alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Lapor Hansip
23-09-2019 09:31
Perjuangan ALI MENGGANTI kan Rasulullah Di Tempat Tidur Yang Ingin di BUNUH
Perjuangan ALI MENGGANTI kan Rasulullah Di Tempat Tidur Yang Ingin di BUNUH

Setelah segenap kabilah Quraisy berkumpul di Dar nadwah, mereka sepakat untuk membunuh rasulullah dan ingin segera terbebas dari beliau Allah memberitahukan kepada beliau tentang rencana buruk mereka.

Setelah mereka mengepung rumah Rasulullah untuk membunuh beliau malam itu beliau pun menyusun strategi untuk menyelamatkan diri dari kepungan mereka dan sekaligus mengecoh niat jahat mereka Rasulullah.

meminta kepada Ali untuk menempati tempat tidur beliau, Pada malam itu dengan tujuan agar orang-orang Quraisy ketika mengintipnya menyangka orang yang masih tidur tersebut adalah diri beliau sehingga mereka tetap tenang di tempat dan menunggu sampai bangunan beliau.

Siapakah yang berani melakukan tugas demikian penuh risiko itu menempati posisi tidur di saat musuh mengepung hendak membunuh dirinya, karena mereka tidak bisa membedakan antara dirinya dan diri Rasulullah di balik selimut di atas ranjang itu tentu tidak ada yang sanggup melakukannya kecuali seorang tentara dan pemberani yang mendapat kemuliaan dan keutamaan Allah.

Beliau ditugasi oleh Rasulullah agar tetap tinggal di Mekah,untuk beberapa hari dan juga diamanahi beliau untuk mengembalikan barang barang titipan milik orang-orang Quraisy. kepada para pemiliknya dengan semestinya tanpa sedikit pun ada yang berkurang meskipun di antara mereka memusuhi nabi dan dakwah nabi Ia adalah puncak pelajaran tentang makna keadilan dan menunaikan amanah yang diajarkan oleh Rasulullah.

dalam sebuah riwayat dijelaskan bahwa Rasulullah berpesan kepada Ali " Tidurlah engkau di tempat tidurku yang berselimut lelah dan selimut hijau milikku silahkan engkau tidur di dalamnya dia tidak akan melepaskan dirimu tertimpa Apapun yang kamu benci dari perbuatan mereka"

Dari Ibnu Abbas dikisahkan bahwa dia berkata " sesungguhnya Ali Bin Abi Thalib dengan menempati posisi tempat tidur Rasulullah dan memakai selimut beliau Pada malam penuh risiko tersebut dia telah mengorbankan dirinya untuk mencari ridho Allah"

Dalam kaitannya dengan apa yang dilakukan oleh Ali bersama Rasulullah tersebut ada beberapa pelajaran dan hikmah yang bisa dipetik, diantaranya

A. Strategi hijrah sebagaimana yang disusun oleh Rasulullah ketika itu menuntut adanya seorang yang sanggup melakukan peradilan rumah beliau untuk memecah perhatian dan Inten orang-orang Quraisy yang mengepung rumah Rasulullah sehingga mereka terlena dari waktu dan cara keluarnya Rasulullah dari rumah tersebut untuk berangkat menuju tempat hijrah bersama Abu Bakar singgah sampai keduanya telah melewati tempat yang dianggap berbahaya.

B. Dalam ketaatan ahli terhadap permintaan Rasulullah agar menempati tempat tidurnya pada malam yang penuh resiko tersebut ada pelajaran kemiliteran yang amat penting bagi setiap tentara yang ikhlas dalam meniti dakwah Islam. Ih sanggup mempertaruhkan nyawanya demi mimpinya ia menyadari bahwa hidupnya pemimpin adalah hidupnya masa depan dakwah dan keselamatannya adalah keselamatan masa depan dakwah sebagaimana hancurnya pemimpin adalah hancurnya masa depan dakwah pemimpin adalah masa depan dakwah Apa yang dilakukan Ali Bin Abi Thalib pada malam hijrah Rasulullah dengan menempati posisi di tempat tidur beliau adalah bentuk pengorbanan yang amat mahal harganya karena taruhannya adalah nyawa karena sangat mungkin pada malam itu pedang atau tombak orang Quraisy Menghujam kulit leher atau kepalanya tetapi Ali sama sekali tidak menggubris resiko sangat berbahaya itu baginya yang paling penting adalah Rasulullah Sang Pemimpin dakwah bisa selamat dari bahaya yang mengancam dirinya.

C. Dalam perintah Rasulullah kepada Ali Bin Abi Thalib agar supaya mengembalikan amanat berupa barang barang titipan kepada para pemiliknya di tengah situasi yang sangat genting dan penuh risiko tersebut yang semestinya justru membuat diri sehingga satu-satunya konsentrasi dan perhatian pikirannya adalah bagaimana agar perjalanan hijrah bisa aman dan selamat Namun ternyata Rasulullah tidaklah begitu sama sekali tidak lupa dan mengabaikan untuk cara mengembalikan amanah lupa titipan barang barang berharga milik orang-orang Quraisy meskipun dalam situasi dan kondisi paling sulit sekalipun sebuah situasi yang bagi Kebanyakan orang bisa lupa hak-hak dirinya apalagi hak-hak orang lain Rasulullah tentang menghianati amanah dari orang-orang yang telah mempercayai nya Meskipun mereka adalah musuh musuh yang membahayakan dirinya dan selalu menyakitinya beliau menyadari bahwa menghianati amanah adalah ciri diantaranya ciri-ciri orang munafik dan orang-orang yang beriman harus menjauhi diri dari sifat buruk tersebut.
0
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
23-09-2019 09:38
nice dongeng
profile-picture
profile-picture
profile-picture
forbidenfive dan 2 lainnya memberi reputasi
3
profile picture
kaskus maniac
23-09-2019 10:00
Wkwkwk mending dongeng ya bre daripada fabel emoticon-Wkwkwk
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.