Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
141
Lapor Hansip
25-09-2019 13:27

Kenapa Sih Kita Sering Ngantuk Setelah Makan Siang?

Keadaan perut yang kosong dan keroncongan memang bikin kita kehilangan konsentrasi saat beraktivitas. Cara mengatasinya? Ya...makan. Tapi, bukannya merasa segar, setelah makan siang kita justru cenderung merasa lelah dan nguantuuk pol. Mata rasanya berat banget, dan susah buat nahan godaan untuk rebahan dan males-malesan. Pasti semua pernah ngerasain hal ini kan? Entah itu di tempat kerja, di kampus atau di sekolah. Anehnya, rasa kantuk yang sama nggak dirasakan setelah makan pagi atau makan malam. 

Kenapa Sih Kita Sering Ngantuk Setelah Makan Siang?



Sebenernya apa sih yang menyebabkan ngantuk setelah makan siang?

Menurut jurnal IBS Treatment Center yang diterbitkan tahun 2006, ada beberapa faktor penyebab kantuk setelah makan siang:

1. Efek samping proses pencernaan

Tubuh tentu butuh energi untuk beraktivitas, dan energi ini didapatkan dari makanan. Untuk mengolah makanan menjadi energi, maka harus melalui proses pencernaan. 

Kenapa Sih Kita Sering Ngantuk Setelah Makan Siang?

Saat makanan masuk ke tubuh, sistem pecernaan akan menghancurkan dan memecah makanan kita menjadi gula. Tubuh juga akan memecah makronutrien dan zat gizi untuk menjadi energi yang dibutuhkan tubuh untuk beraktivitas. Proses pencernaan inilah yang akan mengundang rasa kantuk.

Selain itu, setelah makan, tubuh kita akan melepaskan beberapa hormon, salah satunya hormon serotonin dan melatonin. Hormon serotonin, yang juga disebut hormon ‘senang’, akan merangsang otak agar tubuh semakin rileks dan mengantuk. Sementara itu, melatonin adalah hormon pada otak yang berfungsi untuk menimbulkan rasa kantuk.
 
2. Jenis makanan yang dimakan

Meski tubuh mencerna semua jenis makanan dengan cara yang sama, beberapa jenis makanan akan membuat kita lebih ngantuk dibanding yang lain. Makanan yang kaya protein, seperti daging, unggas, telur, ikan, tahu, keju, dan kedelai misalnya, mengandung asam amino yang bisa memicu produksi serotonin. Seperti yang udah dibilang di atas, serotonin akan membuat kita mudah ngantuk.

Kenapa Sih Kita Sering Ngantuk Setelah Makan Siang?

Selain itu, makanan yang punya karbohidrat tinggi, seperti nasi, roti, mi, atau pasta juga bisa memicu hormon serotonin ini. Maka dari itu, makanan yang mengandung karbohidrat dan protein, seperti susu dan sereal,  disarankan untuk dikonsumsi saat malam hari untuk membantu tidur.
 
3. Porsi makanan

Kenapa Sih Kita Sering Ngantuk Setelah Makan Siang?

Porsi makanan saat makan siang juga berpengaruh pada rasa kantuk. Tubuh akan mengalirkan lebih banyak darah ke sistem pencernaan untuk mencerna makanan dalam porsi yang banyak. Ini menyebabkan aliran darah yang menuju ke otak jadi berkurang, sehingga kita jadi mudah ngantuk.
 
4. Kebiasaan tidur

Kenapa Sih Kita Sering Ngantuk Setelah Makan Siang?

Kebiasaan tidur yang buruk juga bisa menyebabkan kantuk setelah makan siang. Tubuh yang kenyang setelah makan akan terasa lebih rileks, dan merasa ingin istirahat, terutama kalau nggak mendapat tidur yang cukup malam sebelumnya.

 
GImana cara merasa segar setelah makan siang?

Supaya nggak ngantuk abis makan siang, disarankan untuk makan makanan yang seimbang, yang mengandung sayuran, gandum, dan lemak baik. Lemak tetap dibutuhkan nih supaya kita nggak lemes. Selain itu, penting juga untuk minum air yang banyak dan batasi asupan gula. Makan dengan porsi sedikit tapi lebih sering juga membantu mempertahankan energi, sehingga kita nggak ngantuk setelah makan. Oh ya, satu lagi, jangan kebanyakan ambil nasi!

Kebiasaan tidur juga bisa diperbaiki supaya nggak ngantuk abis makan siang. Olahraga yang teratur agar bisa tidur nyenyak di malam hari, dan usahakan hindari tidur siang kalau memang kesulitan tidur di malam hari.



sumber
profile-picture
profile-picture
profile-picture
UriNami dan 13 lainnya memberi reputasi
14
Kenapa Sih Kita Sering Ngantuk Setelah Makan Siang?
29-09-2019 20:28
ane tuh gan, klo pas jam makan siang, pas udah makan langsung pengan rebahan, klo gak ngopi, bisa aja langsung tidur di meja.. emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia