Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
204
Lapor Hansip
16-10-2019 19:22

Anjay! Wanita Ini Membuat Sepeda Dari Bambu

Kreatifitas bisa muncul dari mana saja. Apapun sumberdaya yang ada didepan mata kita sebenarnya bisa dipoles untuk dijadikan barang-barang baik itu peralatan ataupun karya seni yang bisa digunakan untuk menunjang kehidupan ataupun sekedar memberikan nilai estetika. Namun pada kejadian kali ini kreatifitas yang dilakukan ibu ini bukan hanya sekedar menghasilkan alat yang dapat digunakan untuk menunjang aktivitas, melainkan sudah dapat menghasilkan sesuatu yang lebih.

Yups benar saja dengan kreatifitas yang ibu ini kembangkan terciptalah “sepeda bambu” yang ramah lingkungan dan lebih kuat dari sepeda biasa. Selain menghasilkan produk berkualitas, ibu ini juga berhasil menciptakan lapangan pekerjaan dan tentunya membuka pasar global untuk mencicipi bagaimana ketahanan dari sepeda bambu ini hingga akhirnya dunia mengakuinya, pasti agan belum pernah dengar kan?! Yuk daripada lama-lama mending cek aja thread berikut!


Anjay! Wanita Ini Membuat Sepeda Dari Bambu
Ghana Bamboo Bikes


Siapa sangka ternyata produk sepeda dengan rangka bambu ini diakui dunia karena ketahanannya terhadap benturan, medan, dan cuaca. Sebut saja produk ini bernama Ghana Bamboo Bikes sebuah sepeda bambu yang dibuat oleh Ibu Bernice Dapaah asal Ghana. Awal mula pembentukan sepeda ini karena pengalaman Bernice Dapaah terhadap suatu jenis bambu yang ia temui dilingkungannya yang rupanya sangat alot, kokoh, dan sulit dipatahkan hingga bambu tersebut tidak termanfaatkan dengan baik.

Melihat potensi tersebut Bernice Dapaah memiliki ide mengapa bambu tersebut tidak digunakan untuk membuat kerangka sepeda saja karena ketahanan yang luar biasa tersebut. Ide tersebut akhirnya ia realisasikan dengan sekuat tenaga dan mencoba menjadikannya rangka untuk sepeda sekedar untuk alat transportasi yang ia gunakan sehari-hari, sebab harga sepeda besi tergolong masih cukup mahal di negaranya.


Anjay! Wanita Ini Membuat Sepeda Dari Bambu
Bernice Dapaah dengan Karyanya


Ternyata beberapa dari suatu foundation tertarik dengan karyanya dan berkeinginan untuk bekerja sama mendirikan industri sepeda bambu ini. Bernice Dapaah pun menerimanya dimana ia diposisikan menjadi CEO dalam produksi massal sepeda bambu ini. African Bicycle Contribution Foundation, The National Board for Small Scale Industries (NBSSI), dan The Mechanical Engineering Department of Technological University of Michigan ikut berpartisipasi dalam produksi sepeda ini karena melihat potensi pengembangan masyarakat yang bisa dilakukan dengan mengadakan produksi sepeda massal bambu ini. Tujuan utama dari kerjasama ini yakni untuk memberikan pekerjaan bagi para perempuan di Ghana mengingat kesetaraan gender masih kurang di sana.


Anjay! Wanita Ini Membuat Sepeda Dari Bambu
Produksi Sepeda Bambu Mengutamakan Wanita Sebagai Pekerjanya


Dengan berbagai kerjasama yang ia lakukan produknya pun laris di pasaran bahkan paling banyak di ekspor karena dunia mengakui bagaimana kualitas dari sepeda yang ia kembangkan bersama ini. Saat ini banyak negara-negara maju membeli produk sepeda bambu ini karena kaya akan nilai estetika disamping ketahanannya yang dinilai melebihi sepeda besi biasa. Bagi para kolektor sepeda, memiliki Ghana Bamboo Bikes merupakan salah satu kebanggaan tersendiri.

Anjay! Wanita Ini Membuat Sepeda Dari Bambu
Kolektor sepeda sangat menyukai sepeda ini karena bisa digunakan sehari-hari dan tidak mudah rusak


Sepeda bambu ini akhirnya menjadi topik pembahasan di PBB karena produksinya yang dinilai mengurangi emisi karbon, memberikan lapangan pekerjaan, dan mengatasi permasalahan kesetaraan gender karena produksi sepeda ini menggunakan tenaga kerja wanita yang terbilang masih sangat sedikit di Ghana. PBB (UNDP) akhirnya ikut serta menjadi sponsor utama dalam produksi sepeda bambu ini lewat Small Grant Programnya. Artinya sepeda ini memberikan banyak manfaat untuk masyarakat Ghana yang belum mendapatkan pekerjaan.

Anjay! Wanita Ini Membuat Sepeda Dari Bambu
Manfaat-manfaat dari sepeda bambu ini membuat PBB mendukung dan mensponsori produksinya


Wow! Keren!. Dengan adanya sepeda bambu ini, bukan hanya lingkungan yang diuntungkan dengan berkurangnya lagi emisi karbon dari produksi sepeda berbahan dasar bambu tetapi ada manfaat besar lainnya yaitu memberikan kesetaraan gender di Ghana. Wanita sekarang mulai dipekerjakan dengan baik menjadikan PBB mengapresiasi program ini. Oh iya satu lagi, dengan keikutsertaan UNDP dalam program ini, tanaman bambu tidak akan dieksploitasi dan pemanfaatannya terkontrol dengan bijak sehingga Sustainable Development Goals (Tujuan Pembangunan Berkelanjutan) tetap berjalan. Anjay!


Sumber : Disini dan disini
Sumber gambar : Google.com
Diubah oleh dompetjadipeci
profile-picture
profile-picture
profile-picture
danQe dan 24 lainnya memberi reputasi
25
Anjay! Wanita Ini Membuat Sepeda Dari Bambu
17-10-2019 05:38
Waaah... Kreatip bingits nih Mbak Bernice...
emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
actandprove dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia