News
Batal
KATEGORI
link has been copied
21
Lapor Hansip
26-09-2019 10:22

Trump Dicopot dari Kursi Presiden Amerika ? Bisa, Ini Langkahnya

Trump Dicopot dari Kursi Presiden Amerika ? Bisa, Ini Langkahnya

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump terancam menghadapi pemakzulan (impeachment) sejak awal memenangkan kursi kepresidenan.

Itu terjadi setelah laporan mantan penasihat khusus Robert Mueller ke Kongres yang menemukan adanya hubungan antara kampanye Trump dengan Rusia. Kala itu Rusia disebut-sebut memiliki andil dalam membuat Trump menang pemilu 2016 melawan saingannya, Hillary Clinton.

Kali Ini, upaya melengserkan Trump itu terjadi lagi seiring terkuaknya skandal sang Presiden dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky untuk menyelidiki Joe Biden. Biden adalah mantan presiden di era pemerintahan Barack Obama dan akan maju ke pemilu 2020 melawan Trump.

Mosi tidak percaya ke Trump juga semakin merebak di senat karena dalam komunikasinya dengan Zelenzky, Trump membawa anggaran militer AS. Trump menjadikan bantuan ini sebagai tawaran agar Zelensky mau menyelidiki latar belakang Biden dengan putranya untuk menyingkirkan Biden dari daftar saingan di pemilu tahun depan.

Hal ini membuat Partai Demokrat, oposisi Trump, geram. Selasa (24/9/29), Ketua DPR Nancy Pelosi mengumumkan parlemen AS akan secara resmi memulai proses impeachment terhadap Trump.

Lalu bagaimana proses ini dan dampaknya pada kedudukan Trump sebagai seorang pemimpin negara?    .



Proses impeachment dapat diartikan sebagai langkah hukum untuk menyeret pejabat tinggi seperti presiden ke kursi pengadilan. Biasanya, sebelum seorang presiden diadili, akan terlebih dulu dilakukan penyelidikan terhadap kekuasaan sang presiden.


Menurut BBC News, pemakzulan ini merupakan peristiwa yang jarang terjadi di AS. Namun begitu, Konstitusi Amerika, yang pada dasarnya merupakan buku aturan bagi warga AS, menyatakan presiden dapat dilengserkan dari jabatannya karena sejumlah pelanggaran.

Pelanggaran ini bisa berupa pengkhianatan, dan penyuapan. Ini juga termasuk kejahatan berat dan pelanggaran ringan lainnya.  .


Bagaimana Prosesnya?

Mengutip CNN News, impeachment di AS dimulai dengan pemungutan suara di Kongres. Melihat kasus Trump, akan ada enam komite dari parlemen yang akan menyelidiki Trump.

Di bawah perintah Pelosi, ada enam komite yang terlibat dalam penyelidikan ini, yaitu komite Peradilan, Intelijen, Cara dan Sarana, Layanan Keuangan. Lalu Komite Pengawasan dan Urusan Luar Negeri.

Penyelidikan akan melihat berbagai elemen berbeda dari pengalaman kepresidenan Trump. Termasuk pula masa lalunya dan bisnisnya.

Langkah penyelidikan ini bisa dilakukan dengan bekerja sama dengan pejabat pemerintah Trump. Namun sayangnya, pejabat pemerintah kadang-kadang memblokade, mengklaim hak istimewa eksekutif, dan mengabaikan panggilan pengadilan.

Setelah melakukan berbagai penyelidikan, masing-masing komite akan memberikan masukan untuk dimuat dalam pasal impeachment yang akan ditulis di bawah Komite Kehakiman parlemen.

Kemudian komite ini akan memutuskan apakah ini akan diteruskan untuk dibahas di DPR. Setelah pemungutan suara komite dilakukan, apabila pasal itu disetujui, maka akan diberi status khusus dan selanjutnya perlu mendapat persetujuan dari anggota parlemen.   

Apa yang Bisa Dilakukan Trump Jika Ia Dimakzulkan?

Pada titik ini, Trump akan memiliki dua pilihan. Yaitu, berjuang untuk mempertahankan jabatannya di Senat atau mengundurkan diri.



Siapa Saja Presiden AS yang Pernah Coba Dilengserkan?
Proses ini bukan pertama terjadi di AS. Setidaknya ada tiga presiden yang pernah coba dilengserkan oleh parlemen AS.

Yakni Presiden AS ke-42 William Jefferson Clinton atau Bill Clinton. Lalu Presiden Amerika Serikat ke-37 Richard Milhous Nixon dan Presiden ke-17 Andrew Johnson.

Proses pemakzulan Clinton terjadi pada tahun 1999 terkait kasus pelecehan seksual terhadap Monica Lewinsky. Saat itu ia mengirim pengacara dan ahli hukum untuk membantah kasusnya dan membelanya di hadapan Komite Kehakiman DPR.

Clinton selamat dari persidangan. Ia menjabat dua kali masa jabatan periode 20 Januari 1993 hingga 20 Januari 2001.

Sementara pada kasus Nixon, presiden yang menjabat dari tahun 1969 - 1974 ini menentang permintaan komite untuk memberikan rekaman percakapan Oval Office-nya yang memicu pemakzulan. Watergate adalah skandal terbesar Nixon.


Nixon, setelah mengetahui bahwa Partai Republik tidak akan mendukungnya di kongres. Akhirnya ia mengundurkan diri secara sukarela sebagai Presiden sebelum DPR melengserkannya.

Johnson mungkin presiden AS yang pertama kali menghadapi mosi tidak percaya parlemen. Ia bersidang dan menang dari kongres tahun 1868.

https://www.cnbcindonesia.com/news/2...-langkahnya/1



Ke

profile-picture
profile-picture
Huawei.EMUI dan god.online memberi reputasi
2
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Trump Dicopot dari Kursi Presiden Amerika ? Bisa, Ini Langkahnya
26-09-2019 10:34
yang dukung Trump MAGA itu memang adalah bajingan
mendukung genosida prbumi & mendukung rampas tanah pribumi

emoticon-fuck
0 0
0
profile picture
kaskus geek
26-09-2019 10:58
Tanpa bule... amerika gak hebat kayak skrg...

F
A
K
T
A
0
profile picture
Auto Banned
26-09-2019 11:06
bule amerika hebat ?
sampai sekarang saja bule amerika belum mampu bayar utang duit pada tiongkok daratan
itu juga fakta

0
profile picture
kaskus geek
26-09-2019 11:28
@.drunkard apa hubungan ama bayar hutang ? Wkkwkwkwk
Hollywood ....mana ada chingchongwood? emoticon-Ngakak
Suruh org china ngomong Donald Trump....bisa gak?
0
profile picture
Auto Banned
26-09-2019 11:30
cuma pemuja bule amerirka aja yg bilang bule amerika hebat

c]di BP jadi ajang perang nastak vs nasbung
kalau di BPLN
beberapa tahun ini jadi ajang perang pro china vs pro amerika

Trump Dicopot dari Kursi Presiden Amerika ? Bisa, Ini Langkahnya pemuja bule amerika di bpln itu kebanyakan adalah sinophobia

kumpulan sinophobia pemuja bule amerika itu memang layak dipecundangi & dipermalukan
tragisnya sampai skrg junjungannya bule amerika masih belum mampu bayar utang duit pada ras chinese yg paling dibencinya
[/B]

https://www.kaskus.co.id/thread/59a6...15295-triliun/]
https://www.kaskus.co.id/thread/5ad5...rika-terbesar/ [
https://www.kaskus.co.id/thread/5c8f...&style=compact


Trump Dicopot dari Kursi Presiden Amerika ? Bisa, Ini Langkahnya[/[/
0
profile picture
aktivis kaskus
26-09-2019 11:43
0
profile picture
kaskus geek
26-09-2019 12:09
@methadone.500mg ingat ya...patokan mata uang asing tuh us $.. bukan yuan emoticon-Ngakak
Hollywood...bukan chingchongwood ...Wkkwwkkw
Harvard university...universitas terbaik...
4
profile picture
kaskus holic
26-09-2019 14:17
Ternyata disini ada juga pengidap TDS emoticon-No Hope
2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia