News
Batal
KATEGORI
link has been copied
375
Lapor Hansip
27-09-2019 17:36

Bedah RUU KUHP, Ayo Biasakan Baca Pasal Jangan Cuma Sepotong-Sepotong!

Bedah RUU KUHP, Ayo Biasakan Baca Pasal Jangan Cuma Sepotong-Sepotong!

Bedah RUU KUHP, Ayo Biasakan Baca Pasal Jangan Cuma Sepotong-Sepotong!

Quote:
Melalui thread ini, saya akan mencoba share sedikit yang saya ketahuai mengenai RUU KUHP, yang beberapa hari ini menjadi polemik di masyarakat. Disini saya nggak akan menunjukkan sisi pro atau kontranya, tapi simply ingin mengedukasi Agan/Sista yang mungkin sama sekali belum memahami persoalan ini atau hanya mengetahuinya hanya sepotong-sepotong melalui sosial media.


Quote:
Quote:
APA ITU KUHP?



Quote:
Quote:
KENAPA KOK MAU DIGANTI?



Quote:
Quote:
SEBERAPA BESAR PERUBAHANNYA?



Quote:
Quote:
KENAPA BANYAK YANG MENOLAK RUU KUHP?



Quote:
Quote:
KUMPUL KEBO DIPIDANA?



Quote:
Quote:
SUAMI MEMPERKOSA ISTRI DIPIDANA?



Quote:
Quote:
UNGGAS BERKELIARAN DIPIDANA?



Quote:
Quote:
WANITA PULANG MALAM DIPIDANA?



Quote:
Quote:
MENGKRITIK PRESIDEN DIPIDANA?



Quote:
Quote:
KORBAN PERKOSAAN JIKA ABORSI DIPIDANA?



Quote:
Quote:
PELAKU SANTET BISA DIPIDANA?



Quote:
Quote:
ANCAMAN PIDANA KORUPTOR DIKURANGI?



Quote:
Demikian penjabaran mengenai pasal-pasal RUU KUHP yang banyak menuai kontroversi di masyarakat, semoga bermanfaat bagi Agan/Sista sekalian.

Sekali lagi, disini saya nggak akan membahas pro atau kontranya, karena sejatinya kita sama-sama masih belajar. Namun saya berharap dalam proses belajar tersebut kita membiasakan diri untuk membaca secara keseluruhan, bukan hanya sepotong-sepotong aja.

Sebagai penutup, bagi Agan/Sista yang masih ada ganjalan dengan pasal-pasal diatas santuy ngga perlu emosi. Silahkan dibabar alasan keberatannya, kasih masukan bagaimana seharusnya dan bagian mana yang masih perlu direvisi? Jangan cuma koar-koar tanpa ada sumbangsih apapun.


Ayat pertama yang diturunkan Allah SWT
adalah “iqra” yang artinya membaca.


Be Smart KASKUSer!


Bedah RUU KUHP, Ayo Biasakan Baca Pasal Jangan Cuma Sepotong-Sepotong!

Referensi :
RUU KUHP Edisi September 2019
UU Kesehatan No. 36/tahun 2009
Peraturan Pemerintah No. 31/Tahun 1980
UU KDRT No. 23/Tahun 2004
Kamus Besar Bahasa Indonesia



Diubah oleh vitawulandari
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Anonim238 dan 113 lainnya memberi reputasi
108
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Bedah RUU KUHP, Ayo Biasakan Baca Pasal Jangan Cuma Sepotong-Sepotong!
30-09-2019 06:23
Good, TS langsung bawa ayat ya jadi diskusi nya bukan debat ya, jadi konstruktif

1. Kumpul kebo, ane juga gak setuju, ini dosa tapi ini privat, polisi, jaksa, hakim gak cukup waktu utk ngurus kasus2 kayak gini, lalu uu nya ok sampai ayat 2,,kenapa pula ada ayat 3?? Walau ada embel2 keluarga gak keberatan??!!! Hukuman 1thn penjara, kmon, 2 person fuck buat negara repot?!

3) Pengaduan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dapat juga diajukan oleh kepala desa atau dengan sebutan lainnya sepanjang tidak terdapat keberatan dari suami, istri, Orang Tua, atau anaknya

2. Ayam tetangga,
Kelemahan uu ini karet, ya didaerah banyak kebun, tapi bisa juga yg punya ayam nenek tua yg pelihara ayam cuman satu2nya apa bisa bayar itu denda? Malah pasal karet ini bisa banget dibuat menzolimin org, apalagi korporasi, tinggal curi aja ayam org kampung lepas ke kebun ya, jadilah kriminalisasi,, org miskin mana bisa bela diri

Dan ayo kita bacalagi uu nya, unggas nya cuman jalan doang,, malah mungkin bantuin nambahin kompos buat kesuburan tanah tsb

Pasal 278 RUU KUHP
Setiap Orang yang membiarkan unggas yang diternaknya berjalan di kebun atau tanah yang telah ditaburi benih atau tanaman milik orang lain dipidana dengan pidana denda paling banyak Kategori II.

3. Wanita ditangkap malam hari ok, argumentasi itu lemah dan tidak sesuai poin menggelandang, tapi poinnya kalau saya juga, gelandangan dipelihara negara, ironis malah negara mendenda mereka klo menggelandang, harusnya yg bayar denda itu NEGARA!

4. Penghinaan presiden, prinsip saya presiden jabatan, tapi hak sama seperti warga negara, apabila diserang martabatnya bisa lakukan aduan seperti rakyat biasa, cukup presiden dilindungi paspampres dan media pemerintah, bahaya klo terlalu banyak keistimewaan, semakin besar power semakin korup

5. Aborsi karna perkosaan, menurut saya lemah perlindungannya ke korban, itu uu kesehatan malah lebih lindungi dokternya, ya gak heran emang namanya uu kesehatan, dokter aman tapi korban tetap tidak aman, kenapa? Dokternya pasti ada kriteria, dan kejadian di masyarakat aborsi dilakukan dgn biaya semurah mungkin bahkan tanpa dokter, dan tanpa kekuatan hukum tetap klo korban adalah korban perkosaan, anak yg di aborsi masih bukan korban perkosaan, lalu dokter mana yg berani?? Tunggu sampai 9 bulan?? Tau aja sidik, sidang berapa lama.. Saya awam hukum saya pakai Logic aja dan sedikit pengalaman lihat kasus hukum
profile-picture
vitawulandari memberi reputasi
1 0
1
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia