk untuk memberikan balasan
Rapat Perdana Nadiem Makarim sebagai Kemendikbud
25-10-2019 10:08
maksudnya si jae ini nempatin nadiem untuk bsa manfaatin aplikasi untuk pendidikan emoticon-Gila
teknologi macam mana yang bisa di aplikasikan untuk pddkan emoticon-Gila
kenapa ga nempatin doi di pertanian atau perindustrian biar produk2 kta bs bersaing di pasar global dgn aplikasi teknologi emoticon-Gila
masalahnya apaa, solusinya apa... jae, jae... emoticon-No Hope


profile-picture
profile-picture
profile-picture
konodioda dan 36 lainnya memberi reputasi
5 32
-27
profile picture
25-10-2019 11:03
GIMANA MAU MAJUIN PERTANIAN DAN PERINDUSTRIAN, KALAU SDM NYA BELUM SIAP? HEHEHE. makanya pendidikannya dulu ditata ulang diatur dulu dasarnya, sampai siap. ashiap
0
profile picture
kaskus addict
25-10-2019 11:07
"teknologi macam mana yang bisa di aplikasikan untuk pddkan" <<<< duhhh bambangggg hidup kok pesimis ya, tau aplikasi RUANG GURU kan, itu salah satu implementasi teknologi untuk pendidikan
2
profile picture
kaskus maniac
25-10-2019 11:12
Ini bukan sekedar teknologi biasa, tapi innovasi, ide baru, fresh, kalau ente mikirny polos gini ya pantas aja nimbrungny cuma diksks emoticon-Ngakak
Yg ngelantik aja belum tentu punya innovasi, dunia it tauny yunikon ispot mobil lejen, jadi sengaja meroketkan yg memang terbukti punya ide innovasi di bidang sebelumny
0
profile picture
kaskus holic
25-10-2019 12:21
saya suka komentar ini, GOBLOKnya alami boss
dikira pertanian dan industri bisa jalan sendiri pake ROBOT tanpa SDM yang memadai?
Perbaiki itu dari akarnya GOBLOK
Akibat pendidikan yang kurang, lahir orang kek lu GOBLOK tulen
emoticon-Big Grin :Rose
6
profile picture
kaskuser
25-10-2019 13:00
anggaran pendidikan paling besar tapi pendidikan di indonesia lambat maju, pasti ada ketidak eifsiensi dalam mengelola anggaran, untuk itu teknologi pasti bisa tracking kemana anggaran itu.
0
profile picture
kaskuser
25-10-2019 13:02
untuk melampaui pasar teknologi negara lain gua rasa belum saatnya, pembangunan sdm priortias pertama.
0
profile picture
25-10-2019 14:08
dulu juga seblum gojek sebesar sekarang org2 berfikiran sempit kyak ente ini psti nyinyir, gmn mungkin meanfaatin aplikasi untuk tukang ojek? korelasinya dimana? teknologi macam apa yang bisa diaplikasikan untuk ojek? itulah namanya inovasi, membuat sesuatu yg tidak mungkin menjadi mungkin terjadi lewat kreativitas berfikir dan teknologi dan pastinya diharapkan sekarang beliau bisa melakukannya di bidang pendidikan
5
profile picture
kaskus addict
25-10-2019 14:33
Makanya lu spe skrg masih nyinyir, sedangkan si jae dan bos ojol ud sampe mana. Contoh nyata kalo SD lu jelek, lu bakal celaka
1
profile picture
aktivis kaskus
25-10-2019 14:38
bakakakakak,, top tenan komen Anda memang berani memaparkan kegoblokan paling hakiki,,, emoticon-Ngakak

"maksudnya si jae ini nempatin nadiem untuk bsa manfaatin aplikasi untuk pendidikan"

memang nya nadiem jagonya cuman bikin app? maksud jokowi sebenarnya, cuman jokowi yang tahu, yang jelas ga sesederhana bikin aplikasi untuk pendidikan, emoticon-Ngakak

0
profile picture
25-10-2019 15:33
GOMU GOMUUU NOO GATLING BATU BATAAAA wokwokwokwowokwok
0
Memuat data ...
1 - 10 dari 10 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia