Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
292
Lapor Hansip
21-09-2019 22:48

Ini Dia Tidur Yang Dibutuhkan Masing-Masing Umur

Ini Dia Tidur Yang Dibutuhkan Masing-Masing Umur

Pernahkah agan merasa selalu mengantuk di pagi hari kemudian disaat malam hari rasa kantuk agan justru berkurang. Ya pasti semua orang pernah mengalaminya. Hal inilah yang dinamakan kerusakan siklus tidur.

Kerusakan siklus tidur ini memang terasa sepele bagi kita. Namun dampak yang diakibatkan ternyata jauh dari apa yang kita rasakan. Bila siklus tidur kita sudah rusak, rupanya banyak kerugian yang kita alami seperti meningkatnya tekanan darah, kualitas hormon tubuh menjadi menurun, dan bahkan regenerasi sel tubuh menjadi terhambat.

Nah oleh karena itu agan harus mengetahui waktu istirahat/tidur yang dibutuhkan oleh masing-masing umur supaya agan terhindar dari kerusakan siklus tidur. Berikut ini adalah penjelasan bagaimana jumlah waktu tidur yang optimal untuk tiap-tiap umur, lalu bagaimana agar terhindar dari kerusakan siklus tidur.


Ini Dia Tidur Yang Dibutuhkan Masing-Masing Umur

Waktu tidur yang optimal
Nah sebelum agan mengembalikan kembali siklus tidur yang baik bagi tubuh agan, agan perlu mengetahui berapakah waktu tidur yang dibutuhkan sesuai umur agan. Tidur yang lebih lama dari jatah yang dibutuhkan tiap-tiap umur tidak juga berdampak kepada hal positif. Jadi agan perlu mengetahuinya seperti gambar diatas yang mana untuk usia bayi dibutuhkan 16-17 jam perhari, usia anak-anak tk dibutuhkan 10-11 jam, usia anak-anak sd dibutuhkan 9-10 jam, usia remaja dibutuhkan 8-9 jam, dan usia dewasa hingga tua hanya dibutuhkan 6-7 jam.


Ini Dia Tidur Yang Dibutuhkan Masing-Masing Umur

Mengembalikan Siklus Tidur
Siklus tidur yang telah rusak memang tidak serta merta langsung terasa dampaknya. Tetapi baru akan muncul setelah sekian tahun lamanya. Seperti penyakit kardiovaskular, diabetes, mudah lelah, mudah depresi, dan penyakit mental. Hal tersebut bisa terjadi dikarenakan adanya hormon tertentu yang bisa diproduksi ketika kita tidur di waktu yang tepat.

penyakit umum kerusakan siklus tidur


Bila tidur seringkali tidak tepat waktunya maka produksi hormon tersebut akan berkurang menyebabkan abnormalitas fungsi aktivitas hormon tubuh yang mengarah ke penyakit-penyakit yang sudah disebutkan diatas. Oleh sebab itu ada baiknya dari sekarang kita harus perhatikan pentingnya siklus tidur yang baik supaya terhindar dari berbagai penyakit umum kerusakan siklus tidur. Berikut tips-tips yang telah diteliti oleh Universities of Birmingham dari Amerika, Universities of Surrey dari Inggris, dan Monash University dari Australia dalam Jurnal mengembalikan siklus tidur yang telah rusak :


Quote:1. Bangun tidur 2-3 jam lebih awal dibanding sebelumnya

2. Keluarlah di pagi hari dan jemurlah tubuh dengan matahari pagi (sebelum jam 9)

3. Tidurlah 2-3 jam lebih awal dibanding sebelumnya

4. Batasi paparan matahari sore

5. Jaga jadwal bangun tidur dan tidur yang sudah fix ini untuk selanjutnya (baik ketika hari kerja maupun libur)

6. Sarapan secepatnya setelah bangun tidur

7. Jangan telat makan malam dan kalau bisa sebelum jam 7 malam.


Nah itu dia 7 tips mengembalikan siklus tidur yang telah rusak yang dilansir dari jurnal berjudul “Resetting the late timing of ‘night owls’ has a positive impact on mental health and performance”. Semoga bermanfaat buat agan yang sedang mengalami kerusakan siklus tidur. Ane sendiri sudah mengalami dampak-dampak akibat rusaknya siklus tidur dan mulai saat ini ane lakukan tips-tips diatas supaya siklus tidur kembali normal, minimal biar nggak ngantuk pas pagi hari deh!


Sumber : Disini
Sumber gambar : Google.com
Diubah oleh dompetjadipeci
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sitilestari2019 dan 26 lainnya memberi reputasi
27
Ini Dia Tidur Yang Dibutuhkan Masing-Masing Umur
23-09-2019 06:21
kalo mulai umur2 mahasiswa, tidur jadi perlu untuk menghilangkan rasa lapar karena makan mi instan tiap hari adalah haram
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1 0
1
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia