Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
21
Lapor Hansip
08-10-2019 14:15

Kucing Nggak Boleh Minum Susu? Bener Nggak Sih?

Di film-film, terutama film kartun, kita sering banget lihat kucing yang minum susu. Sampai-sampai, banyak orang yang mengaitkan susu dengan hewan peliharaan yang satu ini. 

Kucing Nggak Boleh Minum Susu? Bener Nggak Sih?

Mengikuti apa yang mereka lihat, banyak pula pemilik kucing yang jadi ikut memberikan susu pada kucing mereka . Padahal, menurut dokter hewan dan ahli kucing, susu justru bisa berbahaya loh buat perut dan pencernaan kucing. 

Bener nggak sih, susu berbahaya bagi kucing?

Bener,Gan. Kebanyakan kucing  dewasa nggak bisa mencerna susu karena mereka punya intoleransi terhadap laktosa yang ditemukan dalam produk susu. Saat kucing baru lahir dan masih kecil, kucing memang  bisa mencerna susu dengan baik karena mereka punya cukup enzim laktase yang digunakan untuk memecah laktosa pada susu. Tapi ini bukan berarti mereka bisa dikasih susu sapi, ya.  Enzim laktase yang ada pada anak kucing digunakan untuk mencerna susu ibu mereka.

Kucing Nggak Boleh Minum Susu? Bener Nggak Sih?

Saat kucing mulai besar—biasanya sekitar umur 12 minggu dan saat gigi mereka mulai tumbuh—produksi enzim ini mulai berkurang, hingga akhirnya mereka nggak bisa lagi mencerna susu dengan baik. Pada tahap ini, beberapa kucing memang masih bisa mencerna susu dengan baik, namun kasusnya sangat langka.

 “Meski beberapa kucing memang terlihat menyukai susu, susu sapi tetap tidak baik untuk kucing”, ujar dr. Gary Richter, ahli kesehatan hewan, seperti dikutip di Reader's Digest. “Keuntungan yang didapat dari susu tidak sebanding dengan masalah yang mungkin dihasilkan”, lanjutnya.

Apa yang terjadi saat kucing minum susu?

Karena kucing tidak mampu mencerna laktosa yang ada dalam susu, maka laktosa yang nggak tercerna akan tertinggal di usus mereka dan akan terfermentasi. Pada akhirnya, meminum susu bisa berujung pada masalah pencernaan pada kucing, seperti sakit perut, diare, muntah-muntah, hilangnya napsu makan, berkurangnya berat badan, perasaan nggak nyaman, bahkan juga bisa mengubah perilaku kucing, seperti jadi lebih sering menggaruk. Wah, banyak juga ya dampaknya.

 
Kucing Nggak Boleh Minum Susu? Bener Nggak Sih?

Nah, seperti yang dibilang di atas, beberapa kucing memang masih bisa mencerna susu dengan baik. Tapi, meski mereka bisa mencernanya, susu—terutama susu sapi—tetap nggak punya nutrisi yang bermanfaat buat kucing, dan malah akan menambah lemak yang nggak perlu. Jadi, biar bagaimanapun keadaan si kucing, dan seenak apapun rasa susu baginya, lebih baik susu itu dihindari.

Oh ya, jangan sekali-sekali memberikan susu almond dan susu kacang ke kucing!  Karena dua varian susu ini sama sekali nggak cocok untuk kucing dan bisa menimbulkan alergi.

Lalu minuman apa yang bagus untuk kucing?

Kucing butuh banyak air putih. Air putih penting untuk mengoptimalkan fungsi organ kucing. Kucing memang nggak begitu suka minum air putih, mungkin karena rasanya yang hambar. Nah, salah satu cara mengakali agar kucing mengonsumsi lebih banyak air adalah dengan memberikan makanan kaleng yang basah.

Kucing Nggak Boleh Minum Susu? Bener Nggak Sih?

Ada juga beberapa produk susu imitasi khusus untuk kucing yang tersedia di pasaran. Produk-produk ini bisa jadi alternatif susu bagi kucing kalian, namun tetap harus dicek ya kandungan dan kualitas produknya. Kalau memang kucing kalian minta susu sapi, kalian bisa jadikan susu sebagai reward kecil-kecilan bagi mereka, dan jangan dikasih dalam jumlah banyak.


Yuk, sayangi kucing-kucing kita, jangan biarin mereka makan dan minum sembarangan ya.

sumber


profile-picture
pesurathati memberi reputasi
1
Kucing Nggak Boleh Minum Susu? Bener Nggak Sih?
24-10-2019 08:09
makasih gan infonya, jadi tau gimana merawat kucing dengan baik
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia