Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
160
Lapor Hansip
14-10-2019 16:46

Panas Terik Kehausan? Bikin Aja Minuman Mantul Ala Gua Ini!

Panas Terik Kehausan? Bikin Aja Minuman Mantul Ala Gua Ini!

Mumpung masih dalam suasana musim panas alias musim kemarau alias belum masuk musim penghujan. Dalam kesempatan kali ini gua mau berbagi sedikit tips dan cara membuat 2 jenis minuman dingin yang segernya mantep banget......

emoticon-Leh Uga

Bukan cuma seger doang, tapi juga murah dan gampang banget cara bikinnya. Bahkan beberapa diantaranya lu hanya perlu ke warung terdekat buat beli bahan jadinya.

Gak pake basa basi langsung aja kita menuju ke TKP.......emoticon-Ngacir


1. Virgin Mojito (baca mohito)

Panas Terik Kehausan? Bikin Aja Minuman Mantul Ala Gua Ini!

Minuman asal Kuba ini punya rasa yang unik dan segarnya minta ampun.
Perpaduan antara rasa manis, asam, dan dingin.

Dan asal lo tau aja, bahwa mojito adalah salah satu minuman (yang katanya) paling laku di cafe-cafe atau bar. Harganya pun bervariasi mulai dari belasan ribu hingga lima puluh ribuan.

Nah, daripada lu mahal-mahal beli mojito kenapa gak lu bikin sendiri aja di rumah? Sini gua ajarin cara bikinnya! Secara dari tahun 90an gua udah sering bikin dan hasilnya edun banget dah......


Bahan Virgin Mojito :

1. Daun mint segar 10 s/d 15 lembar

2. Dua sendok gula pasir/simple syrup (sesuaikan)

3. Jeruk lemon ukuran kecil

4. Soda

5. Rum (pilihan kalo lu mau pake)

6. Es batu


Cara bikinnya gimana bray?

Pertama, lu siapin gelas tinggi atau gelas apa aja dah terserah. Yang penting gelas jangan mangkok atau ember!

Lalu masukan 10 hingga 15 lembar daun mint yang udah lu remas atau lu tekuk ke dalam gelas. Kenapa harus di remas atau ditekuk daun mint'nya? Supaya daun mint tersebut bisa mengeluarkan minyak atau aroma dinginnya.

Abis gitu lu masukan 2 sendok makan gula pasir atau simple syrup, setelah itu lu iris deh jeruk lemon menjadi 3 atau 4 bagian. Terus lu remas biar air lemonnya keluar.

Setelah daun mint, gula pasir, dan air lemon ngumpul dalam satu gelas. Kini saatnya lu aduk secara perlahan sambil ditekan pelan-pelan supaya daun mint, gula pasir dan air lemon bercampur.

Akan lebih sempurna lagi kalo lu tumbuk dulu daun mint nya menggunakan alat tumbuk bernama 'muddler'. Tapi kalo gak punya cukup lu remas atau lu tekuk secara bersamaan. Tapi ingat usahakan daunnya jangan sampe robek ya!

Kemudian lu masukan es batu kristal (biasanya sekitar 5 atau 8 buah). Lalu masukan rum jika ada. Kalo gak rum ada atau gak suka skip aja gak papa.
Setelah itu, langsung aja lu tuangkan soda ke dalam gelas. Sodanya bebas mau pakai merek apa aja. Kalo gua sih biasanya pake 'Schweppes', 'Polaris' atau Sprite.

Terus lu aduk tuh, semuanya dalam gelas pelan-pelan........Taraaaaaaaa, jadi deh virgin mojito yang rasanya boleh lo adu dengan mojito di kafe yang paling mahal sekalipun. emoticon-thumbsup


Pertanyaan :

1. Dimana beli daun mint? Biasanya dijual di supermarket. Agak susah nyari di pasar tradisional.

2. Harganya berapa bray? Harga satu ikat biasanya sekitar 6 ribuan

3. Simple syrup itu apaan? Halah itu mah istilah buat keren-kerenan aja, aslinya sih, simple syrup adalah gula pasir yang dicairkan

3. Muddler itu bentuknya kaya gimana? Nih!

Panas Terik Kehausan? Bikin Aja Minuman Mantul Ala Gua Ini!
Yang kaya tongkat berwarna ijo itu namanya 'muddler'


2. Lemon Squash

Panas Terik Kehausan? Bikin Aja Minuman Mantul Ala Gua Ini!

Kenapa gua kasih lu resep cara bikin lemon squash? Karena minuman ini sangat enak kalo diminum pas cuaca panas banget. Sekaligus memanfaatkan sisa soda atau jeruk lemon setelah lo bikin virgin mojito tadi.


Bahan lemon squash :

1. Buah Lemon

2. Syrup lemon

3. Soda

4. Biji selasih

5. Es batu


Cara bikinnya gimana bray?

Gampang banget! Pertama masukan sekitar 25 s/d 30 ml syrup lemon merek apa saja. Lalu iris 1 atau 2 buah lemon segar. Kemudian masukan keduanya ke dalam gelas tinggi.

Setelah itu, masukan es batu secukupnya, lalu masukan juga sodanya. Terus lu udek deh pelan pelan.

Jangan lupa biar keliatan makin kece, lu bisa kasih toping biji selasih di atasnya. Oiya, biar kesannya kaya di kafe-kafe kekinian gitu, lo juga bisa kasih hiasan (garnish) di bibir gelasnya dengan irisan lemon atau batang daun mint yg segar.

Taraaaaaaaa, jadi deh lemon squash......
emoticon-Leh Uga

Pertanyaan :

1. Biji selasih itu kaya gimana bentuknya? Nih.....

Panas Terik Kehausan? Bikin Aja Minuman Mantul Ala Gua Ini!
Biji selasih

2. Belinya dimana? Ya di pasarlah masa di kuburan?!
 emoticon-Leh Uga

Oke bray, sementara itu aja dulu resep dan tips minuman yang bisa gua bagiin buat elu semua. Semoga sukses dan pastinya harus enak......
emoticon-Betty




Oleh : davinof 2019 @kaskus

Source of Pictures : Google Images

Diubah oleh davinof
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dellaindah dan 36 lainnya memberi reputasi
37
Panas Terik Kehausan? Bikin Aja Minuman Mantul Ala Gua Ini!
14-10-2019 17:12
Quote:Original Posted By comrade.frias
Minuman Oplosan tingkat dewa emoticon-Ngakak (S)


Maboknya mundur.... emoticon-Betty
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan comrade.frias memberi reputasi
2 0
2
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia