News
Batal
KATEGORI
link has been copied
5
Lapor Hansip
23-09-2019 17:15

Terungkap, Penyebab Aksi Anarkis di kota Wamena

semoga di papua tidak terjadi kekacauan lagi aminemoticon-Mewekemoticon-Mewek




Terungkap, Penyebab Aksi Anarkis di kota Wamena




MINEWS.ID, JAYAPURA – Polisi dan TNI berhasil mengidentifikasi orang yang diduga memprovokasi warga Wamena, Jayawijaya sehingga melakukan aksi anarkis dengan membakar fasilitas umum di kota tersebut.

“Kita bisa identifikasi, dari rekan-rekan kepolisian dan kodim disana bahwa ada beberapa orang yang bukan pelajar SMA dan menjadi penggerak aksi demo. Mereka inilah yang menyamar dan memprovokasi pelajar SMP dan SMA melakukan aksi anarkhis,” kata Danrem 172/PWY Kolonel Inf J Binsar P Sianipar di Wamena, Senin 23 September 2019.

Orang-orang itu menurut Binsar mengenakan pakaian seragam sekolah agar bisa berbaur dengan para pelajar yang mereka gerakkan untuk melakukan aksi anarkis di Kota Wamena.
Akibat aksi tersebut, menurutnya, sejumlah warga memilih mengungsi ke markas Kodim dan Koramil, serta Polres di Jayawijaya.
Danrem mengakui bahwa sejumlah kawasan di Wamena, Kabupaten Jayawijaya telah dibakar oleh massa pendemo yang sebagian besar merupakan pelajar SMP dan SMA di Wamena.
Meski begitu, Bandara Wamena, masih beraktivitas tetapi belum ada yang berani terbang ke kota itu karena cuaca buruk.
Aksi tersebut diperkirakan akibat keributan sekitar 200 pelajar SMA PGRI yang melakukan penyerangan terhadap sekolah Yayasan Pendidikan Islam atau Yapis di Jalan Bhayangkara, Kota Wamena. Aksi ini diikuti oleh sejumlah masyarakat yang terpancing emosi.
Dalam kerusuhan itu, mereka berkelompok. Namun informasi di lapangan menyebutkan bahwa pergerakan mereka terpecah. Ada sekitar 500 orang di kantor bupati dan 200 orang di sekitar Bank Papua. Kemudian, 150 orang di Perempatan Homhom, 100 orang di Jalan Sudirman dan sekitar 100 orang di jalanan.
Mereka membakar banyak ruko di Jalan Sapi Darwi. Selain itu, kantor bupati dan Kantor Otonomi Daerah di Jalan Yos Sudarso pun tak luput dari perusakan. Massa melempari kantor bupati dengan batu dan membakar kantor Otonomi Daerah.





0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Terungkap, Penyebab Aksi Anarkis di kota Wamena
23-09-2019 17:20
Quote:Original Posted By uratkumbang
Terungkap, Penyebab Aksi Anarkis di kota WamenaMulus anak sma

Terungkap, Penyebab Aksi Anarkis di kota Wamena


Lho itu beneran anak SMA? Koq mukanya mirip usia pensiun..emoticon-Turut Berduka
0 0
0
profile picture
kaskus maniac
23-09-2019 17:22


Yg ini ga ikutan rusuh kyanya bre..

emoticon-Shakehand2
0
profile picture
kaskus holic
23-09-2019 17:29
Bukti kalau memang pendidikan papua tertinggal jauh, umur segitu baru ketemu sekolah gan
1
Memuat data ...
1 - 2 dari 2 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia