News
Batal
KATEGORI
link has been copied
256
Lapor Hansip
19-10-2019 19:40

Duterte Izinkan Kepala Polisi Filipina Bunuh Siapapun

Duterte Izinkan Kepala Polisi Filipina Bunuh Siapapun

Sahistya Dhanes | Sabtu, 19 Oktober 2019 11:00 WIB

Duterte Izinkan Kepala Polisi Filipina Bunuh Siapapun
Rodrigo Duterte | BrookingsInstitution



AKURAT.CO, Presiden Filipina, Rodrigo Duterte, memerintahkan seorang komandan polisi senior untuk "mulai membunuh" di wilayah tugasnya yang baru di pulau tengah Negros. Diketahui Letnan Kolonel Jovie Espenido, komandan tersebut termasuk sosok yang kontroversial. Sebelumnya, ia terlibat dalam operasi narkoba yang menewaskan dua wali kota.

Dalam pidatonya kepada para pemimpin bisnis di Manila pada Kamis malam, Duterte mengatakan Espenido harus melaksanakan apa yang disebut "perang melawan narkoba" di kota Bacolod, sebuah kota era Spanyol dengan populasi lebih dari 560.000 jiwa.

"Serangan narkoba di Bacolod sangat parah sekarang. Saya menempatkan Espenido di sana. Saya berkata, 'Pergi ke sana dan Anda bebas untuk membunuh semua orang.

Bajingan, mulailah membunuh di sana. Kita berdua kemudian akan pergi ke penjara'," kata Duterte dalam campuran bahasa Filipina dan Inggris, dilansir dari laman Aljazeera, Sabtu (19/10).

Terlepas dari peringatan bahwa ia dapat dituntut karena pernyataannya di depan umum tentang pembunuhan tersangka narkoba dan perang mematikan terhadap narkoba, Duterte telah berulang kali mencela komunitas internasional dan kelompok hak asasi manusia.

Duterte juga menyatakan bahwa dia tidak peduli dengan hak asasi manusia dan mengeluarkan perintah "tembak-menembak" jika tersangka narkoba melawan saat ditangkap.

Pada hari Jumat, Karen Gomez Dumpit dari Komisi Hak Asasi Manusia Filipina mengecam pernyataan terakhir Duterte dengan mengatakan bahwa presiden memberi lampu hijau untuk melanjutkan pelanggaran HAM yang terus-menerus di Filipina.
"Itu bukan jenis bahasa yang ingin kita dengar dari presiden," kata Dumpit.

Dalam sebuah pernyataan pada hari Jumat, juru bicara kepolisian Brigjen Bernard Banac mengatakan penunjukan Espenido dipandang sebagai penekanan pada janji kampanye Duterte untuk memberantas peredaran narkoba. Dia juga mengatakan bahwa pernyataan terakhir Duterte hanyalah "hiperbola".

https://m.akurat.co/id-817469-read-d...bunuh-siapapun
profile-picture
profile-picture
profile-picture
brentie dan 15 lainnya memberi reputasi
16
Duterte Izinkan Kepala Polisi Filipina Bunuh Siapapun
20-10-2019 14:31
Leh uga
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia