News
Batal
KATEGORI
link has been copied
5
Lapor Hansip
23-10-2019 19:27

Perolehan Suara Menurun, Justin Trudeau Tetap Berkuasa di Kanada


Justin Trudeau
 tetap mempertahankan posisinya sebagai Perdana Menteri (PM) Kanada setelah pemilu yang ketat pada Senin (21/10/2019) kemarin. Akan tetapi karena kurangnya perolehan suara, pemerintahannya berkurang menjadi minoritas sehingga harus mengarahkan agendanya condong ke sayap kiri.


Meski Kanada tengah diterpa berbagai masalah, Trudeau tetap kukuh dan menjadi salah satu politisi paling progresif di dunia. Sekarang dia harus membentuk pemerintahan dengan dukungan dari sayap kiri Partai Demokrat Baru yang meraih 24 kursi.

Partai Liberal yang dipimpin Trudeau tidak meraih kursi satu pun di beberapa provinsi yang kaya minyak seperti Alberta dan Saskatchewan. Liberal unggul dengan 157 kursi, atau berkurang 20 kursi berdasarkan hasil sementara.

Pemerintahan minoritas di Kanada jarang bertahan lebih dari dua setengah tahun. Meski Demokrat Baru kehilangan 16 kursi, ketua partainya, Jagmeet Singh dalam posisi kuat untuk mendorong berbagai prioritas kebijakan seperti belanja sosial lebih besar dan peningkatan langkah dalam mengatasi perubahan iklim.

Seorang tokoh senior Liberal menyatakan banyak anggota parlemen perlu menjabat dua tahun lagi untuk memenuhi enam tahun persyaratan untuk pensiun Parlemen.

Partai Demokrat Baru membuat sejumlah kesepakatan untuk mempertahankan pemerintahan minoritas Liberal yang berkuasa dari 1972-1974 dan pada 2005. Dua partai itu dapat menguasai kursi mayoritas 180 kursi di Dewan Perwakilan Rakyat dengan total 338 kursi.


Source: Perolehan Suara Menurun, Justin Trudeau Tetap Berkuasa di Kanada


Canada menganut system Parliamentary.. Perolehan suara partainya Trudeau (Liberal) menurun dari 177 seat pada election 2015 menjadi hanya 157 seat pada 2019 election, sehingga untuk bisa menjadi Prime Minister (minimal harus memperoleh 170 seat dari 338 seat yang ada di Canadian Parliament), maka Trudeau harus membentuk coalition dengan partai lain (NDP).. 

Trudeau kalah telak di daerah yang kaya minyak (Alberta dan Saskatchewan).. Conservative naik, Block Quebec juga naik.. Sementara NDP menurun...
emoticon-Angkat Beer

Untuk popular vote, justru Conservative Party menang atas Liberal Party, 34.4% vs 33%...


Perolehan Suara Menurun, Justin Trudeau Tetap Berkuasa di Kanada


emoticon-Ngacir
Diubah oleh dishfire
profile-picture
ZenMan1 memberi reputasi
1
Perolehan Suara Menurun, Justin Trudeau Tetap Berkuasa di Kanada
24-10-2019 02:55
11-12 kayak jokowi

Trudeau modal muka tampan sedangkan si JokontoI modal muka polos plonga-plongo...

emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ffffffffffffffu dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
profile picture
aktivis kaskus
24-10-2019 21:20


Huss, jangan dihina emoticon-Mad
Situ mau dijemput aparat yang nyamar jadi tukangnasi goreng di tengah malam? emoticon-Mad
1
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia